pakan pengganti buat ayam broiler

Pakan pengganti buat ayam broiler kini bisa didapatkan dari bahan yang ada di sekitar kita. Ayam broiler atau ayam pedaging merupakan jenis ayam yang sering kita konsumsi.

Dalam masa pertumbuhannya ayam broiler mengonsumsi bahan pakan jadi dan jagung sebagai bahan pakan utama. Ditambah dengan bantuan konsentrat agar pertumbuhan ayam lebih cepat untuk memenuhi permintaan pasar.

Sebelum itu mari kita mengenal apa itu ayam broiler??.

 

Pengertian Ayam Broiler

Ayam broiler merupakan ras ayam pedaging yang berasal dari hasil persilangan bangsa ayam dengan daya produktivitas tinggi khususnya dalam produksi daging ayam. Hasil persilangan tersebut menjadi sistem berkelanjutan hingga mutu genetik-nya bisa dikatakan baik.

Bisa dikatakan bahwa ayam broiler merupakan ternak ayam yang paling ekonomis dibanding yang lain. Kelebihan yang dimiliki adalah kecepatan pertambahan bobot tubuh yang meningkat dalam jangka waktu yang relatif cepat.

Waktu pertumbuhan juga relatif pendek sekitar 4 hingga 5 minggu, sehingga cepat untuk pemanenan. Pakan yang diperlukan pun kecil, dan siap potong pada usia muda dan dapa menghasilkan daging dengan kualitas baik.

 

Jenis Usaha Ayam Broiler

pakan pengganti buat ayam broiler

1. Usaha Mandiri

Peternakan mandiri merupakan jenis peternak yang mampu menyelenggarakan usaha ternak degan modal sendiri dan tidak terikat dalam penjualan hasilnya ke pasar.

Keuntungan dan kerugian dalam peternakan ini ditanggung peternak sendiri seluruhnya. Pendapaatn peternakan ayam pedaging dipengaruhi oleh faktor-faktor produksi seperti bibit ayam, pakan, obat, vaksin, vitamin, tenaga kerja, kandang, biaya listrik dan peralatan.

Pada dasarnya peternakan mandiri menyediakan seluruh input produksi dari modal dan bebas untuk pemasaran hasilnya. Perlu diketahui bahwa semua keuntungan dan resiko ditanggung peternak seutuhnya.

2. Kemitraan

Peternakan kemitraan adalah jenis peternakan yang terjadi karena adanya kerja sama antara perusahaan peternakan selaku mitra usaha inti dan peternak rakyat sebagai mitra usaha plasma. Dan diikat dalam sebuah ikatan kerja sama.

Dengan kemitraan diharapkan kesetaraan hubungan antara peternak dan mitra usaha terjalin dengan baik, sehingga mengurangi resiko usaha dan terjaminnya harga pasar dari hewan yang diternakkan.

Kerja sama yang dimaksudkan dalam peternakan kemitraan ini adalah suatu kerja sama yang bisa menghasilkan keuntungan dan manfaat untuk kedua belah pihak.

Peternak menerima selisih dari perhitungan hasil peternakan. Peternak mengikuti pola kemitraan dengan menyediakan kandang, tenaga kerja, listrik, dan peralatan. Sedangkan kemitraan menyediakan bibit ayam, obat-obatan, bimbingan teknis, dan pemasaran hasil.

Bila mengalami kerugian, maka risiko yang ditanggung oleh kemitraan hanya berupa biaya bibit, pakan dan obat. Keberhasilan ini sangat bergantung pada kepatuhan kedua belah pihak dalam menjalankan etika bisnis.

 

Pakan Pengganti Buat Ayam Broiler

Jika anda termasuk peternak ayam broiler dalam jenis peternakan mandiri, mungkin dengan memberikan pakan ayam dengan pakan jadi akan menjadi suatu masalah ekonomi yang menyulitkan.

Harga yang dipatok untuk membeli pakan jadi memang cukup menguras isi dompet. Belum lagi memikirkan biaya tagiahn listrik, obat-obatan, tenaga kerja dan air. Maka akan lebih sedikit keuntungan yang didapat. Atau mungkin saja malah mendapat kerugian.

Tapi tenang saja kita bisa memanfaatkan bahan pakan yang ada disekitar kita untuk dijadikan bahan pakan ayam broiler. Berikut pakan pengganti buat ayam broiler.

Baca juga : Cara Tanam Jagung Manis

1. Dedak Padi

Dedak padi merupakan hasil samping dari penggilingan padi. Dedak padi ini sudah umum dijadikan bahan pakan peternak karena kandungan gizi yang dimiliki, dengan harga yang cukup murah dan mudah diperoleh.

Khususnya peternak ayam broiler menggunakan pakan dedak karna kandungan asam amino yang tinggi baik untuk pertumbuhan ayam.

Kalori yang dimilikinya pun juga besar, namun dedak sangat mudah berbau tengik dan menggumpal. Jika sudah berbau tengik maka sudah tidak bisa dikonsumsi oleh ayam karena kualitasnya menurun.

Untuk itu dalam pembelian dedak tidak disarankan dalam jumlah yang banyak karna faktor penyimpanan yang terlalu lama akan berakibat dedak menjadi bau.

Penyimpanan terbaik maksimal 6 minggu untuk mencegah kualitas menurun. Dan lebih baik segera dihabiskan maksimal 5 minggu setelah pembelian.

2. Pelet

Pelet merupakan jenis makanan jadi yang telah mengalami pembentukan sedemikian rupa dari bahan pakan utuh. Pelet menjadi salah satu pakan favorit ayam.

Berbanding terbalik dengan dedak, pelet memiliki masa simpan yang lebih lama dan tidak mudah busuk.

Pemberian pelet biasanya diberikan pada ayam yang sudah dewasa. Dengan harga yang terjangkau, maka pelet menjadi pilihan hemat dengan nilai ekonomis yang lebih.

3. Tepung-Tepungan

Di pasaran terdapat beragam jenis tepung-tepungan, salah satunya adalah tepung tulang. Tepung tulang memiliki unsur kalsium dan fosfor yang sangat banyak, unsur-unsur tersebut sangat bagus bagi sendi-sendi dan tulang ayam broiler.

Selain jenis tepung tulang, jenis tepung lainnya yakni tepung ikan. Tepung ikan merupakan tepung yang berasal dari hasil olahan daging ikan yang digiling. Tepung ikan memiliki kadar protein mencapai 680 gram per kilogramnya. Wow.

.