Cara Mudah Dan Cepat Membuat Arang Batok Kelapa

Pada kali ini saya akan mejelaskan tentang apa itu arang batok/tempurung kelapa , kegunaanya dan juga cara mudah dan cepat membuat arang batok kelapa…….

Pengertian..

Arang batok kelapa adalah arang berbahan dasar tempurung kelapa. Pemanfaatan arang tempurung kelapa termasuk cukup strategis sebagai sektor usaha. Hal ini jarang dimanfaatkan masyarakan untuk membuat macam macam briket.

Cara dan Proses pembuatan Arang Batok Kelapa

briket arang batok kelapa

Karbon aktif menjadi bahan yang sangat berpotensial pada dunia farmasi. Oleh karena itu, pembuatan arang tempurung kelapa bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda dari produk sampingan yang masih luput dari perhatian para petani.

Tempurung yang digunakan harus bersih dan berasal dari kelapa yang sudah benar-benar tua. Selain itu, bahan yang digunakan harus kering agar memudahkan pembakaran menjadi cepat dan tidak menghasilkan asap.

Proses pembakaran tempurung kelapa menjadi arang bisa dilakukan dalam drum atau lubang. Pembakaran yang dilakukan menggunakan drum disebut dengan kiln drum. Kiln drum terdiri atas empat bagian, yaitu badan drum dengan salah satu ujung yang terbuka, penutup, cerobong, dan lubang udara di bagian badan drum.

Pembuatan arang dimulai dengan membersihkan tempurung kelapa dan lanjut dengan pengisian drum. Tempurung yang sudah bersih dimasukkan ke drum, lalu ditata satu per satu agar seluruh tempurung terbakar sempurna. Penyusunan tempurung dilakukan dengan cara meletakkan kayu pada bagian tengah drum. Setelah drum dipenuhi oleh tempurung kelapa yang sudah tertata, kayu dikeluarkan agar drum masih memiliki ruang di tengah.

Ruang di tengah drum berguna sebagai ruang pembakaran. Proses pembakaran bisa dilakukan dengan bahan bakar berupa daun-daunan, kertas, kayu, atau minyak tanah yang dibakar terlebih dahulu. Jika api dalam drum sudah menyala dengan baik, drum ditutup dan dipasangkan cerobong asap. Penutup dapat dibuka sewaktu-waktu untuk menambah jumlah tempurung yang akan di masukan ke dalam drum.

Proses pembakaran dianggap selesai saat asap yang keluar dari cerobong sudah keluar dan berwarna kebiru-biruan. Pada saat itu, seluruh lubang ditutup agar tempurung yang ada dalam drum tidak semakin terbakar menjadi abu.

Setelah ditutup, drum dibiarkan agar dingin, pendinginan dilakukan selama kurang lebih 6 jam. Setelah itu, arang yang berada dalam drum disortir. Pasalnya, beberapa tempurung yang biasanya belum terbakar atau tidak terbakar sempurna. Arang yang seperti itu harus dibakar kembali. Sementara, arang tempurung kelapa sudah terbakar sempurna dan sudah kering bisa langsung dikemas dalam karung plastik.

Tempurung kelapa yang digunakan sebaiknya tidak terlalu tua, agar mendapatkan kandungan minyak yang pas. Kelapa yang masih muda memiliki kandungan minyak yang begitu sedikit. Sementara kelapa yang sudah tua terlalu kering untuk dijadikan arang batok kelapa.

Manfaat Arang Batok Kelapa …

arang batok kelapa

Manfaat yang dapat diperoleh oleh orang/masyarakat dengan pembuatan arang batok kelapa adalah dapat mengurangi penggunaan minyak . Dan kita tau persediaan minyak di bumi makin sedikit dan selalu berkurang setiap tahunnya. Maka dari itu penggunaan arang batok kelapa sangat dianjurkan .

Arang batok kelapa sendiri termasuk dalam macam macam briket. Serta sekarang sudah banyak mesin briket arang kelapa yang dapat membantu dalam membuat arang batok kelapa.

Pemberian arang tempurung kelapa pada tanah berguna untuk memperbaiki kesuburan tanah karena memiliki kemampuan dalam memperbaiki sirkulasi air dan udara dalam tanah, menjaga stabilitas kelembaban dalam tanah dan juga dapat meningkatkan pH sehingga mempermudah pertumbuhan dan perkembangan akar tanaman.