Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan yang Perlu Kalian Ketahui!

manfaat susu kedelai

Manfaat yang Terkandung Dalam Susu Kedelai

Manfaat susu kedelai anda tentu tak asing lagi dengan susu kedelai. Minuman yang diolah dari kacang kedelai itu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Anda bisa menemukan susu kedelai murni yang banyak dijual di pasar atau supermarket terdekat. Mesin mixer.

Susu kedelai mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan. Minuman ini biasanya dikonsumsi oleh mereka yang memiliki riwayat alergi terhadap susu sapi.

Minuman ini terbuat dari kacang kedelai yang digiling kemudian direbus. Susu kedelai adalah minuman alami bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa seperti yang terdapat dalam susu sapi.

Tak sedikit yang mengambil manfaat susu kedelai karena minuman tersebut dipercaya menjadi sumber serat, magnesium, fosfor, potasium, dan protein. Selain itu, berbagai vitamin seperti folat, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K juga terdapat dalam susu kedelai.

Saking banyaknya kandungan di susu kedelai, minuman ini dapat mengurangi risiko kolesterol, kanker, obesitas, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Turunkan Tekanan Darah

Kandungan protein dalam susu kedelai sangat dibutuhkan manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein terbuat dari asam amino yang dapat mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk jantung.

Kandungan asam amino dan isoflavone dalam susu kedelai juga berfungsi menurunkan kolesterol dalam darah.

Beberapa ahli gizi telah melakukan penelitian dengan membandingkan susu kedelai dan susu sapi. Hasilnya menyatakan bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan susu sapi.

2. Melawan Sel Kanker

Susu kedelai berfungsi untuk melawan sel kanker. Minuman tersebut mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Anda bisa mengonsumsi susu kedelai secara rutin untuk mengurangi risiko segala jenis kanker. Minuman ini bisa menurunkan risiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita.

3. Mengontrol Berat Badan

Susu kedelai mampu mengurangi risiko obesitas dan mengontrol berat badan. Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan dengan kadar glikemik indeks rendah dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

Mengingat susu kedela kaya kandungan protein dan serat, sehingga cocok dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan. Di sisi lain, kedelai juga dipercaya ampuh meninggikan badan.

4. Menjaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Sendi

Susu kedelai memang mengandung kalsium lebih rendah daripada susu sapi. Namun susu kedelai juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang.

Terlebih, kedelai juga mampu meningkatkan kekuatan otot dan sendi. Jika mengonsumsi susu kedelai secara rutin, maka Anda dapat memelihara kesehatan otot dan sendi.

Sejarah

Sejarah susu kedelai banyak digambarkan pada masa karya seni China kuno.

Menurut legenda Cina yaitu Liu An, seorang pangeran Cina yang hidup pada tahun 179-122 SM menggunakan susu kedelai untuk tujuan pengobatan.

Meskipun sejarawan banyak mengatakan tidak ada bukti dari kisah tersebut akan namun mereka setuju bahwa susu kedelai berasal dari Cina.

Pada saat ini susu kedelai telah populer di negara-negara Barat terutama di kalangan vegetarian hal itu karena digunakan sebagai pengganti susu biasa.

Jenis

Susu kedelai biasanya tersedia dalam berbagai rasa seperti rasa coklat, vanila, dan rasa aslinya. Susu kedelai ada juga yang diberi rasa manis maupun tidak dan selain itu di Cina tersedia juga susu kedelai dengan rasa asin.