Bawang batak merupakan salah satu jenis daun onion yang juga cukup populer di kalangan bawang merah. Bawang batak sangat mudah ditemukan apalagi banyak dimana-mana.

Banyak orang menyebut hobo onion dengan nama kucai, tapi ada juga yang menyebutnya bawang batak.

Hobo Onion banyak ditemukan pada masakan khas Batak, salah satunya adalah arsik. Karena itulah disebut bawang batak. Padahal bawang merah juga banyak digunakan pada makanan daerah lain, misalnya di Bogor.

Bawang Batak

bawang batak

Penjelasan Bawang Batak

Namun karena memiliki bentuk yang mirip dengan kucai, terkadang bawang batak disebut juga kucai muda. Bawang bombay memiliki bentuk seperti daun bawang, namun dengan ujung tangkai yang lebih panjang, daun kecil yang panjang dan warna umbi cenderung putih. Jadi daun bawang ini terlihat kecil dengan.

Bawang batak juga digunakan untuk menumis ayam, ikan, atau daging, untuk menghilangkan bau dari makanan tersebut. Namun sebelum diolah, hobo onion harus dikupas dan dibersihkan seperti membersihkan daun bawang atau bawang merah terlebih dahulu hingga muncul umbi-umbian kecil.

Bawang batak sangat mudah ditemukan di pasar tradisional dan supermarket. Hobo Onionjuga memiliki harga yang cukup murah.

Biasanya hobo onion dijual dalam bentuk bundel karena umbinya kecil dan daunnya kering, namun bawang bombay memiliki rasa yang renyah dan harum.

Nah, untuk kesehatan, hobo onion juga mengandung vitamin dan mineral yang tidak tertukar dengan jenis onion dan daun onion lainnya. Daun hobo onion kaya akan lutein sebagai agen karoten.

Kucai juga menyuplai vitamin C dan K, kalsium, serat, folat, dan zat besi. Vitamin K berfungsi membantu pembekuan darah. Nutrisi lainnya adalah vitamin A dan B6, asam folat, likopen, kalium, dan zeaxanthin.

Meski semua varietas hobo onion rendah kalori, namun kandungan gizinya berbeda-beda. Bawang batak sebagai sumber kolin yang baik. Beberapa peneliti menemukan berbagai Onion merah mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat.

Manfaat

Baik Untuk Kesehatan Mata

Hobo onion merupakan sayuran yang kaya akan vitamin. Hobo onion segar banyak mengandung vitamin A dan beta karoten. Vitamin A membantu meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan mata.

Mencegah Penuaan Dini

Hobo Onion mengandung zeaxanthin yang memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini dan mencegah katarak. Selain itu kandungan flavonid di dalamnya dapat mencegah terjadinya kanker paru-paru dan kanker mulut.

Sumber Vitamin K.

Kandungan vitamin K pada kucai dapat menguatkan tulang. Vitamin K dapat meningkatkan produktivitas hormon osteotropik pada tulang yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Vitamin K juga mampu mencegah kerusakan saraf otak dan mencegah penyakit Alzheimer.

Tingkatkan Kesuburan

Bawang segar kaya akan folat dan vitamin C. Folat membantu meningkatkan kesehatan janin selama kehamilan dan juga meningkatkan kesehatan reproduksi baik bagi pria maupun wanita. Sedangkan vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat menangkal serangan penyakit.

Kaya akan Mineral

Bawang batak merupakan sumber berbagai jenis mineral seperti zat besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, dan kalium. Kalium bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Kalsium bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Sementara itu, tembaga dan besi membantu produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Membantu Proses Pertumbuhan

Kandungan protein pada hobo onion juga cukup baik untuk dijadikan makanan anak. Kandungan protein pada kucai sangat bermanfaat bagi tubuh. Protein baik untuk memperbaiki sel yang rusak, juga baik untuk pertumbuhan tubuh pada anak.

Mencegah Sariawan

Kucai batak dapat mencegah sariawan. Daun hobo onion mengandung manfaat vitamin C yang cukup tinggi, sehingga sangat mampu sebagai sumber vitamin C untuk konsumsi sehari-hari.

Jangan Lupa Membaca Artikel Tentang Mesin Pengupas Bawang yang bisa membuat bawang goreng dan jangan lupa untuk membeli mesin untuk usaha anda di GrosirMesin disana juga mempunya barang untuk membuat usaha anda bagus.