Proses Penanaman Padi Hingga Menjadi Dapat Dipanen

proses-penanaman-padi

Tanpa tanaman padi maka manusia tak dapat mengkonsumsi nasi kembali. Sehingga, budidaya padi sawah perlu trus dikembangkan oleh petani padi di Indonesia. Inilah proses penanaman padi. Selain nilai kebutuhannya, tanaman padi juga mempunyai nilai ekonomi yg lumayan tinggi.

Oleh karena nya, diharapkan semakin bertambah para petani yg mengembangkan budidaya dari tanaman padi.

Inilah Proses Penanaman Padi

proses-penanaman-padi

Penanaman Padi

Untuk mendapatkan tanaman padi yang berkualitas, mestinya diperlukan cara tanam padi serta proses penanaman yang baik dan juga benar. Kira kira persiapan apa yang perlu di perhatikan dalam membudidayakan tanaman padi. Berikut ini beberapa langkah dalam cara menanam padi yang harus di perhatikan supaya cara budidaya padi sampe panen berikut ini.

Persiapan media tanam

Media tanam untuk menanam padi perlulah disiapkan minimal dua minggu sebelum adanya penanaman. Persiapan dilakukan dengan mengolah tanah sebagai media tanam. Tanah perlu dipastiin bebas dari gulma serta rumput liar.

Jangan sampai pertumbuhan tanaman padi terganggu dikarenakan perlu berbagi nutrisi serta air dengan rumput rumput liar. Bila sudah terbebas dari tanaman liar, basahi tanah dengan air lalu lakukanlah pembajakan.

Pemilihan bibit

Bibit pada tanaman padi perlu melewati pengujian terlebih dulu untuk menentukan kualitasnya. Pengujian dikerjakan dengan merendam sekitar 100 butir benih padi dlm air. Setelah dua jam periksalah benih tersebut.

Jika terdapat lebih dari 90 butir benih ataupun lebih dari 90% benih mengeluarkan kecambah, berarti benih tersebut berkualitas unggul serta bermutu tinggi.

Persemaian

Persemaian bisa benih dilakukan 25 hari sebelum masa tanam. Tempat untuk persemaian diusahakan sama atau tidak terlalu jauh dari lahan untuk menjaga kesegaran waktu proses pemindahan. Yang paling perlu diperhatikan adalah drainase harus baik agar benih tidak kelebihan air.

Lahan dibuat bedengan dan dicangkul hingga tidak ada bongkahan tanah lagi. Benih seharusnya direndam sebelum di tanam selama 2 x 24 jam supaya mampu menyerap air dengan maksimal untuk proses awal perkecambahan. Sebelum disemai lahan diberi sedikit pupuk organik untuk persediaan hara.

Benih yang sudah berkecambah ditebar secara merata, tetapi jangan sampai terbenam karena bisa menyebabkan infeksi patogen pada bibit. Perdata selanjutnya adalah diberi pupuk organik kembali setelah persemaian berumur 1 minggu

Proses Penanaman Padi

Terdapat berbagai macam cara penanaman padi, namun lebih disarankan dengan cara tanam jajar legowo 2 : 1 (40 x (20 x 10) cm. Cara tanam ini akan memberikan jumlah populasi yang banyak dengan produksi lebih tinggi dibanding dengan cara konvensional pada umumnya.

Selain itu kelebihan cara tanam ini adalah memudahkan perawatan, mudah mengatur keluar masuk air karena ada ruang kosong, menekan serangan hama dan penyakit karena cenderung lebih terang, serta menghemat biaya pemupukan

Perawatan lahan

Pengolahan lahan bertujuan untuk mengubah sifat fisik tanah agar lapisan yang semula keras menjadi data dan melumpur. Hal ini akan membuat gulma mati dan membusuk menjadi humus, aerasi tanah menjadi baik, lapisan bawah tanah menjadi jenuh air yang dapat menghemat air.

Dua minggu sebelum dilakukan nya pengolahan lahan seharusnya diberikan bahan organik berupa pupuk kandang 2 ton/ha dan kompos jerami 5 ton/ha secara merata di atas lahan. Pengolahan lahan bisa dilakukan dengan 2 kali bajak dan 1 kali garu untuk mendapat hasil olahan yang optimal

Hama dan penyakit dapat dicegah dengan memberikan pestisida.

Pemanenan

Panen dapat dikerjakan disaat bulir padi hampir keseluruhan telah menguning yang biasanya 33-36 hari setelah padi berbunga. Cara panen dapat dilakukan secara manual menggunakan sabit dengan memotong pangkal batang atau dengan mesin reaper harvester untuk menghemat waktu.

Panen dilakukan serentak dalam satu lahan untuk mengurangi risiko diserang hama. Anda dapat memanen menggunakan mesin di jual mesin panen padi.

Mungkin cukup sekian artikel mengenai proses penanaman padi, semoga bermanfaat. Terimakasih. Bila Anda ingin membaca artikel lain. Anda dapat mengklik disini.