Manfaat Obat Herbal Yang Kita Sering Jumpai

manfaat obat herbal

Pada kali ini saya akan membahas Manfaat obat herbal. Siapa yang tak kenal dengan makanan ini pasti semua orang menyukai makanan yang satu ini.

Jenis Tumbuhan Obat Herbal Dan Manfaat Obat Herbal

Obat tidak lah perlu mahal jika kita masih bisa mndapatkanyan disekeliling lingkungan kita ntuk apa obat kimia jika kita bisa membuat obat alami yang kita bisa dapatkan bahanya di sekitar kita.

Manfaat Dari Kencur, Kayu Manis Dan Jahe

Bial anda adalah pemilik usa obat obatan herbal pasti anda perlu yang namanya Medicine Cutter untuk memotong obat agar lebih kecildan cepat.

Dan jika obat anda ingin di kirim ke luar kota anda pasti perlu kardus, dan jika memiliki kardus bekas janganlah buang dulu fungsi kardus bekas, kardus bekas bisa sebagai hiasan toko.

1.Kencur

manfaat obat herbal

 

Kencur merupakan tanaman herbal yang kerap diubah menjadi jamu jamuan tradisional.

Mbok-mbok/ penjual jamu menyajikan kencur dalam bentuk minuman dengan campuran air beras atau juga disebut beras kencur.

Rasanya nikmat dan menghangatkan tubuh kita sehingga badan terasa segar kembali.

Ada banyak yang jual mesin es krim dan banyak jenisnya selain itu harganya.

Manfaat Dari Kencur

1. Mengatasi Batuk-batuk

Kegunaan kencur bagi kesehatan manusia yang pertama adalah sebagai obat batuk.

Kencur dapat membuat tenggorokan anda terasa lebih hangat, terutama pengidap batuk berdahak.

2. Manambah Nafsu Makan

Khasiat kencur yang sering diperbincangkan adalah dapat menambah nafsu makan seseorang. Kencur sebagai penambah nafsu makan biasanya dikonsumsi sebagai jamu beras kencur yang banyak dijual di pedagang jamu.

Konsumsi beras kencur tidak mengenal usia sehingga aman di konsumsi anak-anak maupun orang dewasa karena terbuat dari bahan bahan yang alami.

3. Menghilangkan stres

Sebuah penelitian yang dilakuan, Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh, berhasil menemukan manfaat dari kencur rempah khas indonesia. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang/akar dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan sehingga kita tetap rileks.

2. Kayu Manis

Kayu Manis Kayu sudah sangat populer sebagai rempah-rempat atau digunakan sebagai bumbu masak. Bahan yang digunakan adalah kulit batang kayu. Kayu manis selama ini dikenal untuk membantu menyeimbangkan kadar gula darah bagi pasien diabetes.

Selain itu, dipercaya dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi, melancarkan sirkulasi darah, dan menghangatkan badan. Melihat khasiat yang menakjubkan ini seharusnya masyarakat bisa memanfaatkan tanaman herbal dengan baik.

2. Manfaat Kayu Manis

manfaat obat herbal

1. Mengontrol gula darah

Kayu manis dipercaya mampu mengontrol gula darah. Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah didalam tubuh kita.

Selain itu, kayu manis juga membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe 2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, seperti gula darah trigliserida, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

2. Obat untuk Anti Bakteri

Bakteri yang ada disemua tempat dapat masuk ke tubuh kita. Jika bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh belum tentu tubuh bisa menahannya. Maka dengan mengkonsumsi kayu manis dapat menjaga kekebalan tubuh yang dapat menangkal bakteri jahat masuk ke tubuh kita.

3. Menurunkan berat badan

Air rebusan kayu manis yang dicampur dengan madu adalah minuman terbaik untuk menurunkan berat badan secara alami dan tanpa efek samping.

3. Jahe

manfaat obat herbal

Menghangatkan diri di tengah udara dingin seperti sekarang ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi minuman jahe hangat caranya bakar jahe terlebih dahulu agar wangi lalu masukan kegelas tambah gula dan tungkan air panas aduk.

Manfaat Jahe

1. Membantu Pencernaan

Manfaat jahe memiliki sejarah panjang dalam mengatasi pencernaan yang masalah. Kandungan phenolic yang dimiliki jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.

2. Memperkuat Sistem Imunisasi

Mau sistem imun tetap prima? Mudah kok, konsumsi saja jahe secara rutin. Jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerolsshogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh kita sehingga kita tidak cepat sakit.