Penyebab AC Kurang Dingin Dan Cara Mengatasinya

penyebab ac kurang dingin

Penyebab AC Kurang Dingin tentu bukan masalah yang bisa diatasi dengan mudah. Tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Semua orang tentu bisa untuk melakukan pekerjaan ini, dengan syarat memiliki pengetahuan tentang unit AC yang cukup banyak.

Oleh karena itu, maka dari artikel ini saya akan mencoba untuk berbagi ilmu kepada teman-teman semua tentang cara dan juga langkah-langkah yang wajib dilakukan jika saja kita menemukan masalah-masalah yang telah terjadi pada unit AC.

Kenapa AC kurang dingin ? unit AC di rumah sering mati dan hidup dengan sendirinya, apakah penyebabnya apa mas? Mungkin seperti itu pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul.

Terdapat banyak sekali faktor yang sangat mungkin mengakibatkan unit AC bisa rusak, tapi di sini saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyampaikan penyebab unit AC kurang dingin yang biasanya sangat umum terjadi di lapangan.

Supaya teman-teman semuanya tidak bingung dan juga agar lebih mudah untuk mempraktikannya, maka tips mengatasi AC kurang dingin berikut ini semoga bisa mengupas sesuai dengan kronologi dari masalah-masalah tersebut.

Penyebab AC Kurang Dingin

penyebab ac kurang dingin

AC Hidup, Namun Tidak Dingin

Untuk hal ini saya akan pastikan bahwa unit AC hidup, baik Indoor ataupun Outdoor, tetapi tidak bisa mengeluarkan hawa dingin sama sekali. Masalah berikut ini umumnya disebabkan oleh unit AC yang kotor, serta  tekanan freon sudah habis ( kemungkinan terdapat kebocoran ). Yang bisa teman-tema lakukan ialah :

1. Unit AC Kotor Dan Sudah Lama Tidak di Service

Teman-teman cek saja apakah unit AC kotor, baik untuk unit evaporator (indoor) maupun kondensor (outdoor) apakah ada cukup banyak debu. jadi hawa dingin tidak bisa menyebar secara optimala.

Kalau memang kotor, sebaiknya di service / cuci jika teman-teman bisa melakukannya sendiri. Jika tetap tidak bisa, teman-teman bisa untuk memanggil jasa service AC profesional ataupun tukang service AC langganan teman-teman.

Tips :

Teman-teman bisa untuk membersihkan sendiri filter indoor minimal sekitar seminggu sekali. Caranya yaitu dengan membuka tutup indoor pada bagian atas, lalu ambil saja filter udara tersebut, kemudian cuci yang hingga bersih bisa dengan menggunakan sabun deterjen. Jika sudah, keringkan kemudian pasang kembali. Untuk jangka waktu service perawatan AC minimal 3 bulan sekali pada AC perumahan, kemudian 2 bulan sekali untuk AC pada perkantoran

2. Tekanan freon kurang / habis

Jika saja unit AC bersih tetapi tidak dingin, maka langkah kedua yang bisa teman-teman lakukan ialah dengan cara cek tekanan gas freon. Silahkan saja pasang Manifold teman-teman pada nepel tempat untuk mengisi freon pada unit outdoor. Cek apakah masih ada tekanan atau sudah habis sampai NOL.

Jika tekanan masih ada, maka kemungkian hanyalah kurang freon saja. dan juga ini bisa dibilang wajar saja. Penyebabnya bisa dari kebocoran halus yang mungkin saja susah untuk di cari titiknya, juga bisa karena nepel yang agak kendor.

Solusinya silahkan kencangkan saja semua baut nepel, lalu tambahkan saja tekanan freon menggunakan jenis freon yang sama pada unit AC teman-teman. Yang pastinya wajib sesuai dengan batas max ampere (kekuatan) pada mesin kompresor unit AC tersebut.

Sedangkan jika jarum pada manifold telah menunjukan pada angka NOL, itu berarti tekanan freon sudah habis. Ini disebabkan oleh adanya kebocoran, hal ini bisa saja terjadi pada unit evaporator indoor, unit kondensor outdoor, pipa instalasi, nepel pada sambungan pipa ke indoor, ataupun nepel yang terdapat pada outdoor. Langkah yang bisa teman-teman kerjakan ialah :

Isi ulang saja freon sampai full, biasanya 80 sampai dengan 90 PSI, dan juga 125 PSI bagi AC Inverter. Lalu buka saja body indoor dan juga outdoor, dan jangan lupa untuk buka juga Amarflex pembungkus pipa unit AC. Ambil saja spon yang sudah diberi sabun supaya ada busa.

