jus buah

Di artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa perlengkapan buka usaha jus buah. Usaha jus buah merupakan usaha rumahan yang saat ini banyak diminati oleh pengusaha pemula karena cara jualnya yang simpel, bisa buka di mana saja, dan tentunya modal bisa disesuaikan.

Tapi, sebelum Anda memulai usaha ini, Anda harus tahu terlebih dahulu perlengkapan apa saja yang harus ada untuk jualan jus. Hal ini berguna agar Anda bisa memperkirakan berapa modal usaha yang harus Anda keluarkan nantinya.

Baca juga : Pahami dan Ikuti Tips Usaha Jus Buah Berikut Agar Laris!

 

Perlengkapan Usaha Jus Buah

Berikut ini beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk usaha jus buah.

1. Blender Perlengkapan Utama Usaha Jus Buah

Seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, blender merupakan alat utama yang harus ada jika Anda jualan jus buah. Blender digunakan untuk menghaluskan buah yang sudah dipotong dan dicampur dengan bahan lainnya seperti gula dan susu.

Tidak butuh blender dengan harga yang mahal, cukup beli dengan harga yang terjangkau namun kualitasnya bagus. Biasanya harga blender kisaran 150-600 ribu rupiah.

Dalam usaha jus buah biasanya jumlah blender lebih dari satu. Hal ini agar agar dapat mempersingkat waktu jika kedai rame, sehingga konsumen tidak menunggu lama.

Selain itu buah yang tercampur juga menghasilkan rasa yang aneh sehingga berisiko membuat pelanggan kapok. Maka dari itu blender harus dijaga kebersihannya. Jika habis dipakai membuat jus, segera cuci rasa yang tersisa di blender cepat hilang.

2. Mesin Cup Sealer

Mesin pengemas plastik atau biasa disebut dengan mesin cup sealer merupakan salah satu mesin yang fleksibel untuk dimiliki. Jika Anda ingin tampilan kemasan jus buah lebih menarik, Anda bisa menggunakan mesin cup sealer.

Tetapi, jika Anda ingin menghemat biaya Anda bisa menggunakan tutup cup yang biasa saja. Harga mesin ini kisaran 700 ribu rupiah saja. Anda bisa membeli mesin ini ke toko elektronik terdekat atau bisa juga melalui online marketplace.

Guna mesin ini yaitu untuk menutup jus secara rapat sehingga jus tidak akan tumpah di tangan konsumen. Sayangnya, mesin ini membutuhkan aliran listrik untuk bekerja. Jadi, jika listrik padam Anda harus menggunakan penutup cup manual.

3. Lemari Etalase Usaha Jus Buah

Sebagai penjual jus buah, Anda harus memiliki etalase untuk meletakkan peralatan usaha jus buah Anda. Selain itu juga untuk memaparkan buah-buahan apa saja yang ada di kedai Anda.

Anda harus menata buah-buahan dengan rapi di etalase. Jangan biarkan etalase Anda kotor karena bisa membuat pembeli tidak jadi membeli jus buah Anda. Gunakan etalase yang tertutup agar tidak ada serangga yang masuk.

Khusus alat ini, Anda bisa memilih sesuai dengan luas kedai usaha Anda. Beberapa usaha jus di kota besar memiliki etalase yang relatif memanjang. Namun, jika Anda hanya ingin membuka usaha kecil, Anda bisa membeli etalase yang kecil saja sehingga harganya lebih murah.

4. Cup dan Gelas

Sediakan cup supaya Anda bisa melayani pelanggan yang ingin layanan take away atau di bawa pulang. Anda juga perlu menyediakan gelas jika kedai Anda menyediakan layanan dine in atau minum di tempat.

Anda bisa memperoleh cup di toko plastik terdekat. Buatlah desain cup sekreatif mungkin. Desain bisa ditaruh di cup atau tutup cup. Hal itu bertujuan agar menarik pembeli. Selain Anda menjual jus yang segar, Anda juga bisa menuangkan ide kreatif Anda.

5. Sedotan

Biasanya cup dilengkapi dengan sedotan untuk mempermudah orang dalam mengonsumsi minuman yang ada di dalam cup tersebut. Mengonsumsi jus buah umumnya juga menggunakan sedotan.

Selain mempermudah, hal ini juga agar jus buah tidak berantakan. Dengan memberikan sedotan, akan membuat pelanggan Anda mudah mengonsumsi jus buah yang diperoleh dari kedai Anda.

6. Termos Es Batu

Jus umumnya dinikmati dalam keadaan dingin dan jarang sekali bahkan hampir tidak pernah dijumpai jus dinikmati dalam keadaan hangat. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan termos es batu untuk menyimpan es batu.

Ukuran termos yang diperlukan disesuaikan dengan jumlah cup atau gelas produksi jus buah dalam seharinya. Harga termos es batu cukup murah, tidak sampai 100 ribu rupiah.

 

Demikian sedikit penjelasan mengenai beberapa perlengkapan buka usaha jus buah. Semoga bermanfaat ya!