Resep Bakso Goreng Kriuk Praktis

resep bakso goreng kriuk

Pada kali ini saya akan memberikan beberapa resep bakso goreng kriuk. Yang mana makanan bakso goreng kriuk ini selain rasanya gurih, enak, mudah untuk kita buat, dan juga menyehatkan. Makanan bakso goreng ini sangat digemari banyak orang karena cocok dijadikan sebagai cemilan untuk disantap bareng keluarga ataupun rame-rame bersama teman sambil duduk santai.

Sekilas Tentang Bakso Goreng dan Manfaatnya

Bakso goreng atau disingkat dengan basreng adalah salah satu cemilan khas daerah Sunda yang terbuat dari bahan dasar daging ayam giling, daging sapi, dan daging ikan yang sudah digiiling kemudian digoreng. Basreng juga dapat disajikan dengan taburan bumbu pedas sesuai dengan selera. Namun kebanyakan para penjual basreng saat ini menyajikan basreng dengan tingkat kepedasan yang bervariasi.

Selain varian pedas, ada juga rasa lain tergantung dari bumbu perisa yang digunakan, antara lain keju, rumput laut dan lain-lain. Selain dari variasi rasa yang berbeda, basreng ini ternyata juga dapat digoreng kering ataupun setengah matang. Jika digoreng kering, akan terasa renyah seperti kerupuk dan jika setengah matang akan terasa kenyal jika dikunyah

Manfaat Bakso Goreng :

  1. Kaya Protein dan Zat Besi
    Protein hewani yang terkandung dalam daging sapi salah satunya dapat bermanfaat untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, hingga meningkatkan fungsi kerja otak. Dan kandungan zat besinya ini berfungsi untuk pengikat oksigen didalam tubuh, bantu menjaga suhu tubuh agar tetap stabil, dan membantu proses metabolisme.
  2. Dapat Mencegah Stroke dan Diabetes
    Sel-sel syaraf dalam tubuh membutuhkan banyak oksigen. Dengan mengonsumsi daging sapi secara rutin dan teratur dan pengolahannya yang tepat, kadar insulin dalam tubuh bisa tercukupi, sehingga kita dapat terhindar dari risiko diabetes.
  3. Meningkatkan Sistem Imun
    Kandungan gizi dan nutrisi yang ada dalam daging sapi ini sangat baik untuk semua orang, terutama yang suka aktif dalam berkegiatan. Karena, dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh atau sistem imun.
  4. Menjaga Berat Badan Ideal
    Daging sapi mengandung banyak protein. Oleh karena itu, memakan daging sapi sangat disarankan untuk orang-orang yang sedang diet, karena kandungan kalori bisa terbakar oleh protein yang mampu membantu untuk meningkatkan metabolisme dan menahan rasa lapar.
  5. Mempercepat Peyembuhan Luka
    Ternyata protein dalam daging sapi pun dapat mempercepat penyembuhan terhadap luka. Yang salah satu penyebab luka infeksi paling umum yaitu terhambatnya penyaluran oksigen ke jaringan yang rusak. Kekurangan mineral dapat menunda pembentukan dan perbaikan jaringan. Karena mineral sangat berperan penting dalam penyembuhan, dan juga berperan untuk mendistribusikan oksigen lewat darah.

Resep Bakso Goreng Kriuk Dan Variasi Lainnya

resep bakso goreng kriuk

1. Resep Bakso Goreng Kriuk

Bahan – Bahan yang Diperlukan Untuk Digiling :

  • 500 gr daging ayam plus kulit ayamnya
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh gula
  • Garam 1 sendok teh
  • 1 sendok teh lada putih
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 2 sendok makan es batu
  • 100 ml air dingin
  • Putih telur dari 2 butir telur
  • 4 buah bawang putih giling

Bahan – Bahan Campuaran Adonan :

  • 250 gr tepung tapioka
  • 50 gr tepung terigu

Langkah – Langkah Pembuatan :

  1. Giling sampai halus semua bahan giling
  2. Bahan yang sudah digiling halus kemudian campur dengan bahan campuran tepung terigu dan tepung tapioka
  3. Panaskan minyak dengan api sangat kecil
  4. Adonan dibelntuk bulat dan disesuaikan ukurannya sesuai selera, kemudian masukkan ke dalam minyak yang hampir panas
  5. Aduk pelan tapi jangan sampai merusak adonan ya
  6. Setelah adonan setengah matang, boleh diangkat dulu dibelah 4 kemudian goreng kembali
  7. Untuk menggorengnya pakai api kecil saja dan untuk menggorengnya lumayan lama bisa sampai 30menitan supaya luarnya awet crispy dan dalemnya matang merata.

2. Resep Bakso Goreng Kriuk Pedas

Bahan – Bahan yang Diperlukan :

  • 250 gr baso sapi
  • 1 bks tepung bumbu serbaguna pedas krispi 80 gr
  • Secukupnya minyak goreng

Langkah – Langkah Pembuatan :

  1. Siapkan bahan
  2. Ambil tepung bumbunya 4 sendok makan ,aduk dengan air es agak kental,lalu masukan baso dan balurkan dengan adonan basah
  3. Lalu masukan ke adonan tepung kering balur sambil di cubit-cubit
  4. Goreng bakso sampai kering  dan warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.
  5. Apabila warnanya sudah berubah menjadi kuning agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan. Bakso goreng kriuk pedas siap untuk disajikan.

Demikian tadi ulasan mengenai resep bakso goreng kriuk. Untuk tahu lebih lanjut dalam cara membuat bakso goreng yang lainnya anda bisa membaca diartikel cara membuat bakso goreng. Selamat mencoba dirumah dan semoga dapat bermanfaat🙏