Kemudian oleskan busa ke seluruh pipa tembaga dan juga kondensor maupun outdoor. Lihat dan juga perhatikan dengan cermat  apakah terdapat gelembung udara ataupun ada olie baik di pipa, evaporator, ataupun kondensor. Jika ada gelembung udara atau bahkan olie kemungkinan disitulah titik kebocoran pada freon tersebut.

Tips :

Mencari kobocoran pada freon adalah pekerjaan yang paling gampang-gampang susah. Terutama jika pipa pada instalasi di tanamkan pada tembok, tentu saja hal ini bisa membongkar tembok yang telah tertata rapi tersebut. Kalau ketemu bocornya ada pada pipa, bisa teman-teman las atau ganti dengan pipa yang baru.

Tapi jika bocornya terjadi pada evaporator indoor atau bahkan outdoor, jika cukup memungkinkan bisa teman-teman las. Dikarenakan pengalaman saya biasanya jika bocor pada evaporator biasanya di las, tapi kedepannya lagi akan terjadi bocor kebocoran disebelahnya dan seperti itu seterusnya. Solusinya ialah teman-teman wajib ganti AC baru ataupun ganti unit indoor ataupun outdoor second yang masih cukup bagus.

Indoor AC Hidup, Tetapi Outdoor Mati

1. Cek Mode pada Remote Control

Teman-teman pastikan dulu mode pada remote dalam posisi tanda bintang ( * ) ataupun Cool. Jangan atur pada mode Dry, dikarenakan pada mode ini cuma untuk menyalakan kipas saja dan juga pada unit Outdoor tidak akan mendapatkan kiriman arus listrik, tetapi berbeda dengan mode bintang ( * ) ataupun cool ini berfungsi supaya menyalakan kipas FAN serta mesin kompresor.

2. Cek Thermistor AC Pada Unit Indoor

Jika saja settingan mode pada remote control sudah betul, tapi unit outdoor tidak juga hidup. Sekarang coba teman-teman cek pada Thermistor AC, apakah berfungsi dengan baik. Alat ini juga berfungsi sebagai otomatis agar kompresor bisa stand by setelah suhu ruangan telah mencapai suhu yang sesuai dengan yang kita atur pada remote.

3. Cek Kapasitor AC Pada Unit Outdoor

Masalah seperti ini umumnya di tandai dengan unit outdoor yang hidup, tetapi hanyalah kipasnya saja yang berputar. Biasanya ini terjadi dikarenakan kerusakan pada bagian kapasitornya, di tandai dengan adanya benjolan pada kapasitor pada bagian atas.

Untuk mengatasi AC tidak dingin yang seperti ini juga sudah pernah saya jelaskan pada artikel pengertian dan fungsi kapasitor AC, teman-teman bisa baca disana.

4. Ampere Kompresor Melebihi Batas Maksimal

Tandanya hampir sama dengan kerusakan yang biasa terjadi pada kapasitor, jika teman-teman telah mengecek kapasitor bagus, ataupun menggantinya dengan ukuran yang lebih besar, tapi mesin tetap mengangkat, ataupun bisa menyala tetapi suara mesinnya kasar, teman-teman bisa mengecek ampere dengan cara menggunakan Clamp Meter (Tang Ampere).

Caranya cukup jepitkan saja rahang penjepit Tang Ampere pada kedua kabel (–) dan juga kabel (+) pada kabel kiriman pada Outdoor. Jangan lupa juga posisikan saklar Clamp Meter di posisi Ampere Meter (Biasanya bertuliskan huruf A).

Jika saja angka pada Clamp Ampere telah menunjukan pada angka yang melebihi batas Current (A) yang ada pada lebel unit AC tersebut, maka kompresor tersebut telah mengalami yang namanya Ampere Tinggi (Kompresor Lemah). Solusinya adalah mungkin teman-teman harus ganti dengan AC yang baru.

Tips :

Rumus supaya mengetahui Ampere kompresor adalah (Konsumsi daya listrik : Voltase 220 = Ampere).

Itulah beberapa pelajaran dari artikel Penyebab AC Kurang Dingin ini dan jika saja teman-teman mempunyai kendala dengan AC yang teman-teman miliki, silahkan kunjungi saja Jasa Service AC Jogja terutama untuk teman-teman daerah joga. Disana selain harganya terjangkau pelayanannya juga maksimal loh!