Pada dasarnya Anda mengetahui bahwa manfaat cuci sayur sangat penting guna mencegah penularan bakteri yang masih melekat. Sebab ini dikuatkan dengan ditemukannya hasil dari beberapa sumber.

TOI atau kerap dikenal dengan Times of India menyampaikan bahwa sebelum dikonsumsi sayur harus dicuci terlebih dahulu. Bukan hanya sebelum dkonsumsi, akan tetapi sebelum dimasak juga. Untuk menghindari norovirus, penyakit yang disebabkan oleh makanan dimana penyebab paling utama adalah penyebaran yang berasal dari makanan yang terkontaminasi.

Sebelum dikonsumsi harus cuci sayur terlebih dahulu karena mempunyai banyak manfaat. Namun, Apa alasan serta bagaimana cara yang benar pencuciannya?

1. Hilangkan pestisida yang tertinggal
Buah-buahan dan sayuran sarat dengan pestisida dan bahan kimia yang dapat menimbulkan ancaman bagi kesehatan manusia dengan merusak sistem saraf dan reproduksi, mengganggu sistem kekebalan tubuh, dan bahkan menyebabkan kanker dalam beberapa kasus.

2. Mencegah kontaminasi
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika ( The Centers for Disease Control and Prevention) mengatakan bahwa kebiasaan mencuci buah dan sayuran di bawah air mengalir juga manfaat cuci sayur untuk dapat mencegah penyakit bawaan makanan seperti keracunan makanan, yang merupakan penyebab utama terjadinya wabah penyakit di negara itu dari makanan yang terinfeksi.

3. Mengangkut buah dan sayuran yang aman dikonsumsi
Dengan cuci buah dan sayuran berfungsi untuk memastikan bahwa Anda tidak memakan kotoran fisik, kerikil, serangga, dan sisa kotoran lainnya. Produk juga bisa melalui banyak tangan sebelum sampai ke dapur,maka diperlukan pembilasan yang benar-benar dapat menghilangkan baktri dari orang lain.

Umumnya orang mengerti terhadap ancaman keracunan sekaligus cara mengolah daging dengan benar. Namun rendahnya kewaspadaan serta kesadaran pada tubuh terhadap bahaya keracunan makanan dari sayur juga berpengaruh. 

Bukan sekedar mencuci, namun kamu juga harus mengerti langkah yang tepat dalam membersihkan sayuranmu sebelum dikonsumsi. Jangan sampai terkena penyakit sebab Anda tidak bersih dalam mencuci sayur.  

Manfaat cuci sayur merupakan tindakan sederhana yang sebaiknya diterapkan demi menjaga kesehatan. Dibawah merupakan beberapa metode yang dapat Anda lakukan:

1. Cuci Tangan sebelum Mencuci Sayur

2. Gunakan Air Mengalir

3. Potong Bagian Sayur yang Rusak

4. Rendam dengan Air Garam atau Cuka

5. Gunakan Sabun Khusus Cuci Sayuran

6. Bilas dan Keringkan

baca juga : cara cuci sayur yang benar

Gejala Keracunan Pestisida Akibat Tidak Cuci Sayur

1. Gejala keracunan obat Paparan pestisida dalam waktu lama bisa memicu beberapa gangguan kesehatan. Jika pestisida yang terkonsumsi terlalu banyak maka akan menimbulkan gejala keracunan.

2. Gejala keracunan alkohol bisa bermacam-macam. Keracunan dalam tingkatan ringan umumnya mempunyai gejala pusing, gelisah, diare, susah tidur, iritasi pada mata, hidung, kulit dan tenggorokan.

 3. Sementara itu keracunan dalam tingkatan sedang dapat memicu timbulnya gejala mata buram, kecemasan, mual hingga muntah, dan detak jantung yang meningkat. Umumnya keracunan berat dapat menimbulkan penderita pingsan, sesak napas, serta luka bakar pada kulit.

Maka diperlukan pencucian sayur sebelum dikonsumsi agar terhindar dari paparan pestisida, apabila paparan pestisida terlalu banyak, maka pestisida dapat mengakibatkan berbagai masalah yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh seperti kanker, anak menderita ADHD, gangguan sistem sarafnya juga dapat mengatasi sistem kekebalan pada tubuh.

Residu pestisida dan mikroorganisme seperti jamur, virus, parasit serta bakteri salmonella, listeria dan E.coli dapat hilang jika pencucian dilakukan dengan tepat.

Oleh karena itu, jangan lupa cuci sayur sebelum mengkonsumsinya.  Jangan sampai sayur yang menyehatkan nantinya malah membahayakan tubuh.

 

By nia

Sebagai penulis di poskan.com, saya memiliki minat yang besar dalam perkembangan teknologi, khususnya di dunia IT. Saya juga senang belajar hal-hal baru dan dengan antusiasme berbagi wawasan seputar dunia bisnis serta tips terbaru kepada pembaca.