budidaya bawang merah

Usaha Budidaya Bawang Merah, Bawang merupakan salah satu komoditas hortikultura atau bahan bumbu pangan yang memiliki nilai komersial tinggi. Bagi masyarakat Indonesia bawang merah dikenal memiliki banyak sekali kegunaan dan manfaat dalam kehidupan keharianya. Adapun yang paling utama yaitu digunakan sebagai bumbu utama masakan.

Maka dari itu, petani bawang merah pun masih cukup banyak sekali. Sebab satu tujuan ini juga memberikan kontribusi tertentu yang dijanjikan dan menguntungkan di wilayah tertentu. Nah, meski nilai komersialnya tinggi, namun budidaya bawang merah juga memiliki risiko yang sanggat tinggi.

Jadi, untuk mengantisipasi risiko buruk dan memulai budidaya dengan baik dan konsisten, simak ulasan berikut ini.

Tips Penting Memulai Usaha 

Jika Anda hendak memulai usaha budidaya bawang merah, maka belajarlah terlebih dahulu hal-hal yang dirasa penting. Dengan begitu ketika sudah terjun ke dunia usaha budidaya bawang ini, Anda dapat menjalankan bisnis dengan lebih lancar. Nah, untuk itu berikut akan dijelaskan beberapa tips dan trik strategi sebelum memulai budi daya  bawang:

1. Gunakan Bibit Bawang yang Bagus dan Berkualitas Untuk Memulai Usaha Budidaya Bawang Merah

Hal paling utama yang penting untuk diperhatikan adalah pemilihan bibit. Tanaman yang unggul tentu berasal dari bibit yang bagus dan berkualitas tinggi. Untuk memakai umbi, Anda sebaiknya menggunakan yang sudah berumur atau sudah siap panen. Adapun ciri-ciri bibit yang berkualitas bagus yaitu berukuran 1,5 – 2 cm, warna merah tua dan mengkilap, umbi tidak cacat, bentuknya bagus dan bobotnya tidak terlalu ringan.

2. Pengolahan Lahan Dengan Baik

Di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk memulai usaha budidaya bawang. Jadi, dalam proses pengolahan lahan, pastikan Anda melakukannya dengan benar dan baik. Sebab dalam proses budi daya, proses pengolahan ini akan sangat penting bagi tumbuh kembang bawang merah. Jadi, lakukan proses-proses awal penggarapan lahan dengan sungguh-sungguh agar proses berikutnya juga berjalan dengan lancar.

3.Meningkatkan Jangkauan Pelanggan Adalah Kunci Sukses Budidaya Bawang Merah

Agar pemasaran bawang Anda berjalan dengan lancar, maka coba untuk melakukan promosi secara optimal. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya secara online. Cinta menarik perhatian pelanggan melalui medsos.

Anda bisa mencoba menawarkan bawang merah melalui whatsap, Instagram, Facebook, atau Twitter. ada media sosial yang efektif dan interaktif untuk menjual. Bahkan Anda juga bisa menjualnya lewat online shop seperti tokopedia dan shopee.

Baca Juga : Menguntungkan, Cara Bisnis Bawang Merah

Cara Budidaya Bawang Merah Dirumah

Jika tidak memiliki lahan tanam yang luas, alternatif pertama menggunakan media polybag. Penggunaan polybag ini dapat menjadfi media tanam jika lahan tidak luas namun tetap ingin menanam atau memproduksi bawang. langkah lanhgkahnya cukup mudah dijangkau sebagai berikut;

1. Siapkan Bibit, Dan Media Tanam

Sama seperti cara bertani bawang putih menggunakan pot, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bibit bawang putih yang berkualitas. Cara pemilihan bibit yang bagus bisa kamu ikuti sesuai dengan cara yang tertulis di atas tadi. Setelah itu siapkan media tanah. Tanah yang harus dipilih adalah tanah yang bercampur dengan media tanam berupa pasir, sekam padi, dan pupuk.

2.Masukkan Polibag Tanah Ke Dalam.

Masukkan tanah yang sudah dicampur dengan media tanam ke dalam polybag yang sudah disiapkan, lalu tanam bawang putih sedalam dua hingga tiga cm. Saat menanam bawang putih, pastikan ujung runcing bawang putih menghadap ke atas agar tumbuh ke atas bukan ke arah samping. Lalu tutupi lagi atasnya dengan media tanah.

3. Siram dan Beri Pupuk Secara Rutin

Selanjutnya, masuk ke dalam proses perawatan bawang. Siram secara rutin dengan mengikuti panduan dan cara menyiram tanaman yang benar. Cara termudah untuk merawat tanaman yang tepat adalah dengan menyiram air secukupnya, tidak kurang dan juga tidak berlebih. Waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah pagi atau sore. dan pada waktu-waktu ini tanaman sedang dalam suhu yang tidak terlalu tinggi sehingga sangat cocok. Jangan lupa juga untuk memberi pupuk seminggu sekali, dan letakan di paparan sinar matahari yang cukup.

4. Tunggu Bawang Putih Tumbuh Lalu Siap Dipanen

Pada umur 12 sampai 15 hari, biasanya daun akan mulai tumbuh dan muncul. Jika ada hama, segera basmi dengan menggunakan abu gosok atau obat pembasmi hama lain. Jangan sampai hama tersebut merusak tanaman bawang putih yang anda tanam tersebut. Umumnya, bawang putih siap dipanen pada usia 90 sampai dengan 100 hari.

 

 

Demikian informasi menarik mengenai Budidaya Bawang Merah. Nah, bagi Anda yang tertarik serta ingin mencoba untuk Budidaya Bawang, jangan lupa untuk selalu memakai bibit yang berkualitas.

Semoga dengan artikel yang telah kami sampaikan mengenai Budidaya Bawang Merah di atas bisa bermanfaat serta berguna untuk Anda.

Semoga informasi ini dapat memberi referensi untuk referensi Anda yang saat ini masih bingung dalam mencari maupun memilih usaha. Tips maupun trik apa yang sesuai untuk Anda jalani. Terima kasih semoga bermanfaat

 

By tuta

Dalam peran saya sebagai penulis di poskan.com, saya sangat tertarik dengan perkembangan teknologi, terutama di bidang teknologi informasi. Saya senang untuk terus belajar dan dengan senang hati berbagi wawasan seputar bisnis dan tips terkini dengan pembaca.