Apa Saja Olahan Makanan Dari Singkong

Hampir seluruh masyarakat mengetahui apa itu Singkong, tentu tidak asing lagi jika mendengar yang namanya singkong. Bahkan dibeberapa daereah singkong atau umbi-umbian ini dijadikan sebagai makanan pokok menggantikan nasi putih.

Singkong atau ketela, merupakan salah satu jenis dari tanaman umbi-umbian yang terkenal sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya dijadikan sebagai sayuran. Ketika masih mentah daging singkong memiliki tekstur yang keras dengan warna kulit yang berwarna cokelat tua agak kehitaman. Manfaat Buah Semangka

Sebagai sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, singkong sering diolah menjadi berbagai macam olahan makanan seperti singkong rebus atau singkong goreng. Selain kedua olahan tersebut, masih banyak kreasi lainya dari berbagai daerah indonesia.

Olahan Makanan Dengan Bahan Dasar Singkong

1. Tiwul Singkong

Olahan singkong yang satu ini merupakan makanan khas Gunungkidul. Tiwul terbuat dari tepung gaplek, yaitutepung yang terbuat dari singknog yang dikeringkan lalu ditumbuk. Kuliner khas Indonesia salah satu nya gunung kidul ini mempunyai cita rasa manis khas singkong dengan warna kecokelatan. Biasanya tiwul disajikan sebagai makanan pengganti nasi. Tidak hanya daerah Gunungkidul, masyarakat Wonosobo, Pacitan, Blitar Dan Wonogiri juga mengonsumsi makanan ini sehari-hari.

2. Timus Singkong

Salah satu jajanan tradisional Indonesia yang keberadaannya mulai jarang terlihat, yaitu timus singkong. Bahan dasar nya ialah singkong parut serta kelapa parut yang membuat kuliner manis satu ini begitu enak saat disantap. Warna merah kecokelatan pada timus berasal dari gula merah yang dicairkan dan diaduk dengan adonan dan menyatu saat dikukus.

3. Combro / Misro Singkong

Nama combro ini merupakan singkatan dari oncom dijero yang artinya oncom didalam. Kuliner khas Jawa Barat ini terbuat dari singkong yang diparut kasar yang kemudian diisi dengan oncom di dalamnya dan digoreng. Beda combro dengan misro adalah  isinya, combro isinya oncom, sedangkan misro isinya gula merah.

4. Gethuk Singkong

Gethuk adalah makanan yang populer di kalangan masyarakat jawa tengah dan jawa timur, saking populernya makanan ini dibuatkan lagu sesuai dengan namanya gethuk merupakan makanan yang terbuat dari singkong. Kuliner manis ini dibuat dari bahan sederhana yaitu singkong rebus dan ditumbuk halus biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut.

5. Sawut Singkong

Makanan yang berbahan dasar singkong yang satu ini juga sudah mulai jarang terlihat. Kue sawut sebenarnya adalah salah satu cemilan dari Jawa Tengah yang berbahan singkong parut kasar sebagai bahan dasarnya. Parutan inilah yang menghasilkan tekstur sawut atau seperti serabut. Sawut singkong juga disajikan dengan parutan kelapa di atasnya.

6. Tape (Tapai)

Tape atau yang juga dikenal dengan sebutan Tapai oleh orang minang ini merupakan makanan berasal dari hasil olahan singkong yang difermentasi. Bahan untuk membuat tapai ini adalah ragi sebagai bahan fermentasi agar memiliki tekstur singkong yang lunak dengan cita rasa manis dan agak asam.

7. Lemet

Jajanan tradisional ini dikenal dengan nama lemet singkong dengan menggunakan parutan singkong, kelapa dan gula pada pembuatannya. Lemet memiliki tekstur kenyal dengan perpaduan rasa manis dari gula merah. Bentuknya sama seperti lontong yang dibungkus dengan daun pisang namun tanpa sematan lidi.

8. Cenil

Makanan yang berbahan pati singkong ini semakin sulit ditemukan pada saat sekarang ini. Cenil ini memiliki rasa yang tidak kalah oleh makanan lain. Bentuknya bulat-bulat kecil atau kotak dan diberi warna makanan sesuai selera sebelum direbus hingga matang. Selain itu, biasanya diberi dengan parutan kelapa dan disiram dengan gula merah cair.

9. Keripik Singkong ( Karupuak Sanjai )

Cemilan yang satu ini pasti sudah familiar, keripik ini terbuat dari singkong yang diiris sangat tipis, digoreng dan kemudian diberi bumbu beraneka macam rasa, keripik sanjai balado yang berasal dari Padang merupakan varian keripik singkong yang digemari oleh banyak orang.