Resep Bubur Jagung Ayam Enak dan Sederhana

resep bubur jagung ayam

Pada artikel kali ini akan di beri tahu bagaimana resep bubur jagung ayam enak dan sederhana. Bubur sehat, dengan rasa lezat. Bubur ternyata tidak hanya terbuat dari nasi saja. Dan salah satunya dari bubur yang juga memang terasa sangat manis serta gurih merupakan bubur jagung. Dan juga sajian ini memang bisa untuk disantap sebagai sarapan untuk kalian yang suka sarapan pagi.

Jagung ternyata tanaman yang semusim lho atau juga bisa di sebut dengan nama lain yaitu (annual). Satu siklus ini biasanya hidup diselesaikan dalam jangka waktu 80-150 hari. Dan ternyata paruh pertama dari siklus ini adalah tahap dari pertumbuhan vegetatif dan juga paruh kedua nya untuk tahap pertumbuhan dari generatif nya. Ternyata tinggi tanaman jagung ini memang sangat bervariasi.

Walaupun tanaman jagung ini pada umumnya mempunyai ketinggian antara 1m sampai 3m, ada varietas yang dapat juga mencapai tinggi 6m. Tinggi tanaman biasa nya diukur dari permukaan tanah sampai ruas teratas sebelum bunga jantan. Meskipun itu dari beberapa varietas yang dapat menghasilkan anakan (seperti padi), yang pada umumnya jagung tidak memiliki kemampuan seperti ini.

Resep Bubur Jagung Ayam

resep bubur jagung ayam

Bahan:

  • 5 Buah Jagung
  • 200 Gram Ayam suwir
  • 200 Gram Wortel
  • 2 Sdm Kacang polong
  • 1 Ikat Daun bawang
  • 2 ½ GelasSusu segar
  • 2 Siung bawang putih
  • ½ sdt lada
  • Garam secukupnya

Cara Membuatnya:

  1. Jagung harus di cuci terlebih dahuku supaya bersih, kemudian direbus sampai matang, lalu tinggal disisir untuk mendapatkan pipilan dan di blender dengan kasar
  2. Setelah itu tumislah bawang putih ini sampai harum, dan bisa tinggal di masukkan suwiran daging ayamnya, setelah itu bisa ditambahkan irisan dari daun bawang, wortel dan juga kacang polongnya.
  3. Masukkan susu dan jagung yang telah di blender, setelah itu tambahkan garam dan lada secukupnya, lalu aduk rata dan masak hingga mendidih

Manfaat dari Daging Ayam

resep bubur jagung ayam

1. Tinggi protein

Ternyata daging ayam sangat tinggi akan kandungan protein sehingga bisa membangun otot kalian agar bisa lebih kuat. Selain itu juga, kandungan lemak sehat yang ada di dalamnya bisa mengekang nafsu makan kita, membuat rasa kenyangnya akan bertahan lebih lama, dan juga baik untuk mendukung penurunan pada berat badan.

2. Anti depresan alami

Ayam memang mengandung asam amino yang disebut juga dengan tryptophan. Zat ini biasanya akan meningkatkan kadar serotonin di otak dan juga sangat bermanfaat yang positif untuk memperbaiki suasana hati kita.

3. Mencegah keroposnya tulang

Tulang juga bisa memasuki masa keropos ketika kalian usia nya akan semakin tua. Konsumsilah ayam karena akan membantumu untuk melawan pengeroposan pada tulang dan mencegah agar penyakit yang berhubungan dengan persendian.

4. Baik untuk jantung

Mengkonsumsi daging ayam akan membantu dalam mengendalikan dan menekan kadar homosistein dan juga melindungi jantung kalian dari berbagai penyakit kardiovaskular.

5. Kaya akan fosfor

Pada kandungan fosfor yang ada di dalam ayam sangat efektif dalam menjaga kesehatan gigi dan juga tulang lho. Termasuk mendukung kesehatan ginjal, lever, dan juga sistem saraf pusat.

Manfaat dari Jagung

Kandungan yang nutrisinya sangat lengkap, membuat jagung manis akan sangat baik untuk dikonsumsinya dengan secara rutin supaya menjaga kesehatan tubuh kita. Berikut ini beragam manfaat dari jagung manis untuk kesehatan manusia.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat pada jagung manis ini yang kaya akan serat sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai gangguan pada pencernaan dan juga sekaligus melancarkannya. Pada pencernaan yang sangat lancar akan menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit lho.

2. Menyembuhkan Penyakit Anemia

Jagung manis yang memiliki kandungan asam folat, zat besi, dan vitamin B12 sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit anemia. Setelah itu hanya tinggal direbus saja jagung manisnya itu dan jadikan camilan makanan yang sangat enak.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan carotenoid yang didalam jagung ternyata juga sangat baik untuk mengatasi gangguan pada mata sekaligus juga mencegah adanya penyakit pada mata. Makanlah dengan rutin buah jagung manis dan juga berguna untuk meningkatkan ketajaman pada penglihatan.

4. Mencegah Cacat Bayi Saat Lahir

Manfaat jagung manis juga bisa membantu kesehatan ibu hamil. Selain mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil, nutrisi asam folat dalam jagung berguna meningkatkan kesehatan janin dan mencegah risiko kelahiran cacat pada bayi.

5. Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit dan Wajah

Ternyata banyak produk kosmetik yang memanfaatkan minyak jagung dikarenakan khasiatnya yang didalam proses regenerasi pada kulit. Manfaat pada jagung manis rebus ini pun apabila dikonsumsinya dengan secara rutin bisa membantu untuk perawatan wajah lho. Apalagi jika ditambahkan dengan perawatan masker jagung akan membuat wajah kalian cantik dan awet muda juga lho.

Demikian tadi bagaimana resep bubur jagung ayam enak dan sederhana, dan bisa juga kalian untuk membuatnya di rumah masing- masing. Semoga bermanfaat untuk semua orang dan terimakasih.