membuat coklat cair dari coklat batangan

Banyak orang dari berbagai kalangan dari mulai anak kecil hingga orang dewasa menggemari makanan atau minuman dari olahan coklat. Tapi jika anda harus terus membeli olahan coklat yang sudah jadi di toko, apakah itu tidak menjadi pemborosan. Bukanyanya lebih baik kita membuat coklat cair dari coklat batangan sendiri yang relatif lebih murah.

Selain bisa lebih menghemat, kita bisa menkreasikan coklat dengan berbagai bentuk dan isiannya, supaya tidak bosan saat menikmatinya. Langkah pertama disaat kita akan berkreasi menggunakan coklat adalah mencairkanya. Cara mencairkan coklat juga tidak bisa dilakukan secara asal-asalan.

Jika anda mencairkan coklat dengan cara yang salah, nantinya coklat akan menggumpal, tidak bisa mengeras dengan baik, atau akan gosong. Nah, di bawah ini, kami sudah menyiapkan cara membuat coklat cair dari coklat batangan yang benar.

Cara Membuat Coklat Cair Dari Coklat Batangan

Untuk membuat kue, coklat cair biasanya di pakai untuk di campurkan dengan adonan, sebagai dekorasi kue atau bisa juga untuk topping kue. Jenis coklat yang di pakai adalah jenis cooking chocolate. Jadi jenis cokelatnya berbeda dengan Toblerone. Karena jika coklat olahan sejenis itu, biasnya sudah banyak di campurkan dengan gula dan susu sehingga tidak cocok untuk baking.

Cara Membuat Coklat Cair Dari Coklat Batangan Menggunkan Teknik Double Boiler

Cara mencairkan coklat yang paling bagus adalah dengan cara mengukusnya pada suhu tidak lebih dari 40 °C. Jika suhu terlalu tinggi, hasil dari coklat cair akan gagal seperti berubah warna, berjamur, dan terasa grainy.

Bukan itu saja, nantinya tampilan dari coklat tidak akan mengkilat sehingga coklat menjadi kurang menarik. Saat cokelat di kukus, pastikan tidak ada sedikit pun air atau uap yang masuk ke dalam wadahnya. Metode dengan peleburan uap ini biasa di kenal juga dengan teknik double boiler karena menggunakan dua mangkuk atau wajan tahan panas.

Cara mencairakan coklat menggunakan teknik double boiler adalah sebelum coklat di kukus, iris coklatnya hingga berukuran kecil, kemudian letakan coklat ke dalam wadah stainless steel atau semacamnya. Sediakan panci berisi air, lalu panaskan di atas kompor hingga air mendidih.

Usahakan ukuran panci yang berisi air panas lebih kecil dari pada wadah cokelat, supaya uap air tidak mencampur ke dalam cokelat. Setelah sebagian cokelat mencair, keluarkan wadah dari panci dan aduk sampai semua coklat meleleh dengan merata.

Jangan pakai coklat cair saat masih sangat panas, karena hasilnya akan berwarna butek atau tidak terlalu mengkilat. Anda bisa memakai coklat cair saat suhunya sudah sama seperti suhu tubuh anda. Anda bisa mengecek nya dengan cara di sentuhkan dengan punggung tangan anda, jika anda tidak merasa kepanasan berarti coklat sudah siap untuk di gunakan.

Cara Membuat Coklat Cair Dari Coklat Batangan Menggunakan Microwave

Sebetulnya cara mencairkan coklat bukan hanya dengan di kukus saja, anda bisa mencairkan dengan memanfaatkan microwave. Tapi untuk hasil yang bagus akan sedikit ribet, coklat harus di keluarkan dari microwave setiap 10 detik dan di aduk, lalu di masukan kembali hingga coklat mencair secara merata.

 

Macam-Macam Jenis Coklat

Selain belajar cara membuat coklat cair dari coklat batangan dengan benar, anda juga perlu tahu macam-macam jenis coklat. Agar di saat anda membuat olahan berbahan dasar dari coklat bisa memilih komposisi yang cocok untuk hasil yang sesuai dengan ekspetasi. Berikut ini jenis jenis coklat yang umumnya di gunakan untuk kreasi dari berbahan dasar coklat :

membuat coklat cair dari coklat batangan

White Chocolate

White chocolate atau coklat putih yang tidak memuat kakao sama sekali. Coklat ini di buat dari lemak kakao, gula dan perasa. Oh ya, cokelat putih itu bahkan tidak di anggap coklat oleh para ahli coklat sebelumnya.

Dark Chocolate

Dark chocolate atau coklat hitam bukanlah cokelat yang memiliki rasa paling pahit seperti yang anda pikirkan. Mengandung 70% kakao, rasa yang di hasilkan dari coklat hitam ini pahit, tapi tidak terlalu kental. Sekitar 30% sisanya di tambahkan dengan gula dan susu.

