Berikut Ini Adalah Pusat Batik Jogja Yang Harus Dikunjungi

Pusat Batik Jogja

Pada artikel kali ini saya akan memebahsas mengenai beberapa tempat yang menjadi pusat batik jogja yang harus kalian kunjungi.

Berburu batik tidak bisa anda lewatkan apabila anda mengunjungi kota Jogjakarta. Sudah bukan rahasia lagi, apabila kota ini selain dijuluki sebagai Kota Gudeg juga sebagai Kota Batik.

Pusat Toko Batik

Tapi bagaimana caranya mengetahui kalau batik yang ditawarkan sesuai dengan yang dicari? Simak tips sederhana ini dulu sebelum memulai perburuan batik anda ya!

Apabila anda ingin mengetahui cara membedakan batik tulis atau cap dengan batikĀ printing, anda dapat mencermati sisi bagian kain dalam dan luar.

Jika kualitasnya sama, baik corak maupun warna, maka besar kemungkinan kain tersebut merupakan kain batik cap atau tulis. Apabila diraba, kain batik cap sangat kasar karena terdapat sisa lilin diatasnya.

BatikĀ printing, selain warna dan corak yang berbeda antara sisi dalam dan luar, apabila diraba nyaris tidak ada sisi kasarnya.

Beberapa Toko Di Jogja

Pusat Batik Jogja

Sekarang setelah tahu triknya, yuk mulai sambangi tempat belanja toko batik di Jogja berikut ini!

1. Pasar Beringharjo

Lokasi tempat belanja batik di Jogja paling terkenal ini sangat mudah dijangkau karena berada di pusat kota, membuat pasar ini selalu ramai setiap harinya.

Transaksi dengan cepat bergulir dari sekedar grosir hingga eceran. Los paling bawah bagian depan menawarkan berbagai macam model dan corak batik dengan harga yang sangat terjangkau.

Kemampuan anda menawar sangat dibutuhkan di tempat ini. Sebaiknya, apabila anda mendapatkan harga sebuah barang di pasar ini, tawar dahulu separuh harga baru kemudian naik sedikit demi sedikit sampai ketemu titik sepakat.

2. Hamzah Batik

Hamzah Batik berlokasi tepat di seberang Pasar Beringharjo. Nama lain dari Hamzah Batik adalah Mirota Batik. Di tempat belanja batik di Jogja satu ini.

Anda tidak hanya akan menemukan kain atau baju berbahan batik namun juga souvenir khas Jogja lainya seperti blangkon, aneka kelom, panel kayu berisi iklan jaman dulu, dan lain-lain. Hamzah Batik juga menyediakan batik yang sederhana dengan harga terjangkau hingga yang ekslusif.

Berbeda dengan Pasar Beringharjo, Hamzah Batik merupakan sebuah toko souvenir khas Jogja yang tidak memungkinkan tawar menawar terjadi.

Meskipun demikian, kualitas barangnya tidak perlu diragukan karena barang yang sudah di pajang di sini sudah lulus kontrol kualitasnya.

Menyediakan Beberapa motif batik seperti, motif kawung, motif megamendung dan masih lain sebagainya.

3. Batik Giriloyo, Imogiri, Bantul

Disini, anda akan mendapatkan batik tulis maupun cap langsung dari pembuatnya. Lokasi yang ditawarkan memang membutuhkan perjuangan ekstra karena anda harus rela mengabiskan perjalanan sekitar 30 menit sampai 60 menit dari pusat kota untuk sampai di Giriloyo, Imogiri.

Namun, selain anda akan mendapat batik dengan kualitas tinggi, anda pun bisa merasakan pengalaman membatik langsung di tempat belanja batik di Jogja satu ini! Seru sekali kan?

Hasil produk batik di sini semua asli dan anda tetap bisa menawar apabila anda merasa harga yang diberikan terlalu tinggi. Disamping bisa ikut belajar membatik, anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan batiknya dari awal sampai akhir.

4. Batik Pajangan, Bantul

Meskipun sama-sama berlokasi di Bantul, lokasi Batik Pajangan tidak sama dengan di Giriloyo. Sentra tempat belanja batik di Jogja ini berlokasi di daerah bernama Pajangan, sekitar satu jam berkendara dari pusat kota ke arah selatan kemudian ke barat.

Di sini, anda bisa menemukan batik asli baik cap maupun tulis. Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat langsung proses membuatnya.

Demikianlah pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.