Manfaat Kopi Hitam dan Efek Samping Minum Kopi Bagi Tubuh Kita

manfaat kopi hitam

Kemarin saya telah membahas tentang jenis kopi di indonesia kan dan untuk sekarang saya mau membahas tentang manfaat minum kopi hitam dan efek samping kopi hitam bagi tubuh kita.

Jenis- jenis kopi indonesia sangatlah beragam dan salah satu jenis kopi dari negara Indonesia yang kualitasnya telah diakui dunia adalah kopi luwak. Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, dan mempunyai berbagai macam jenis kopi dengan cita rasa dan aroma yang khas. jual alat pembuat kopi.

Penasarankan apa saja manfaat yang bisa kalian dapatkan?oke langsung saja simak manfaat minum kopi hitam;

 Berbagai Manfaat Kopi Hitam

1. Dapat Mencegah Diabetes

Umumya penyakit tersebut dapat terjadi bila pola makan dan pola hidup yang tak sehat. Penyakit diabetes bisa terjadi karena hormon insulin yang terkandung di dalam tubuh itu berkurang.

Sehingga tidak bisa mengatur kadar gula yang ada di dalam darah, dengan meminum kopi dengan teratur dan takaran yang pas, ternyata bisa mencegah terjadinya diabetes.

Tetapi juga harus disamakan dengan olah raga yang teratur serta menjaga pola makan

2. Mengurangi Tingkat Stres dan Depresi

Apabila seseorang lagi merasa depresi dikarenakan pekerjaan yang menumpuk atau sedang dikejar deadline tugas, kopi merupakan salah satu minuman yang pas untuk mengobati dan mengurangi perasaan tersebut.

Buatlah segelas kopi hangat sesuai dengan selera kalian, Setelah itu pasti akan merasakan perasaan santai, bahagia dan lebih semangat untuk melanjutkan aktivitas kalian kembali.

3. Meningkatkan Metabolisme Dalam Tubuh

Semua dari jenis makanan dan minuman yang menkonsumsi dalam takaran yang pas tentunya akan berdampak positif untuk tubuh kita bukan? Contohnnya kopi, jika kopi dikonsumsi secara teratur dan takarannya pas.

maka kopi dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh lho. Jika metabolisme yang ada didalam tubuh lancar maka lemak- lemak jahat yang berada di dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya.

4. Meningkatkan Daya Ingat, Manfaat Kopi Hitam

Jika usia seseorang semakin bertambah tua maka kekuatan daya ingatnya akan berkurang. Hal seperti itu bisa kita atasi bila mengonsumsi kopi secara rutin.

Jadi jika kita sudah mau mulai sering lupa maka kopi adalah salah satu cara yang paling baik dan aman untuk meningkatkan kembali daya ingat kalian.

Efek Samping Minum Kopi Hitam

Meskipun begitu ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kita sudah terlalu berlebihan minum kopi. Berikut  efek terlalu banyak minum kopi bagi tubuh.

1. Merasa cemas

Depresi saat kita sedang bekerja mesti kita biasanya akan tergoda untuk menikmati segelas kopi agar lebih bersemangat.

Namun sayangnya, National Institute of Mental Health justru malah menyarankan untuk kita agar menghindari kafein. Pasalnya jika terlalu banyak minum kopi justru akan menambah rasa cemas.

Menurut laman Everyday Healt, kecemasan itu muncul karena adanya efek kafein dalam kopi tersebut yang membuat kita sangat susah tidur atau memacu respons flight or fight.

2. Sakit perut, Efek Samping Minum Kopi

Saat perut kita terasa sakit kita sering menduga penyebabnya adalah karena salah mengonsumsi bahan makanan atau sedang mengalami PMS.

Namun nyatanya minum kopi juga bisa menyebabkan perut terasa sakit. Para ahli sepakat bila senyawa tertentu dalam kopi bisa merangsang sekresi asam labung di sel- sel perut kita.

Memang banyak obat di pasaran yang bisa membantu anda untuk meredakan asam lambung. Tapi bagaimanapun juga jalan terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi mengonsumsi kopi.

3. Jantung berdebar

Pasti sangat tak nyaman jika rasanya saat jantung berdebar terlalu kencang. mengonsumsi minuman yang berkafein serta minuman beralkohol bisa menjadi pemicunya.

Dalam beberapa kasus jantung yang berdetak kencang bisa menyebabkan pusing dan bahkan pingsan. Salah satu cara untuk bisa menghentikan jantung berdebar dengan konstan ini adalah menghindari minuman yang berkafein.

4. Diare

Kopi juga sangat berperan sebagai pencahar. Jadi, meminum lebih dari 2 atau 3 gelas cangkir kopi sehari akan membuat kita terserang penyakit diare.

saat kita sedang mengalami diare International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders menyarankan kita untuk mulai mengurangi mengonsumsi kafein.

Demikian yang bisa saya sampaikan, apabila ada salah kata dan kekurangan dalam artikel saya, saya mohon maaf, dan jangan bosan dengan artikel ku ini.

Dan juga tak lupa juga kepada yang sudah membaca artikel aku ini semoga selalu setia di artikel aku ini. Sekian dan terimakasih.