manfaat minyak vco untuk kesehatan

Ribuan manfaat minyak VCO untuk kesehatan akan dibahas pada artikel kali ini. VCO (virgin coconut oil) atau biasa dikenal dengan minyak kelapa yang murni.

Minyak kelapa murni yang dimaksud yaitu minyak yang terbuat dari 100% kelapa segar. Sehingga minyak kelapa ini akan menghasilkan beberapa kandungan yang berguna untuk tubuh kita.

manfaat minyak vco untuk kesehatan

VCO

Seperti yang disebutkan diatas VCO (Virgin Coconut Oil) merupakan minyak yang terbuat dari kelapa segar yang diambil santan atau kernelnya. Pembuatan minyak kelapa ini menggunakan proses pemanasan, namun bisa juga tanpa melalui proses pemanasan sama sekali.

VCO memiliki kandungan yang baik untuk tubuh kita, sehingga tidak heran jika VCO ini dapat bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan, bahan masak, dan juga bermanfaat untuk keperluan si bayi. Pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas bersama adalah manfaat minyak VCO untuk kesehatan.

Apa saja manfaatnya bisa simak penjelasan dibawah ini.

Manfaat Minyak VCO untuk kesehatan

  1. Menangkal Bakteri dan Virus

Penyakit yang menyerang tubuh seseorang bisa saja bersumber dari serangan kuman, bakteri hingga virus. Minyak VCO ini dipercaya mampu menjadi pelindung tubuh dari berbagai ancaman penyakit, terlebih yang bersumber dari kuman, bakteri maupun virus.

Minyak VCO ini mengandung asam laurat, asam ini lah yang akan berfungsi sebagai antibakteri, anti-inflamasi dan juga antivirus. Dengan adanya kandungan asam ini minyak VCO dapat dipercaya mampu menjaga dan melawan tubuh dari serangan kuman, bakteri dan virus.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Minyak VCO juga dipercaya mampu menjaga kesehatan rambut dan kulit. Semua orang pasti merasa senang jika memiliki rambut dan juga kulit yang sehat. Mengaplikasikan minyak VCO sebagai hair mask dipercaya dapat membantu merawat kesehatan rambut.

Selain itu, menjadikan minyak VCO body lotion juga membantu menjaga kelembapan kukit tubuh. Atau bisa saja menkonsumsi minyak VCO agar membantu mencegah gejala eksim yang akan menyebabkan kulit menjadi gelap dan kusam.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat minyak VCO untuk kesehatan berikutnya yaitu untuk menjaga kesehatan pencernaan. Minyak VCO dapat membantu menyerap berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin, magnesium, dan juga kalsium.

Minyak VCO juga dipercaya mambu meningkatkan bakteri baik dan menghancurkan bakteri jahat pada usus, Sehingga saluran pencernaan dapat berfungsi dengan maksimal saat menyerap berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

  1. Pengobatan Alami Alzheimer

Alzheimer sendiri merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang sesorang di usia lanjut. Namun, penyakit ini juga menyerang para generasi muda. Kita harus lebih berhati-hati dalam memilih nutrisi yang sekiranya tepat untuk tubuh kita.

Minyak VCO mengandung katon, katon inilah yang nantinya akan membantu menciptakan sumber energy alternative selain insulin yang dihasilkan dari otak kita. Pada dasarnya, sumber energy ini sangat berperan dalam kinerja otak.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Hal ini dilansir berdasarkan hasil penelitian pada beberapa orang di pasifik selatan. Penduduk disana telah menjadikan minyak kelapa menjadi bagian penting dalam pola makan. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa masyarakat pasifik selatan mampu betahan hidup lebih lama dengan keadaan jantung yang sehat.

  1. Mengurangi Kejang

Sampai kini kejang masih menjadi masalah untuk penderita epilepsy pada kalangan anak-anak. Berbagai macam pengobatan dilakukan untuk membantu mengurangi dan menyem uhkan kejang. Salah satu pengobannya yaitu penggunaan terapeutik yang diterapkan pada diet ketogenik.

Diet ketogenik ini bertujuan untuk mengupayan asupan karbohidrat yang rendah namun tinggi lemak. Kandung MCT pada minyak VCO ini dapat meningkatkan keton sehingga mampu mengurangi terjadinya kejang-kejang.

Itu dia beberapa manfaat minyak VCO unuk kesehatan. Ternyata banyak sekali ya manfaat minyak VCO. Perlu diingat kembali, untuk mendapatkan khasiat maksimal dari minyak kelapa pastikan teman-teman semua menggunakan 100% minyak kelapa murni.

Berikut ini tips memilih minyak VCO non bahan kimia.

manfaat minyak vco untuk kesehatan

Tips Memilih Minyak VCO

  • Minyak kelapa VCO biasanya memiliki warna putih cerah atau bening. Tidak seperti kebanyakan minyak goreng yang berwarna kuning kecokelatan.
  • Minyak kelapa murni mempunyai aroma yang khas dengan kelapa, dan tidak mudah berubah menjadi tengik.
  • Pastikan terdapat tulisan non bahan kimia pada label kemasan.
  • Biasanya minyak VCO ini dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak goreng biasa.

Jangan sampai salah pilih ya teman-teman, supaya tubuh kita mendapat khasiat yang maksimal dari minyak VCO.

Mungkin ini saja infromasi mengenai manfaat minyak VCO untuk kesehatan yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat dan juga membantu teman-teman semua. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Dan saya ucapkan terimakasih banyak atas perhatian teman-teman semua.

Have a great day and see u next artikel.

By Muftia

Saya adalah seorang penulis di poskan.com yang memiliki minat besar terhadap perkembangan teknologi, khususnya di dunia IT. Saya juga senang belajar hal-hal baru dan dengan senang hati berbagi wawasan seputar dunia bisnis serta tips terkini kepada pembaca.