Cara Membuat Resep Bakmi Jawa Nyemek Super Lezat

mie goreng nyemek

Bakmi jawa atau mi jawa adalah bakmi rebus yang dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa terdapat variasi mi goreng dari bakmi Jawa. Berikut cara membuat resep bakmi jawa nyemek super lezat.

 

Mie Goreng nyemek

mie goreng nyemek

Bakmi Nyemek atau Mi Nyemek adalah bakmi rebus. Istilah nyemek sendiri berasal dari Bahasa Jawa Sumpiuh Bakmi Nyemek sebenarnya hampir mirip dengan bakmi kuah, tetapi kuahnya lebih sedikit.

 

 

Cara Membuat Mie Goreng Nyemek

 

Bahan-bahan :

  • 1 bngkus indomie goreng (yg biasa)
  • 1 sdm saus sambal
  • 1 siung bawang putih (iris halus)
  • 1 siung bawang merah (iris)
  • 3 buah cabe rawit merah (iris & sesuai selera
  • 1 btg daun bawang (rajang kasar)
  • 1 butir telur
  • 1/2 air gelas kecil (disesuaikan saja)
  • Minyak goreng

 

Cara membuat :

  1. Rebus mie instan seperti biasa jangan terlalu matang. Kalo memakai sayuran rebus bisa sekalian tuangkan bersama mie tiriskan sekalian.
  2. Siapkan sedikit minyak goreng lalu tuangkan sedikit saja, masukkan bawang putih dan bawang merah. Tumis hingga layu. Lalu masukkan cabe, tumis juga hingga layu
  3. Masukkan telur. Orak arik. Lalu masukkan daun bawang. Aduk aduk.
  4. Tambahkan bahan-bahan saus sambal, tomat, bumbu mie instan, dan air. Airnya disesuaikan saja ya terserah. Aduk dan biarkan hingga mendidih.
  5. Jika sudah mendidih, lakukan tes rasa. Dan apabila jika rasanya sudah pas tidak usah ditambah garam maupun lada. Lalu masukkan mie.
  6. Aduk sebentar spy bumbu meresap. Lalu matikan kompor. Siap dihidangkaaan~

 

Tips Memilih Mie Yang Baik

tips untuk memilih mie yang layak dikonsumsi :

  • Pilihlah mie yang bertekstur lembut halus dan tidak bertekstur kaku.
  • Pilihlah mie yang warnanya kuning alami, bukan yang berwarna kuning mencolok sangat terang karena kemungkinan menggunakan perwarna buatan.
  • Remaslah mie, jika saat mie diremas berbentuk masih menyatu atau hancur berarti mie dalam keadaan segar tanpa formalin dan bahan pengawet lainya.
  • Tetapi jika setelah diremas masih berbentuk tetap dan lentur berati mie tersebut mengandung formalin.
  • Peganglah mie, jika di dalam mie mengandung banyak minyak maka mie melekat di tangan kita artinya mie tidak mengandung formalin. Sedangakn apabila minyak tidak melekat di tangan kita artinya mie mengandung formalin.
  • Sebelum di masak sebaiknya mie direbus atau di rendam dengan air panas terlebih dahulu lalu buanglah air rebusannya.

 

Nah setelah melihat sejarah teresebut saya ada barang bagus nih buat para ibu – ibu yang suka masak – masakan yang dipanggang, dengan menggunakan panggangan sosis ini para ibu akan lebih mudah memanggang dan tentunya lebih enak dipandang.

 

jenis-Jenis Mie

Suun / Cellophane noodles.

Dibuat menggunkan campuran tepung kentang dan tepung kacang hijau. Teksturnya sangat lembut dan lunak, cocok untuk bahan olahan untuk membuat sop, Suun biasanya di jual dalam bentuk kemasan yang kering, rendam di dalam air panas sampai lembut lalu baru kemudian siap diolah menjadi berbagai macam aneka masakan.

Mie Telur.

Dibuat dari jenis tepung terigu dan jenis hard wheat dan diperkaya dengan telur. Biasanya dijual dalam keadaan kering dan bentuknya bulat maupun pipih.

Mie Hong Kong / Hokkien Noodles.

Bentuknya menyerupai mie telur bulat dan mi nya halus. Biasanya dijual dalam kondisi yang basah dalam kemasan kedap udara. Mie ini biasanya cocok untuk dibuat dalam aneka masakan seperi mie goreng atau mie rebus.

Ramen.

Dijual dalam kondisi yang kering dalam kemasan mie instan. Sangat cocok diolah sebagai menu mie goreng atau mie kuah.

Kwetiau / Rice stick noodles. 

Dibuat dari terpung beras dan air. Di pasaran terdapat banyak sekali dapat kita jumpai dalam bentuk kering dan basah. Kwetiau sangatlah cocok untuk dibuat kwietiau goreng maupun kuah.

 

 

Demikian informasi yang kami sampaikan dalam artikel ini tentang Cara Membuat Resep Mie Jawa Nyemek Nikmat. anda juga bisa membuat Cara Buat Jamu Beras Kencur dan Khasiatnya dan bisa juga membuat Resep Masakan Bakmi Jawa Goreng