Membuat Keripik Kentang Pedas

pada artikel kali ini saya inggi menjelaskan cara membuat Keripik kentang pedas ialah camilan atau makanan  yang sangat enak sebab itu makanan ini selain enak untuk dimakan begitu saja, keripik kentang ini juga sangat nikmat apabila disantap dengan ditambahkan nasi. Keripik kentang atau yang biasa disebut dengan potato chips ini ialah camilan yang berasal dari pendahulu kita, zaman dahulu dan masih tetap populer hingga sekarang. Rasa yang dimiliki gurih dan renyah membuat banyak orang sangat mengonsumsi makanan ini, pada zaman dahulu keripik kentang dibuat dengan sangat sederhana hingga hanya dengan menggorengnya jika kering kentang pendas kemudian menaburinya dengan garam saja. Namun saat ini karena telah berkembang zaman maka banyak yang membuat keripik kentang dengan berbagai aneka varian rasa. Misalnya saja keripik kentang manis, keripik kentang jagung, rasa balado dan berbagai aneka jenis rasa lainnya. Apalagi jika kalian bisa membuatnya dengan hasil yang enak dan lezat,Ini membuat variasi dari rasa keripik kentang yang pedas  ini tentu akan sangat laku dipasaran. Masyarakat kebanyakan sangat menyukai camilan yang memiliki rasa pedas. dengan menggunakan berbagai bumbu yang sudah tidak asing lagi yaitu cabai segar serta aneka bumbu lainnya akan membuat keripik kentang pedas ini mempunyai rasa yang enak dan renyah.

keripik kentang pedas

Bahan – bahan yang digunakan pun dalam membuat keripik kentang pedas ini pun sangat terjangkau di toko/pasar terdekat dan muda didapat,makanan dari sayur kentang ini sebagai bahan utamanya ini mempunyai harga yang sangat murah. Bahanpun sangat mudah didapatkan selain itu cara membuatnya juga sangat simple. Berikut ini akan kami hadirkan resep untuk membuat keripik kentang pedas renyah yang mudah untuk diterapkan silahkan disimak dengan baik :

Resep Keripik Kentang Pedas 

Bahan :

  • 1,5 kg kentang, pilih kentang yang sudah matang
  • 5 lembar daun jeruk, buang tulang,yang sudah di iris tipis daun jeruk
  • 115 gr gula pasir
  • 7 siung bawang putih, yang sudah di cincang halus
  • 1,5 sdt kaldu bubuk rasa ayam
  • 7 butir bawang merah, iris tipis
  • 45 ml air

Bumbu Halus Keripik Kentang Pedas :

  • 15 buah cabai merah keriting
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 1,5 sdt garam
  • 6 sdm minyak goreng, untuk menumis bumbu
  • 3 buah mata asam jawa, buang biji

Cara Membuat Keripik Kentang Pedas :

  1. langkah pertama, iris tipis – tipis kentang atau serut dari kentang dengan menggunakan alat pasah, kemudian rendam kentang selama 30 menit di dalam wadah yang berisi air serta sedikit garam, setelah itu cuci dan ganti air rendaman dengan menggunakan air bersih tanpa tambahan garam sebanyak 3 x atau sampai air ini menjadi tidak kotor. Hal ini dilakukan karena untuk pada saat penggoreng kentang tidak bisa terpisah dan tidak menggumpal.
  2. Kemudian panaskan minyak yang ada di atas kompor, setelah itu masukan beberapa potongan kentang yang sebelumnya telah ditiriskan, goreng kentang sampai benar benar matang serta kering dengan memakai api yang tidak terlalu besar, angkat dan kemudian tiriskan, lakukan hal ini terus menerus sampai kentang habis.
  3. Kemudian panaskan 6 sdm minyak, masukan bawang merah yang telah dihaluskan serta bawang putih geprek, goreng kentang megunakan mesin pengorengan yang moderen sampai keluar aroma wangi serta matang. Kemudian masukan beberapa bumbu halus serta daun jeruk yang telah sudah dihaluskan tadi, beri sedikit tambahan gula, dan kaldu ayam serta air. Masaklah bumbu sampai air mengental  serta berambut, setelah itu matikan api.
  4. Masukan kentang yang sudah matang tadi,campur kentang dengan bumbu halus dan aduklah sampai benar benra bumbu ini merata, keripik kentang pedas pun telah siap untuk disajikan.

Demikianlah pembahasan kita untuk membuat keripik kentang pedas. Informasi yang sudah saya berikan semoga bisa memberikan manfaat dan menjadi inspirasi pembaca dalam memulai bisnis keripik kentang yang berkualitas. Semoga berhasil.