Mau Tahu Macam Macam Motif Batik dan Maknanya? Simak Disini

Macam Macam Motif Batik dan Maknanya

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai macam macam motif batik dan maknanya untuk Anda ketahui.

Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan beragam kebudayaan. Salah satunya adalah kebudayaan bendawi, termasuk batik.

Batik sendiri adalah seni lukis menggunakan kain yang digambar dengan pola serta cara pembuatan khusus, yaitu dengan menuliskan ataupun menempelkan zat lilin atau malam pada kain.

Selain itu batik juga di sebut kain bergambar yang memiliki pola dan cara penggambaran khusus dengan cara menempelkan atau menuliskan malam (zat lilin) pada kain tersebut.

Dan dilanjutkan dengan pengolahan lainnya. Batik Indonesia telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya kemanusiaan pada 2 oktober 2009.

Tidak hanya motifnya yang beragam, namun tiap motif juga akan memiliki filosofi serta artinya masing-masing yang berbeda satu sama lain.

Macam Macam Motif Batik dan Maknanya

Macam Macam Motif Batik dan Maknanya

Dari sekian banyak motif batik yang ada di pasaran, beberapa di antaranya adalah motif yang populer dan bisa ditemukan dengan mudah.

Pertama ada motif Sekar Jagad. Motif ini terbilang sangat khas Indonesia serta berasal dari Yogyakarta, Jawa Tengah.

Motif Batik Nusantara

1. Batik Jogja

ini memiliki makna keindahan serta kecantikan sehingga membuat siapapun yang melihatnya akan terpesona. Ada pula yang menafsirkan motif sekar jagad ialah bentuk pulau-pulau seperti motifnya.

Ini karena dalam bahasa Jawa, kar jagad artinya adalah peta dunia. Motif ini bisa dikatakan turut menggambarkan peta dunia yang berisi serangkaian pulau-pulau.

2. Motif Sidomukti Magetan

Motif ini berasal dari Kabupaten Magetan serta gambar dasarnya adalah bambu. Seperti motif-motif batik pada umumnya, batik motif Sidomukti Magetan biasa dipakai pada upacara adat ataupun acara-acara resmi lainnya. Makna serta filosofi dari batik ini adalah mendapat ketenangan lahir dan batin. Ketiga ada motif Kraton.

3. Motif batik Jepara

Dibagi dalam dua jenis, yaitu motif lama serta motif baru. Motif lama umumnya berpola warna lung hitam, flora dan fauna, gajah coklat serta ulir hijau. Sementara motif baru akan memiliki lebih banyak variasi. Batik Jepara juga terkenal akan sebutan Batik Kartini.

4. Batik Solo

Ciri khasnya adalah biasa juga disebut Batik Sogan serta motifnya berwarna kecokelatan. Batik Solo masih menggunakan konsep tradisional dengan menggunakan bahan-bahan pewarna alami. Filosofi motifnya adalah gelombang-gelombang pada Sungai Bengawan Solo yang turut membawa ketenangan.

5. Batik Kawung

Motif ini sendiri adalah gambaran dari buah kawung alias buah aren. Dahulu, batik ini hanya boleh digunakan oleh orang orang kerajaan.

Dan digunakan sebagai sarung raja maupun permaisuri. Motif batik ini merupakan gambaran dari buah kawung atau yang lebih di kenal sebagai buah aren. Motif salib diantara 4 oval pada motif batik ini mengacu pada sumber energi universal.

6. Motif Batik Sekar Sejagad

Berasal dari Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, Sekar Jagad yang memiliki arti keindahan yang membuat orang terpesona saat melihatnya. Dan ada juga yang menyebut Sekar Jagad sebagai peta dunia karena bentuk motif nya seperti pulau pulau.

7. Motif Batik Cuwiri

Makanya motifnya pun kecil kecil. Pembuatan motif batik cuwiri menggunakan pewarna soga yang alami. Dan motif ini biasanya digunakan dalam acara mitoni orang yang hamil. Dipakai untuk kembenan atau semekan. Motif ini ditandai dengan adanya ragam hias gurda dan meru.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai macam macam motif batik dan maknanya. Semoga bermanfaat untuk Anda.