Penyebab AC Mati Sendiri

penyebab ac mati sendiri

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan penyebab ac mati sendiri. Namun, tahukah kamu apa itu penyebab ac sering mati?? mari kita simak…

Kerusakan pada AC sangat merepotkan terutama jika AC sedang sangat dibutuhkan. Masalah AC yang sering terjadi yaitu AC yang sering mati dan hidup sendiri. Kejadian ini bisa dikarenakan masalah teknis yang simpel hingga menjadi penanda adanya kerusakan yang lebih serius pada komponen AC. berikut ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai penyebab masalah ini.

Timer yang masih aktif kadang menjadi penyebab yang sepele munculnya kondisi AC yang mati dan hidup sendiri. Banyak pengguna yang sering lupa untuk mematikan AC atau tidak sengaja memencet tombol pengaktif timer AC. Dikarenakan kesalahan sederhana ini, pengguna sering keliru menganggap adanya masalah serius pada AC mereka. Untuk mengatasi penyebab masalah ini, pengguna hanya perlu mematikan timer AC.

Penyebab AC Mati Sendiri

penyebab ac mati

Cara cepat untuk mengatasi masalah timer ini yakni dengan cara mencabut aliran listrik pada AC. Lalu tunggulah 2-5 menit sebelum memasang kembali aliran listrik AC. Selanjutnya, lepas baterai pada remote dan masukkan kembali. Cobalah menyalakan kembali AC, perhatikan apakah timer masih aktif.

Thermistor merupakan alat penting dalam AC. Thermistor bisa berguna untuk melakukan pengaturan suhu pada sistem AC. Kerusakan pada alat ini akan berdampak pada fungsi AC secara keseluruhan. Ketidaknormalan fungsi dari komponen ini akan juga berakibat pada kompresor AC.

Permasalahan pada thermistor AC bisa diatasi dengan cara menjauhkan komponen ini dari evaporator AC. Cara ini cukup efektif, namun hanya bertahan untuk beberapa saat saja. Permasalahan thermistor yang lebih serius membutuhkan penggantian komponen ini dengan yang baru.

Tekanan Freon Kurang

Tekanan yang berkurang pada freon akan menyebabkan AC itu mati dan hidup sendiri. Berkurangnya tekanan pada freon bisa dikarenakan adanya kebocoran ringan pada bagian evaporator, pipa instalasi, maupun kondensor. Gangguan freon yang lebih ringan bisa dikarenakan nepel menjadi kendur karena getaran mesin. Serta adanya sambungan pipa AC yang tidak terpasang dengan baik.

Permasalahan pada tekanan freon yang kurang memerlukan deteksi terlebih dahulu dengan pengecekan. Coba cek tekanan freon bila kurang maka isi ulang freon. Namun, jika freon tidak ada tekanan sama sekali, ini menandakan adanya kebocoran. Maka perbaikan harus diarahkan dengan mencari bagian yang bocor kemudian melakukan penggantian atau penambalan pada bagian tersebut.

Permasalahan pada Tombol Power AC

Penyebab ini hampir sama dengan masalah timer AC, penyebab ini juga sering muncul karena ketidaksengajaan. Pengguna kadang tidak sadar ketika mereka tidak memasang dengan benar pada  tutup indoor AC mereka. Penutupan yang tidak tepat membuat penutup AC menjepit komponen power AC. Hal inilah yang bisa membuat AC mengalami mati dan hidup sendiri.

Dalam kondisi tombol yang terjepit penutup AC maka penanganannya cukup dengan pemasangan kembali bagian penutup dengan benar. Sedangkan, untuk penyebab masalah pada power dan yang lainnya, seperti tombol sudah rusak, sensor AC bermasalah, dan kabel yang kendur, perlu tindakan berbeda.

Masalah pada PCB Modul

Kerusakan pada modul bisa disebabkan karena adanya korsleting pada listrik. Korsleting listrik dapat terjadi karena sambaran petir saat hujan deras atau karena ketidakstabilan aliran listrik. Permasalahan AC yang mati dan hidup dengan sendirinya dikarenakan gangguan modul memerlukan pengecekan dan perbaikan dari teknisi yang berpengalaman.