Milk Chocolate

Milk chocolate mengandung kakao yang lebih sedikit, kira kira hanya 10% sampai 40%. Sisanya adalah campuran gula dan susu. Agar lebih enak, cokelat ini di tambahkan dengan vanilla agar menambahkan rasa dan lecithin untuk membuat teksturnya lebih lembut.

Cocoa Powder

Cocoa powder atau tepung coklat di buat dari 100% kakao bebas gula, tapi yang membuatnya berbeda adalah tidak mengandung cocoa butter. Tepung coklat ini juga di pakai untuk campuran makanan penutup dan coklat panas.

Semi-Sweet Chocolate

Pada tingkat yang lebih rendah, ada cokelat semi-manis yang mengandung 40% gula dan 60% sisanya cocoa powder. Coklat ini paling banyak fungsinya, karena enak jika di makan secara langsung dan bisa juga di gunakan untuk di jadikan hidangan penutup, atau bahkan menjadi hiasan.

Unsweetened Chocolate

Untuk yang terakhir yaitu coklat jenis Unsweetened chocolate merupakan cokelat yang di buat dengan 100% kakao dan tidak mengandung gula sama sekali. Untuk membuat tekstur nya lebih kental, Anda memperlukan cocoa butter.

Rasa yang di hasilkan dari jenis coklat yang satu ini adalah pahit, karena sama sekali tidak ada di tambahkan dengan gula atau susu, yang biasnya di pakai untuk campuran makanan penutup yang dipanggang.

 

5 Kreasi Dari Olahan Coklat

membuat coklat cair dari coklat batangan

Cara buat coklat cair dari coklat batangan sudah, jenis-jenis coklat juga sudah tapi belum lengkap rasanya jika kami tidak memberi rekomendasi kreasi olahan coklat yang simple dan bisa anda buat di rumah.

Raw Cake

Raw Cae atau kue “mentah” adalah istilah untuk kue yang di olah tanpa di panggang dan yang memakai bahan nabati. Kue mentah kini banyak di gemari karena tidak memakai bahan hewani, sehingga di anggap lebih sehat. Cara membuatnya pun cukup mudah, pada dasarnya cara membuatnya mirip seperti cara membuat kue keju.

Chocolate Jelly Atau Puding

Rekomendasi kreasi olahan coklat praktis selanjutnya adalah chocolate jelly atau pudding. Olahan ini adalah salah satu yang paling mudah dan sederhana. Buat saja agar-agar atau jelly dengan adonan coklat.

Untuk Jelly coklatnya, gunakan agar-agar dan campurkan bersama coklat batangan yang sudah di iris iris kasar, campur semua bahan dengan air dan masak hingga matang.

Untuk puding coklat, anda bisa menambahkan coklat batangan cincang kasar, gula, tepung maizena, susu, ekstrak vanila, dan krim. Panggang sampai mendidih dan masak, kemudian tuang ke dalam cetakan dan bekukan hingga mengeras.

Chocolate Mousse

Chocolate mousse merupakan salah satu kreasi olahan berbahan dasar coklat praktis dan klasik. Daripada anda membuatnya dengan metode klasik dengan memakai telur yang cukup susah dan rumit, anda juga bisa membuat mousse cokelat sederhana. Pakai whippe cream untuk membuat creamnya.

Chocolate Truffle

Jika anda mau memberi hadiah pada seseorang coklat kotak mini dengan bermacam varian rasa dan isian yang menarik. Anda bisa mencoba salah satu rekomendasi kreasi dari olahan coklat pkratis yang satu ini yaitu chocolate truffle.

Cara membuatnya pun cukup sederhana. Anda hanya butuh menydiakan krim, coklat lumer, mentega dan berbagai isian sesuai selera. Untuk cara membuat makanan coklat lumer nya mirip seperti cara membuat coklat cair.

Coklat Bar Homemade

Kreasi dari olahan coklat praktis yang terakhir adalah coklat bar homemade. Jika anda bosan dengan permen atau coklat batang yang biasanya anda beli di toko-toko. Ini adalah saat yang tepat untuk anda membuat kreasi dari olahan coklat batang sendiri. Caranya cukup sederhana.

Cukup dengan cara mencairkan coklat, cokelat couverture yang telah di cairkan kemudian di bentuk sesuai dengan yang anda mau, sebelum di bentuk dengan macam-macam isiannya.

By sandi

Saya adalah seorang penulis di poskan.com yang selalu antusias mengikuti perkembangan teknologi, khususnya di dunia IT. Saya juga senang belajar hal-hal baru dan dengan senang hati berbagi wawasan seputar dunia bisnis serta tips terkini kepada pembaca