Mode AC Hemat Listrik Agar Listrik Tidak Membengkak

mode ac hemat listrik

Anda sering melakukan kesalahan saat menggunakan AC? Tagihan listrik jadi membengak? Fiks anda wajib mengetahui mode ac hemat listrik dibawah ini !

Di Indonesia, penggunaan AC bukan jadi hal yang mewah lagi. Hampir di setiap rumah-rumah, tempat perbelanjaan, perkantoran, hingga kamar kos pun udah banyak yang dipasangi AC untuk bikin sejuk ruangan.

Selain membuat Anda merasa tidak nyaman, cuaca panas ini dapat menimbulkan gejala sakit kepala, pusing, dan mual. Pada saat – saat seperti itu, cara tercepat dan terampuh untuk menangani kesusahan itu adalah dengan menyalakan AC.

Tapi, banyak orang yang sering keliru mengoperasikannya, yang mana bikin listriknya tersedot banyak. Maka dari kesalahan itu anda perlu memperhatikan mode ac hemat listrik yang dapat membantu pengeluaran listrik anda.

Namun, perlu Anda ingat bahwa seiring dengan meningkatnya frekuensi penggunaan AC, biaya tagihan listrik pun cenderung menjadi semakin mahal. Dan kebersihan pada AC juga mempengaruhi tagihan listrik anda, solusi dari kami gunakan jasa service ac jogja untuk perawatan AC anda.

Mode AC Hemat Listrik

mode ac hemat listrik

1. Gunakan Mode Dry

Mode dry pada AC inilah yang menjadi salah satu solusi agar AC tidak menjadi penyebab tagihan rumah menjadi bengkak. Mode dry ini adalah fitur pada AC yang bisa menjaga kelembaban pada ruangan.

Selain menjaga kelembaban ruang, mode dry ini juga tentunya berfungsi untuk mendinginkan ruangan. Cara kerja mode dry pada AC ini adalah dengan membuang kelembaban pada ruang dan tetap menjaga ruangan sejuk dan kering.

Suhu yang dihasilkan di sini stabil dengan perputaran angin yang tidak putus. Inilah yang menjadi rahasia dimana mode dry menjadi lebih hemat daya listrik dan tidak membuat tagihan listrik di rumah membengkak.

2. Gunakan Mode Auto

Banyak yang mengatakan bahwa menggunakan Auto Mode pada AC Split merupakan hal yang bisa dikatakan pemborosan. Namun fakta yang ada ketika AC mati secara otomatis dalam Auto Mode, maka daya listrik yang diperlukan untuk AC nyala kembali tidak sebesar ketika Anda mematikan  atau menghidupkan AC langsung dari remotenya.

Hal inilah Auto Mode justru menyesuaikan temperature AC yang ada dan juga akan lebih hemat energi. Maka dari itu gunakan mode ‘Auto’ akan membantumu mengatur suhu jika suhu ruangan sudah sejuk.

3. Jangan Buru-Buru Menyalakan AC

Apabila AC baru saja mati tiba-tiba karena listrik padam atau anda tidak sengaja memencet tombol off, jangan langsung menyalakan AC kembali. Anda pasti tahu kenapa alasannya, ya pasti listrik akan tersedot banyak saat AC dinyalakan.

Sebaiknya, tunggu dulu sampai 5-10 menit kemudian agar oli kompresor dan gas freon beristirahat sejenak. Cara ini sangat efektif memperpanjang umur AC, pun lebih hemat listriknya.

4. Gunakan Mode Sleep

Bisa kita gunakan mode “sleep”, yang mampu mendinginkan ruangan sesuai kinerja lalu setelah tercapai temperatur yang kita inginkan, maka kipas (fan) semakin rendah kecepatannya yang membuat suara semakin tidak berisik dan hemat listrik. Setting temperatur malam sebaiknya 20 – 25 derajat C. Anda juga perlu memperhatikan tips ac untuk kamar tidur anda.

5. Gunakan Program Clock ON – OFF

Program Clock ON-OFF artinya menghidupkan dan mematikan AC secara otomatis mengikuti setting waktu yang telah anda tentukan sebelumnya. Awalnya harus mensetting waktu saat ini, lalu mengOFFkan pada malam hari (misalkan pukul 13:00) dan mengONkan menjelang pagi (misalkan pukul 03:00).

Setahu kami, kedua program di atas dimiliki oleh hampir semua merek, coba diperhatikan dan praktekkan semua tata cara penggunaannya. selamat mempraktekkan dan anda juga bisa menikmati tidur yang nyaman dan berasa hemat dikantong

Demikian beberapa mode ac hemat listrik yang wajib kalian ketahui, jangan lupa diterapkan ya teman – teman. Dan jangan lupa dibagikan ke teman atau orang terdekat anda. Jika anda ingin melakukan maintenance, bisa menggunakan jasa service ac jogja.