AC kadang mengalami kerusakan yang menyebabkan AC hidup dan mati dengan sendirinya. Penyebabnya yaitu adalah masalah pada PBC modul, timer AC yang aktif, gangguan pada power AC, dan lain sebagainya. Permasalahan yang lebih serius membutuhkan penggantian AC dengan yang baru. Untuk bisa melihat dan membeli AC baru dari merek terkenal bisa di dapat di CV ASTRO.

Penggunaan AC menyumbang sekitar 20% dari total energi yang dikonsumsi dalam rumah tangga di wilayah Indonesia. Hal ini tentu sangat wajar mengingat Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan udara yang panas. Selain membantu menciptakan suasana yang lebih nyaman, AC juga dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan.

Manfaat Penggunaan AC saat Memiliki Kondisi Medis Tertentu

Setidaknya ada empat manfaat AC untuk kesehatan kita, antara lain:

  • Mengatasi heatstroke
    Ketika mengalami heatstroke, tubuh akan terasa sangat panas, bahkan merasa akan pingsan karena tubuh terpapar suhu yang panas dalam jangka waktu lama. Dalam kondisi ini, AC juga bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu menurunkan suhu tubuh. Dengan memanfaatkan udara dingin AC, suhu tubuh akan lebih cepat kembali normal.
  • Mengatasi gangguan tidur
    Penggunaan AC bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, khususnya bagi mereka yang sering mengalami gangguan tidur. Namun, gunakanlah AC dengan bijak. Jangan menggunakan suhu terlalu rendah dan membuat ruangan menjadi sangat dingin. Sebab, hal itu justru akan membuat Anda sering terbangun karena kedinginan.
  • Mencegah gangguan pernapasan
    Manfaat AC lainnya adalah untuk bisa mengurangi agar risiko terkena gangguan pernapasan, terutama jika Anda tinggal di daerah yang berdebu dan dengan tingkat polusi tinggi. Sebab, AC dilengkapi dengan penyaring udara untuk mencegah masuknya polusi ke dalam ruangan. Agar lebih aman, pastikan Anda selalu membersihkan AC secara rutin.
  • Menjaga suhu ruang untuk bayi
    Bayi yang baru lahir belum bisa menyesuaikan suhu tubuhnya dengan baik. AC berfungsi untuk menjaga agar suhu tubuh Si Kecil agar tetap stabil, dan membuat tidurnya lebih nyaman, dan mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak, dehidrasi, ruam kulit, maupun heatstroke.

Tips Menjaga Kebersihan AC agar Tidak Menyebabkan Penyakit

Agar AC tahan lama dan berfungsi dengan baik, sebaiknya kita selalu menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan AC juga bisa membantu mencegah datangnya suatu penyakit yang bisa menyebar melalui udara. Lalu, bagaimana cara menjaga kebersihan AC dengan baik?

Hal pertama yang harus dibersihkan adalah penyaring udara. Komponen ini sangat penting dalam mendukung kinerja AC dan menjaga agar sirkulasi udara tetap lancar. Jika penyaring udara menjadi AC kotor, kemungkinan besar sirkulasi udara akan terhambat, dan kinerja AC akan menurun. Dan sangat berisiko menyebabkan penyakit akibat penumpukan kotoran di dalam komponen ini.

Selain membahayakan kesehatan, AC yang jarang dibersihkan juga bisa akan membuat penggunaan energi . Yang sangat meningkat, biaya listrik membengkak, dan lama kelamaan AC akan rusak. Yang tidak kalah penting, kita wajib menjaga kebersihan rumah secara umum. Pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang baik agar sirkulasi udara dalam ruangan lancar.

Terlepas dari beragam manfaat yang dimiliki AC, Anda tetap disarankan menggunakannya sesuai kebutuhan, sebab penggunaan AC secara berlebihan justru bisa mendatangkan masalah. Agar lebih hemat, pilihlah  cara membersihkan AC dengan daya rendah, sehingga Anda bisa melakukan efisiensi energi dan biaya. Pilihlah juga AC yang ramah lingkungan. Jika merasakan gangguan kesehatan saat menggunakan AC, segera hubungi dokter untuk mencari tahu penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang sesuai dengan cepat.

Sekian penyebab AC mati sendiri ini, semoga penyebab ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.