Apa Saja Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Hampir seluruh masyarakat mengetahui apa itu Singkong, tentu tidak asing lagi jika mendengar yang namanya singkong. Bahkan dibeberapa daereah singkong atau umbi-umbian ini dijadikan sebagai makanan pokok menggantikan nasi putih.

Singkong atau ketela, merupakan salah satu jenis dari tanaman umbi-umbian yang terkenal sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya dijadikan sebagai sayuran. Ketika masih mentah daging singkong memiliki tekstur yang keras dengan warna kulit yang berwarna cokelat tua agak kehitaman. Cara Membudidayakan Mentimun

Sebagai sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, singkong sering diolah menjadi berbagai macam olahan makanan seperti singkong rebus atau singkong goreng. Selain kedua olahan tersebut, masih banyak kreasi lainya dari berbagai daerah indonesia.

Apa Saja Manfaat Singkong Untuk Kesehatan :

Manfaat Singkong

1. Melembutkan dan Mencerahkan Kulit

kulit singkong bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk melembutkan dan mencerahkan kulit. Cara membuatnya pun cukup mudah dengan menghaluskan kulit singkong dan membuatnya menjadi scrub.

Kulit singkong biasanya tidak digunakan, karena lapisan kulitnya yang tebal dan kotor karena terkena tanah terlalu lama.

2. Masker Wajah yang Ampuh

Daging singkong yang berwarna putih juga bisa digunakan sebagai masker wajah. Cukup haluskan isi dari singkong, kemudian oleskan ke wajah seperti menggunakan masker seperti biasa. Masker wajah alami ini mampu untuk membuat kulit menjadi lebih bersinar.

3. Menghidrasi Kulit

Dengan memakai masker wajah dari singkong, kulit menjadi lembab dan tidak kekurangan air. Cara membuat masker wajah dari singkong ini, bisa dengan menambahkan madu atau minyak zaitun.

4. Menghilangkan Bekas Luka dan Noda

Ketika kulit wajah mengalami luka, anda bisa menghilangkannya dengan cara rutin menggunakan singkong atau masker singkong ke area luka. Dengan rutin menggunakan masker singkong 2 kali sehari, maka dapat menghilangkan luka atau noda di kulit.

5. Menumbuhkan Rambut Lebih Cepat

Manfaat singkong juga bisa untuk menjaga kesehatan rambut. Dengan pemakaian singkong yang sudah dihaluskan, baik dengan umbi atau daunnya, sebagai masker rambut, sangat baik untuk menumbuhkan rambut.

6. Mengontrol Rambut Rontok

Tidak hanya mampu mempercepat tumbuh rambut tetapi juga mampu untuk mengontrol rambut rontok, dengan menggunakan masker singkong, mampu mengatasi rambut yang rontok dan memperkuat akar rambut.

7. Menutrisi Rambut

Pemakaian masker rambut singkong juga bisa untuk menutrisi rambut, dan memperbaiki kerusakan rambut.

8. Baik untuk Sistem Pencernaan

Singkong mengandung banyak serat yang sulit larut, sehingga singkong dapat menyerap racun dalam sistem pencernaan lebih banyak, dan membuangnya saat BAB (Buang Air Besar).

9. Baik untuk Kesehatan Saraf

Salah satunya dengan memanfaatkan tepung singkong, yang dipercaya dapat mengatasi stress dan gangguan kepanikan pada saraf.

10. Baik untuk Kesehatan Mata

Tanaman singkong ternyata juga memiliki vitamin A yang bisa menjaga kesehatan mata. Dengan rutin mengonsumsi tanaman singkong, dipercaya dapat mencegah masalah pada penglihatan.

11. Menjaga Kesehatan Otot

Kesehatan otot kita akan terjaga apabila mengonsumsi singkong secara teratur. Singkong memiliki kandungan protein yang bisa membangun kekuatan otot tubuh.

12. Menguatkan Imunitas Tubuh

Manfaat singkong selanjutnya ialah memiliki kandungan folat dan vitamin C yang baik untuk menjaga dan menguatkan sistem iminitas tubuh.

Vitamin C juga dapat membantu melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, dan masalah akibat radikal bebas.

13. Meningkatkan Fungsi Otak

Dengan mengonsumsi singkong secara rutin maka anda bisa meningkatkan kemampuan otak, karena singkong dapat menambah energi bagi tubuh dan otak.

14. Menurunkan Tekanan Darah

Mengonsumsi singkong secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darag. Karena singkong memiliki kandungan serat sehat yang tinggi, dan dapat membantu memperlancar aliran darah, terutama bagi perempuan.

15. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, anda bisa mengonsumsi singkong. Karena singkong lebih baik dikonsumsi dibandingkan nasi atau roti, karena mengandung kalori yang rendah dan serat yang mampu membuat kita kenyang lebih lama