Manfaat Nanas untuk kesehatan

Manfaat Nanas untuk Kesehatan Tubuh -buah ini identik dengan bentuk mata yang banyak dan memiliki warna kuning keemasaan. tanaman nanas dapat tumbuh subur pada daerah beriklim tropis seperti Indonesia dengan masa panen relatif singkat, yakni antara 2 sampai 3 kali setahun.

Manfaat Buah Nanas untuk kesehatan Tubuh- banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Buah nanas mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Bromelain bermanfaat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan serat pada buah nanas dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.
Nanas juga mengandung phitochemical yang baik untuk kesehatan. Phitochemical adalah zat, gizi yang terdapat pada tumbuhan yang memilki aktifitas biologi yang bisa menguntungkan tubuh, sebagai antioksidan. Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat mengubah protein pada susu daging dan gelatin sehingga membuat bahan makanan menjadi basah. Nanas dapat melunakkan daging dengan cara meletakkan potongan nanas pada daging, namun jangan terlalu lama supaya tidak mengalami kelembekkan.
Meskipun rasa asam buah nanas tidak berbahaya bagi penderita maag. kandungan phitochemicalnya bisa menurunkan PH tinggi hingga dapat mengontrol asam lambung. Untuk menambah manfaat buah nanas konsumsi secara utuh. sebagai campuran selada buah dan es buah. namun nanas yang telah diolah menjadi dodol nanas, krippik nanas atau olahan nanas lainnya, zat gizi atau enzimnya sudah tidak utuh.

Kegunaan dari buah Nanas :

1. mencegah derpesi dan penyakit kecemasan

tidak hanya dapat meringankan gejala arthritis, buah nanas bisa mencegah depresi maupun gangguan kecemasan. Buah nanas merupakan sumber asam amino triptofan, yang merupakan senyawa yang digunakan tubuh untuk menghasilkan hormon serotonin, hormon bahagia yang utama.

Rajin mengonsumsi buah nanas, dapat meningkatkan kondisi modmu, sehingga mampu mengurangi risiko terjadinya depresi, maupun gangguan kecemasan.

2. Mengurangi Peradangan

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Nanas yang memiliki kandungan bromelain sangat tinggi juga bisa mengurangi peradangan. Saat radang, cobalah minum jus nanas atau memakannya langsung. Hindari mengonsumsinya saat perut kosong karena bisa membuat lambung “kaget”.

3. Mencegah Asma

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa penelitian menyebut kandungan beta-karoten dalam nanas dapat mengurangi risiko asma yang disebabkan oleh olahraga berlebih.Salah satu manfaat terbesar dari buah nanas adalah dapat mencegah penyakit asma. Kandungan beta-karoten pada buah nanas, mampu untuk menurunkan resiko asma. asma terjadi karena polusi udara, efek obat antibiotik, kurang gizi, asma dapat dicegah dengan cara mengonsumsi buah nanas, yang memiliki kemampuan untuk mendektosifikasi racun yang masuk ke dalam tubuh.

4. Melawan berbagai penyakit

Buah nanas mengandung beragam nutrisi. Salah satunya adalah bertindak sebagai molekul antioksidan. Seperti yang mungkin sering Anda dengar, molekul antioksidan dapat melawan radikal bebas, atom tak stabil yang bisa menyebabkan kondisi tekanan oksidatif di tubuh.

Tekanan oksidatif bisa menyebabkan peradangan kronis, pelemahan daya tahan tubuh, serta beragam penyakit. Beberapa penyakit tersebut, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu.

5. mencegah penyakit kangker

Dikutip dari healthline.com, studi menunjukkan bahwa kandungan bromelain pada nanas memiliki potensi untuk bertindak sebagai agen melawan kanker yang efektif. Secara khusus, bromelain dapat bekerja bersamaan dengan kemoterapi untuk menekan pertumbuhan sel kanker.

buah nanas mencegah radikal bebas masuk. Radikal bebas ini bisa berupa asap rokok yang mengandung racun atau partikel berbahaya lainnya. Partikel tersebut dapat memicu terjadinya abnormalitas pada sel sehingga kanker terbentuk.

Nah, itulah ulasan tujuh manfaat ajaib dari buah nanas, yang ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh, maupun untuk perawatan kecantikan. Semoga bermanfaat!