Manfaat Mengonsumsi Sushi Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat mengonsumsi sushi

Pada artikel kali ini saya akan memberikan manfaat mengonsumsi sushi yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja sih manfaat yang terkandung di dalam sushi ini ? Mari kita bahas bersama sama.

Sebelum membahas manfaat sushi, apakah kalian pernah mencoba memakan makan khas jepang ini ? Jika belum pernah teman-teman juga bisa membuatnya sendiri di rumah kok. Di artikel sebelumnya saya juga pernah membuat artikel tentang cara membuat sushi.

Tapi jika kita mengonsumsi sushi dengan jumlah yang banyak dan di lakukan hampir setiap hari, itu tidak di anjurkan dan tidak baik bagi tubuh. Jika kita melakukannya kemungkinan berat badan kita akan naik drastis karena sushi mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.

Jika kita mengonsumsinya tidak berlebihan dan tidak terlalu sering, itu mungkin akan mendapatkan manfaat yang baik bagi tubuh kita. Berikut ini kami akan memberikan beberapa manfaat yang akan teman-teman peroleh jika mengonsumsi sushi secara benar.

manfaat mengonsumsi sushi

Manfaat Mengonsumsi Sushi :

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Kebanyakan sushi mengandung cuka beras yang baik untuk perut dan tidak menyebabkan kembung. Hal ini akan membantu kelancaran sistem pencernaan. Agar manfaat yang terkandung di dalam sushi tidak hilang, pastikan Anda tidak memesan sushi yang disiram kecap dan saus manis.

2. Kaya Kandungan Omega-3

Bahan utama pembuatan sushi yaitu daging ikan segar dan jenis ikan yang dipakai yakni ikan tuna atau ikan salmon yang kaya akan kandungan omega-3. Kandungan omega 3 yang bagus dan tinggi ini terdapat di ikan yang masih mentah dan segar. Sehingga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, menyehatkan otak, serta mencegah hipertensi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Ternyata di dalam sushi juga biasanya ada tambahan yang disebut gari dan memiliki manfaat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga anda terhindar dari berbagai penyakit yang menyeran sistem imun, seperti flu dan batuk. Sebab, gari terbuat dari ginseng.

4. Mencegah Kanker

Ocha merupakan minuman yang tidak boleh di pisahkan dari sushi. Ocha adalah sejenis teh hijau khas dari Jepang yang tinggi akan kandungan antioksidan. Manfaat antioksidan itu sendiri adalah menangkal radikal bebas akibat polusi yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker atau tumor dalam tubuh. Selain itu, ocha juga dapat melancarkan pencernaan serta membunuh bakteri yang mengakibatkan keracunan makanan.

5. Mencegah Hipertensi

Cuka beras yang ditambahkan pada nasi ini tujuannya agar memberikan sedikit rasa asam pada nasi tersebut. Cuka beras juga mempunyai manfaat sebagai antibakteri tinggi dan juga memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi atau darah tinggi.

6. Meningkatkan Metabolisme

Makanan ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dikarenakan adanya tambahan nori sebagai pembungkusnya. Nori adalah sejenis rumput laut yang berbentuk seperti kertas yang tipis. Di dalam nori juga terkandung mineral, vitamin dan iodine yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

7. Mengandung Zat Antibakteri

Wasabi merupakan bahan tambahan sushi yang memiliki rasa pedas dan akan menambah cita rasa pada sushi. Wasabi juga sangat bermanfaat bagi tubuh karena dapat membunuh kuman dan bakteri dalam tubuh dan juga mengandung vitamin C.

8. Bantu jaga berat badan

Jika anda ingin menurunkan berat badan sushi menjadi makan yang pas, karena mengandung jumlah kalori yang cukup rendah. Tapi anda juga harus memilih gulungan sushi yang kaya sayuran, seperti mentimun dan wortel serta jangan tambahkan krim seperti mayones.

Mungkin hanya itulah beberapa manfaat yang bisa saya sampaikan dan yang akan teman-teman dapatkan jika mengonsumsinya dengan benar. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua, kurang lebihnya mohon maaf sekian dan terimakasih.