Macam Macam Tali Dalam Pramuka Yang Sangat Bermanfaat

Macam Macam Tali Dalam Pramuka

Assalamualaikum temen temen. kembali lagi disini, kali ini kita akan membahas mengenai Macam Macam Tali Dalam Pramuka. kita tahu bahwa dalam kegiatan pramuka pasti membutuhkan beberapa alat salah satunya yaitu tali untuk menjelajah alam karena pramuka pasti bertempat dihutan atau tempat yang ditinggali binatang-binatang.

Definisi Tali

Definisi Tali

Tali tidak bisa dilepas selama kegiatan pramuka. Pramuka merupakan salah satu cara bagi kita untuk belajar lebih banyak tentang penggunaan tali saat mengikatnya pada suatu benda dengan teknik sambungan khusus yang meningkatkan fungsi dan penggunaan tali pada benda tersebut.

perlu kita ketahui juga bahwa kegiatan pramuka atau kepanduan itu sangat identik dengan tunas kelapa. Mengapa demikian? ya karena pohon kelapa memiliki jutaan manfaat bagi manusia sama halnya dengan kepanduan yang dapat membantu manusia. Oleh karena itu kita tidak hanya mengetahui tentang pohon kelapa saja.

Melainkan kita juga perlu mengetahui bagaimana cara menanam pohon kelapa dan dapat dimanfaatkan menjadi apa saja, semisal dibuat prakarya dari sabut kelapa contohnya keset. atau bisa juga dibuat tali sabut kelapa, yang proses pembuatannya secara manual atau dengan bantuan mesin yaitu mesin pemintal tali sabut kelapa.

Kegunaan Tali Dalam Pramuka

Macam Macam Tali Dalam Pramuka

 

Dalam hal teknik pramuka dan keterampilan tali-temali, kita sering bingung dengan arti tali, simpul, dan ikatan. Meskipun ketiga elemen tersebut sama sekali berbeda.

Tali adalah bendanya
Simpul adalah tali yang bertemu dengan tali
Dalam suatu pengikatan, sebuah tali bertemu dengan benda lain (seperti kayu, batu, dll).

Macam Macam Tali Dalam Pramuka

Kegunaan Tali Dalam Pramuka

Tali tambang pramuka bukan hanya satu jenis, lho. Namun, ada berbagai jenis yang tentunya memiliki kekuatan dan fungsi yang berbeda. Meski sama-sama digunakan untuk mengikat, namun tentunya ada perbedaan antara kedua jenis tali tersebut.

Kegiatan Pramuka sangat erat kaitannya dengan tali temali. Bukan hanya dalam mendirikan tenda, tapi terkadang dalam pembuatan rakit bambu, usungan untuk orang sakit dan sebagainya. Dalam aplikasinya sendiri, ternyata tidak semua tali Pramuka dibuat sama.

1. TALI TAMBANG MARLON

Marlon merupakan tali yang sangat banyak digunakan untuk kegiatan pramuka. Tali ini terdiri dari lembaran-lembaran wol yang dipelintir menjadi satu kesatuan dengan panjang dan ukuran tertentu.

Dalam kegiatan pramuka, tali ini biasanya digunakan untuk membuat usungan dan mengikat rakit perahu. Tali ini sangat peka terhadap gesekan, sehingga tidak disarankan untuk aktivitas yang menimbulkan gesekan.

Bagi Anda yang ingin menggunakan tali ini untuk kegiatan pramuka. Anda, sebaiknya gunakan hanya untuk kebutuhan usungan dan rakit karena kedua penggunaan ini tidak memberikan banyak gesekan. Fisik tali ini agak lembut dan berwarna putih dengan serat yang tidak terlalu bersih.

2. Tali Tambang PE

Untuk  jenis ini, Ditelinga Anda mungkin belum familiar. Tapi tahukah Anda bahwa nama lain dari tali ini adalah tali palu atau tali tampar. Apa itu tali tampar?

Tali ini sangat sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya tali ini tidak lepas dari segala aktivitas manusia dan salah satunya adalah kepanduan atau kegiatan pramuka. Jenis tali ini memungkinkan Anda untuk mendirikan tenda, mengikat barang, dan membuat pakaian dadakan saat Anda berada di hutan atau lapangan tempat Anda berkemah.

Secara fisik tali ini terdiri dari serat sintetis. Saat Anda melihat dan merasakan bahannya, itu hampir seperti plastik. Karena tali ini terbuat dari serat sintetis, maka tidak ada serat dan memiliki permukaan yang lebih halus. Tali ini juga dikenal memiliki warna yang bermacam-macam, dan setiap warna tidak mewakili apapun. Jadi intinya adalah setiap warna tetap sama.

Dari segi kekuatan, tali ini lebih kuat dari tali marlon karena terbuat dari ijuk buatan. Sehingga harus melalui proses pengujian berkali-kali agar tali ini dapat digunakan dengan aman pada aplikasi yang ringan. Sedangkan kelemahan tali ini adalah tali ini terbuat dari serat plastik sintetik, namun tali ini tidak dapat menahan panas terik matahari yang berkepanjangan karena dapat merusak molekul atau fisika tali tersebut.

Demikian penjelasan mengenai Macam Macam Tali dalam Pramuka, Semoga bermanfaat dan terimakasih.