Membuat Keripik Kentang Renyah

keripik kentang

Dalam artikkel berikut ini saya akan memberikan cara membuat keripik kentang renyah dan tips  pengolahanya.Keripik kentang menjadi salah satu camilan atau makanan  paling digemari dan favorit untuk saat ini. Bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja jika kalian mau, keripik kentang tak pernah akan pernah bikin bosan bagi kosumen. Selama ini kita mungkin memilih untuk beli keripik kentang di toko oleh oleh/atau di sekitar rumah yang sudah jadi, tapi kalau mau ingin lebihhemat dan juga kalian akan mendapat ilmu,kalian bisa bikin keripik kentang sendiri di rumah bersama keluarga.

keripik kentang renyah

Untuk membuat keripik kentang  yang memiliki rasa garing dan renyah, ada cara tersendiri. Ada sejumlah cara yang bisa kita lakukan untuk membuat keripik kentang yang  memiliki rasa enak dan renyah. Selengkapnya, yuk ikuti tipsnya di bawah ini.

Tips Membuat Keripik Kentang Renyah:

1. Pilih kentang yang sudah tua

Saat anda memilih kentang, pilih yang memiliki kulitnya mulus dan bertekstur keras. Sebisa mungkin pilih yang sudah tua, bukan bisa yang masih muda atau kehijauan. Apa ciri yang paling bisa kita ketahui dari kentang yang sudah tua? Cirinya adalah kulit nya tidak mudah terkelupas.

2. Iris kentang dengan pisau tajam

Gunakan pisau yang tajam untuk mengiris kentang agar tidak mudah rusak. Kentang bisa jadi lembaran yang sangat tipis bila diiris cara yang benar dan memgunakan pisau  yang tajam. Kentang akan sangat renyah bila  cara mengirisannya sampai membentuk lembar transparan.

3. Rendam dengan larutan kapur sirih

Ini dia kunci utama dari pembuatan keripik kentang, untuk membuat keripik kentang renyah dan gurih. Kita bisa merendam irisan kentang kedalam larutan  daun kapur sirih. Rendam  kurang lebih selama 25  menit, tujuannya agar lapisan kentang bisa lebihpada dan mengeras. Sehingga saat digoreng mengunakan mesin vaccum fraying dapat menghasilkan keripik kentang yang garing dan renyah. Setelah selesai direndam, tiriskan kentang sampai benar benar kering. Setelah itu kita bisa menggorengnya.

4. Goreng dengan minyak banyak (deepfrying)

Siapkan wajan dan penggorengan dengan minyak yang sangat  banyak. Agar keripik kentang yang digoreng bisa menhasilkan rasa yabg crisp saat di digoreng bisa terasa renyah dan krispi,kalian sangat perlu menggunakan banyak minyak untuk menggorengnya.

5. Keripik digoreng dua kali

Teknik ini juga bisa dicoba untuk menghasilkan keripik kentang yang memiliki rasa garing dan renyah. Pertama goreng kentang sampaibenar benar garing tapi tak,jangan terlalu matang. Setelah itu tiriskan terlebih dahulu menunggu kentang sudah kering. Kemudian goreng kembali kentang di wajan dengan minyak baru yang banyak dan panas hingga benar benar matang. Angkat dan tiriskan.

Langkah – Langkah Membuat Keripik Kentang Renyah

Bahan-bahan Membuat keripik kentang renyah

  1. 1,5 kg kentang
  2. 2 sdm cuka
  3.  air es dan es batu secukupnya
  4. air bersih untuk cuci kentang secukupnya
  5. minyak goreng secukupnya
  6. Bahan bumbu
  7. 1 siung bawang putih geprek
  8. 1 sdt garam
  9. 100 ml air

Langkah – langkah membuat keripik kentang renyah

  1. Cuci kentang hingga besih, kupas kentang hingga kulit kulit benar benar hilang, dan rendam dalam air agar kentang tidak berwaarna coklat karena teroksidasi

  2. Iris tipis kentang dengan alat pemotong keripik atau dengan mengunakan pisau biasa juga bisa.

  3. Setelah teriris tipis rendam kembali dalam air bersih, biasanya air akan berwarna keruh oleh getah kentang. Lalu cuci kentang sampai benar benar bersih dan air rendaman jadi bening cuci kurang lebih 5x.

  4. Setelah kentang benar benar bersih, rendam kentang mengunakan air bersih lagi dan tambahkan 1,5 sdm cuka dapur, diamkan selama 15 menit

  5. Setelah 15 menit biasanya potongan  kentang jadi lebih kaku dan lebih keras menguat, cuci kembali hingga benar benar bersih. Lalu siram potongan kentang dengan air es dan es batu

  6. Campurkan bahan bahan bumbuyang sudah dihakuskan, lalu tuang dalam botol spray, jika tidak ada botol tidak apa nanti bisa ditaburkan saja

  7. Sebelum memulai menggoreng tiriskan kentang dengan wadah yang berlubang agar air cepat menhilang atau saringan agar air asat. Proses meniriskan potongan kentang bertahap,jadi yang ditiriskan langsung dalam proses mengoreng.

  8. Goreng kentang dengan mesin vacum fraying Panaskan minyak dengan api yang besar, setelah minyak panas turunkan besar api ke api sedang cenderung kecil. Masukkan potongan kentang, sambil sesekali diaduk agar kentang tidak saling menempel. Setelah keripik setengah matang dan agak kering campur bahan bumbu atau sebarkan  bumbu ke dalam wajan. Kemudian Balik keripik kentang dan goreng keripik hingga kuning agak kecoklatan sedikit.

  9. Angkat keripik kentang dan tiriskan dengan tissue penyerap minyak. Setelah suhu ruang simpan keripik kentang dalam toples tertutup rapat.dan siap dinikmati

    Membuat makana keripik kentang ini sangat sederhana dengan modal yang kecil namun dalam bentuk usaha keuntungan dari keripik kentang  yang didapat cukup besar dan mampu balik modal dalam waktu yang cukup singkat. Dalam membuat usaha keripik kentang harus benar benar diperhatikan jika sudah benar Anda akan menghasilkan keuntungan hanya dalam waktu yang singkat kurang lebih 2,5 bulan saja.

    Itu tadi adalah artikelmembuat keripik kentang yang dapat menguntukan sangat bagi yang mempunyai usaha penjualan atau punbisnis oleh oleh.Pada dasarnya resep ini sangat mudah untuk dibuat dan semua kalangangan bisa membuatnya. Bahan-bahannya murah, serta proses pengolahan  juga tidak terlalu rumit.Tidak hanya itu saja tetapi, bisa bermanfaat bagi anda semuanya.itulah sedikit pembahasan dari resep keripik kentag renyah,apabila ada salah kata mohon maaf terimakasih sampai bertemu di next artike