Manfaat Banyak Minum Air Putih Untuk Kesehatan

manfaat banyak minum air putih

Hampir sebagian orang lebih memilih minuman yang memiliki rasa dari pada yang tawar. Padahal kita dianjurkan untuk minum air putih minimal delapan gelas per harinya, karena manfaat banyak minum air putih sangat baik untuk kesehatan.

Dengan tercukupinya minum air putih, maka tubuh kita akan menjalankan fungsinya dengan baik dan maksimal. Selain itu, manfaat banyak minum air putih yang lain untuk kesehatan tubuh dapat kita simak pada artikel dibawah ini ya :

Ketahui 10 Manfaat Banyak Minum Air Putih Untuk Kesehatan

1. Memaksimalkan Performa Fisik

 

Jika kita mengalami hidrasi dalam tubuh yang tidak terjaka maka akan mempengaruhi fungsi tubuh. Ini sangat penting, jika Anda sering melakukan olahraga dengan giat.

Atlet kehilangan 6-10% cairan tubuh mereka setelah berkeringat. Kondisi ini dapat menyebabkan perubahan suhu tubuh, penurunan motivasi, peningkatan kelelahan, dan bahkan latihan fisik dan mental yang lebih gencar.

Meskipun Anda hanya kehilangan 2% dari cairan tubuh Anda, dehidrasi mungkin merupakan efek yang nyata. Nah, disinilah peran air dimainkan, yakni memaksimalkan fungsi tubuh.

Berikut ini adalah panduan persiapan mengurangi cairan tubuh saat berolahraga:

  • Minum 400-600 ml air 1-2 jam sebelum mulai berolahraga untuk mempersiapkan infus.
  • Minumlah 200-300 ml air 15 menit sebelum mulai berolahraga.
  • Selama berolahraga, minumlah 200 ml air setiap 15 menit untuk mengganti air yang hilang selama berolahraga.
  • Jika Anda menurunkan berat badan setelah berolahraga, Anda perlu menambahkan 500-600 ml air untuk setiap penurunan 0,5 kg.

2. Berdampak Besar pada Tingkat Energi dan Fungsi Otak

manfaat banyak minum air putih

Jika hidrasi berkurang, otak akan merasakan efek ini karena otak sebagian besar mengandung air. Karenanya, manfaat minum air juga berkaitan dengan fungsi otak. Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa 1,59% kehilangan tubuh kaum muda memengaruhi memori kerja dan meningkatkan kecemasan dan kelelahan.

3. Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala |Manfaat Banyak Minum Air Putih

4. Meringankan Konstipasi Atau BAB |Manfaat Banyak Minum Air Putih 

Penyebab dan penanganan konstipasi - 103.8 FM Brava Radio

Salah satu manfaat air putih adalah dapat membantu melancarkan buang air besar yang parah. Jika feses terbentuk dengan sedikit air, teksturnya akan menjadi keras. Kotoran yang keras dapat menyebabkan kesulitan atau sembelit. Sembelit yang tidak ditangani dengan baik juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain, seperti wasir.

5. Mencegah Batu Ginjal |Manfaat Banyak Minum Air Putih

6. Mencegah Hangover

Manfaat lain air putih adalah mencegah mabuk berat. Peminum tahu bahwa minum pada malam sebelumnya akan menyebabkan ketidaknyamanan keesokan harinya, yaitu mabuk.

Alkohol bersifat diuretik, sehingga akan menyebabkan Anda kehilangan lebih banyak air. Ini bisa menyebabkan dehidrasi. Meskipun dehidrasi bukan penyebab utama mabuk, dehidrasi dapat menyebabkan gejala seperti haus, kelelahan, sakit kepala, dan mulut kering.

Baca Juga : Kemasan Minuman Ramah Lingkungan Dan Sehat

7. Bantu Turunkan Berat Badan

Air dapat membantu sistem pencernaan membuang limbah dari tubuh. Karena itu, manfaat air putih dianggap bisa membantu menurunkan berat badan. Air juga bisa membantu perut terasa kenyang, sehingga seseorang bisa makan lebih sedikit.

Menurut sebuah studi tahun 2008 di Journal of Clinical, Endocrinology and Metabolism, minum setengah liter air (17 ons) dapat meningkatkan metabolisme hingga 24-30% dalam 1,5 jam. Hal ini menunjukkan bahwa meminum air putih sebanyak dua liter sehari dapat meningkatkan total konsumsi energi harian sebanyak 96 kalori.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Hingga 60% jaringan manusia terdiri dari air, termasuk sel kulit. Oleh karena itu, jika Anda tidak minum cukup air, proses fisiologis tubuh Anda akan rusak, termasuk sel kulit. Kulit dehidrasi terlihat kering dan kusam.

9. Menjaga Suhu Tubuh

Manfaat penting lainnya dari minum air putih adalah untuk menjaga suhu tubuh. Dalam aktivitas olahraga dan lingkungan yang panas, tubuh manusia kehilangan air melalui keringat. Nah, keringat membantu tubuh agar tetap “dingin”.

Namun, jika Anda tidak terhidrasi, suhu tubuh Anda bisa naik. Oleh karena itu, jika Anda berkeringat lebih banyak dari biasanya, pastikan untuk minum banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi.

10. Membantu Penyerapan Nutrisi

Air tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, tetapi juga dapat membantu menyerap nutrisi. Dalam proses memecah makanan, air dapat membantu memisahkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makanan, lalu mengirimkannya ke bagian tubuh lainnya.

Meski terkesan sepele, Anda tidak bisa begitu saja mengabaikan manfaat air minum. Karena itu, pastikan Anda minum setidaknya dua liter air sehari. Semoga bermanfaat! 🙂