Macam Macam Tali Tambang Yang Bermanfaat Dan Mudah Ditemukan

Macam Macam Tali Tambang

Assalamualaikum teman teman, kembali lagi disini, kali ini kita akan membahas tidak jauh jauh dari yang namanya tali. Kita akan membahas mengenai Macam Macam Tali Tambang. Yuk simak penjelasan berikut dengan seksama.

Definisi Dan Sejarah Tali Tambang

Definisi Dan Sejarah Tali Tambang

Tidak semua orang paham jalannya seputar tali, mungkin ada beberapa daerah yang menyebutnya berbeda. Tali ini memiliki bentuk yang besar yang terbuat dariĀ  pelintiran tali dan telah melalui proses tertentu sehingga menjadi kombinasi untaian yang sangat kuat.

Awalnya tali terbuat dari sabut kelapa dan berukuran sangat besar, namun seiring berjalannya waktu sekarang ada tali yang terbuat dari plastik atau bahan sintetis lainnya dengan ukuran yang berbeda-beda.

Macam-Macam Tali Tambang

Macam Macam Tali Tambang

Agar mengenal lebih jelas mengenai tali tambang, mari kita lihat beberapa jenis tali tambang di bawah ini;

1. Jenis Tali Polypropylene ( PP mono serta PP multi )

Tali polypropylene jenis ini merupakan tali yang terbuat dari serat yaitu serat sintetis atau buatan. Jenis tali ini sangat cocok untuk digunakan di dekat air karena tahan terhadap pembusukan yang ditularkan melalui air dan perkembangan alga.

tali PP monofilamen dan tali multifilamen PP. Perbedaan antara kedua jenis ini adalah dengan PP monofilamen ukuran serat lebih besar dan permukaan juga lebih kasar, sedangkan dengan PP-Multi ukuran serat lebih kecil dan permukaannya lebih halus.

2. Jenis Tali Nylon

Tali nilon jenis ini juga banyak digunakan untuk berbagai jenis industri skala besar, antara lain perkapalan, pabrik, transportasi, otomotif, pertambangan, migas, perikanan, konstruksi atau teknik sipil, serta bongkar muat barang dan masih banyak lagi. industri lainnya menggunakan tali nilon.

Keunggulan tali jenis ini adalah memiliki kekuatan super karena nilai beban putusnya yang tinggi dan permukaan yang halus. Tali jenis ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap sinar ultraviolet dan juga tahan terhadap bahan kimia.

3. Jenis Tali PE

Jenis tali ketiga ini berbahan dasar PE karena terbuat dari serat sintetis yang disebut serat polietilen. Serat yang digunakan pada tali jenis ini sama dengan serat yang digunakan pada pembuatan barang berbahan plastik.

Tali jenis ini memiliki sifat yang khas, lebih fleksibel (tidak terlalu kaku), memiliki nilai putus yang rendah, tahan terhadap bahan kimia, tahan terhadap radiasi matahari dan karena ukurannya yang lebih kecil memiliki tegangan yang lebih sedikit dibandingkan dengan jenis sebelumnya. Tali PE jenis ini banyak digunakan dalam kegiatan pengemasan, kebutuhan olah raga, tali pengikat dan jaring.

4. Jenis Tali Manila

Tali ini terbuat dari serat tanaman abakka, sejenis pisang yang banyak ditemukan di Filipina. Karena permukaannya yang kasar, tali ini ideal untuk membuat tangga kapal. Selain itu, tali ini terlihat lebih natural sehingga sebagian orang membelinya agar dekorasi rumah dan kantor menjadi lebih menarik dan natural.

Tali manila memiliki keunggulan tersendiri sehingga banyak digunakan orang untuk kegiatan di lapangan. Keunggulan tali manila adalah harganya yang lebih murah, tidak mudah putus, tidak terlalu kaku, dan tidak mudah meleleh. Selain itu tali ini juga memiliki nilai seni tersendiri dari segi tampilan, sehingga banyak digunakan pada dekorasi ruangan.

Nah selain itu, Tali tambang bisa kita buat dari sabut kelapa atau lebih sering dikenal dengan nama Tali Sabut Kelapa. Tali tersebut bisa kita buat secara manual atau dengan bantuan mesin. Apabila dibuat secara manual maka akan menghasilkan tali yang kurang memuaskan.

Jika menggunakan bantuan mesin yaitu mesin pemintal tali sabut kelapa itu akan mengghasilkan kualitas tali yang bagus. Selain bisa digunakan sebagai bahan pembuat pengganti pembuatan tali tambang, sabut kelapa juga banyak manfaatnya, salah satunya bisa dibuat prakarya dari sabut kelapa.

Demikian penjelasan mengenai Macam Macam Tali Tambang yang bisa kita ketahui, semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.