Apa Saja Manfaat Durian Bagi Tubuh

Durian memiliki senyawa aromatik yang memberikan aroma yang kuat. Beberapa orang menikmati baunya, sementara yang lain membencinya. Bagi penggemar buah tropis ini, mengonsumsinya tak hanya memberi kepuasan, tapi juga bisa mengambil manfaat buah durian.

Manfaat Durian Untuk Kesehatan

Durian tidak hanya memiliki cita rasa dan aroma yang enak saja tetapi juga memiliki banyak manfaat, berikut ada beberapa manfaat durian :

1. Sumber energi yang baik

Setiap 100 gram di buah durian memberikan sekitar 21% dari kebutuhan karbohidrat harian. Durian adalah sumber karbohidrat yang kaya, dan sangat membantu dalam mengisi kembali tingkat energi. Karbohidrat yang bermanfaat untuk menyediakan energi untuk olahraga dan kegiatan sehari-hari. Buah durian sangat cocok untuk cemilan sebelum berolahraga. Karena memiliki karbohidrat yang tinggi, durian memberikan pelepasan energi yang cepat untuk membuat Anda menjadi kuat selama berolahraga.

2. Bertindak Sebagai Anti-Depresi Alami

Secara alami durian kaya akan vitamin B6 yang penting untuk produksi serotonin. Kadar serotonin yang rendah dapat memicu depresi. Mengkonsumsi durian disarankan untuk meningkatkan kadar serotonin supaya bisa mengatasi depresi. Buah durian mengandung triptofan. Dimana ketika triptofan memasuki otak itu akan dikonversi menjadi serotonin, yang akan menginduksi perasaan relaksasi dan kebahagiaan. Karena kelebihan serotonin kemudian melepaskan melatonin ke dalam aliran darah, yang menyebabkan tubuh lebih rileks.

3. Menguatkan Tulang

Buah durian kaya akan kalsium, kalium dan vitamin B. Adanya vitamin dalam jumlah yang signifikan membuat buah ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Kalsium ini sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang. Orang yang kurang mengonsumsi kalsium sebelum usia 20-25 memiliki risiko yang jauh lebih tinggi terkena penyakit tulang rapuh atau osteoporosis di kemudian hari.

4. Cegah penuaan

Manfaat buah durian selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Durian juga kaya akan vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu menjaga stres oksidatif yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Semakin rendahnya tingkat stres oksidatif, semakin lambat pula proses penuaan. Hanya dengan memamakan dua biji durian, buah durian mengandung lebih banyak vitamin C dari pada kebanyakan buah tropis.

5. Lancarkan Pencernaan

Buah durian juga tinggi akan serat. Manfaat buah durian di sini dapat menjauhkan dari penyakit sembelit dan meningkatkan kekuatan pencernaan. Kehadiran thiamin dan niasin yang dapat meningkatkan nafsu makan serta daya pencernaan.

6. Stabilkan gula darah

Buah durian juga memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada banyak buah tropis lainnya. Semakin kecil angka pada  indeks glikemik, maka semakin sedikit pula dampak makanan pada gula darah. Durian juga memiliki kandungan mangan yang cukup untuk membantu dalam pengaturan dan pemeliharaan kadar gula darah.

7. Mempertahankan tingkat tekanan darah

Durian merupakan sumber potasium yang baik yang dibutuhkan untuk menjaga kadar natrium tubuh agar tetap utuh. Dengan mengonsumsi buah durian secara teratur dapat menangkal hipertensi dan kondisi medis terkait. Buah durian merupakan sumber kalium yang sangat kaya, dan karena kalium adalah bagian yang integral dari keseimbangan garam dan cairan di seluruh sel tubuh, kadar kalium juga dapat menentukan tekanan darah. Cara Menanam Seledri

8. Cegah anemia

Durian mengandung sejumlah mineral yang berbeda, termasuk juga asam folat tingkat tinggi, yang merupakan komponen penting dalam hal produksi sel darah merah. Kekurangan folat bisa menurunkan jumlah sel darah merah yang dihasilkan. Durian merupakan sumber folat yang baik sama dengan tembaga dan besi. Maka dari itu, para pasien anemia bisa memanfaatkan buah ini untuk mengatasi kondisinya.

9. Cegah penyakit jantung

Serat yang dalam durian mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dengan membuang kolesterol LDL (kolesterol jahat) dari tubuh. Kehadiran organosulfur membantunya untuk mengatur enzim inflamasi. Karena itu, durian juga dapat menjauhkan penyakit kardiovaskular seperti jantung. Beberapa senyawa dalam durian bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko terkena aterosklerosis.

10. Atasi Insomnia

Durian mengandung asam amino esensial triptofan. Triptofan ini diubah menjadi melatonin, dan hormon yang mengendalikan siklus tidur. Dalam sebuah studi penelitian dari jurnal peer-review Medicine, triptofan dikatakan memiliki potensi membantu dalam mengurangi gangguan tidur jangka pendek.

11. Meningkatkan imunitas

Durian dapat membantu sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Sistem kekebalan yang melindungi tubuh dari pengaruh berbahaya dari lingkungan. Vitamin C bisa melawan penyakit seperti flu, merangsang penyembuhan luka, dan meningkatkan aliran darah. Kulit durian juga mengandung senyawa yang bersifat antibakteri dan anti-ragi.

12. Sehatkan reproduksi

Penelitian mengatakan bahwa durian mengandung kadar estrogen yang tinggi. Kadar estrogen sangat penting untuk kesuburan wanita. Durian juga bisa meningkatkan libido dan stamina seksual.