Perbedaan kucing anggora dan persia

Ras kucing yang paling umum dipelihara adalah kucing Anggora dan Persia. Namun, sebagian orang yang melihatnya mungkin mengira mereka sama saja, karena sama-sama memiliki bulu yang panjang dan tebal.

Padahal, jika dilihat lebih teliti kedua jenis kucing ini memiliki karakteristik yang berbeda, dari bentuk wajah hingga tingkat karakteristiknya. Ada banyak perbedaan antara keduanya yang cukup signifikan.

Jika Anda mempertimbangkan untuk memilih di antara keduanya, Anda perlu mengetahui beberapa perbedaan ini. Ini karena perbedaan ini akan memengaruhi cara kucing Anda beradaptasi dan cara Anda merawatnya. Nah, inilah 5 perbedaan kucing Anggora dan Persia.

Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia

  1. Asal Usul Kucing Anggora dan Persia

Kucing Anggora berasal dari kota Anggora (sekarang Ankara) di Turki dan merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia. Sampai saat ini belum ada yang tahu asal usul pastinya. Namun, diyakini bahwa kucing Anggora adalah keturunan dari kucing liar Afrika.

Kucing anggora mulai dibawa ke daratan Eropa sejak tahun 1600-an. Sedangkan kucing Persia berasal dari Persia atau yang sekarang dikenal dengan Iran. Kucing Anggora menjadi sangat populer di kalangan bangsawan Eropa dari tahun 1600-an.

  1. Bentuk Tubuh

Perbedaan selanjutnya antara kucing Anggora dan Persia adalah bentuk tubuh. Kucing anggora memiliki bentuk tubuh yang lebih ideal dan terlihat lebih tinggi dari kucing persia.

Tubuh Anggora juga lebih ramping dan sedikit berotot, dengan bulu ekor yang panjang. Hal ini berbeda dengan kucing persia yang memiliki tubuh yang terlihat lebih gemuk dibandingkan dengan kucing anggora.

Kucing persia juga lebih pendek dan kekar. Selain itu, kaki kucing persia lebih pendek namun terlihat kuat dan gemuk dengan cakar yang membulat. Tubuh Persia juga cenderung terlihat bulat dengan kaki pendek dan ekor pendek yang tebal.

  1. Bulu Kucing

Meski sama-sama memiliki bulu yang panjang, kucing Anggora dan Persia memiliki sejumlah perbedaan pada bulunya. Meskipu Kucing Anggora memiliki bulu yang tebal, tapi tebalnya tidak selebat kucing Persia. Bulu di wajah kucing juga tidak terlalu panjang.

Namun, bulu di bagian ekor bisa sangat tebal dan panjang seperti musang. Sedangkan kucing persia memiliki bulu yang sangat tebal dan lebat. Seluruh bagian tubuh dapat ditutupi oleh bulu yang tebal, mulai dari wajah hingga ekor.

4. Bentuk Ekor

Perbedaan lain yang paling mencolok dari kucing anggora dan kucing persia terlihat pada bagian ekornya. Kucing Anggora dikenal sebagai kucing yang memiliki ekor musang, dimana ekor dari jenis ini memiliki bulu yang sangat tebal, lebih tebal dibandingkan dengan bulu pada bagian tubuh lainnya. Ekor kucing anggora juga sering berdiri tegak. Karena bentuknya, ekor kucing anggora sering disebut sebagai kemoceng. Sedangkan ekor kucing Persia tidak selebat milik Anggora. Ketebalan bulu pada bagian ekor sama dengan ketebalan bulu pada bagian tubuh lain dari ras kucing ini.

5. Karakter Kedua Kucing

Kucing persia sebenarnya cukup pendiam dan cuek, mereka suka ketenangan, dan semua perlakuannya lembut. Mereka tidak menuntut perhatian penuh, tetapi dengan senang hati menikmati saat Anda membelai mereka. Karena suka pendiam, kucing ini cenderung kurang aktif. Mereka suka berbaring di salah satu tempat paling nyaman atau duduk dengan tenang di ambang jendela.

Sedangkan kucing Anggora suka menyapa orang-orang di rumahnya. Mereka bermain aktif, suka memanjat, berburu, dan mengeong lebih keras daripada kucing Persia. Kucing Anggora suka mencari perhatian, tetapi mereka tidak suka dibelai secara berlebihan.

By admin