Resep Dimsum Ikan Rumahan

resep dimsum ikan

Hai semua pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai resep dimsum ikan rumahan yang enak dan mudah nih,  yukk ikutin cara membuat dimsum ikan yang enak.

1. Resep Dimsum Ikan Udang Rambutan

Buat kalian penggemar dimsum goreng, menu ini pasti tidak asing lagi kan ya. Dimsum dengan tampilan kurang menarik namun memiliki cita rasa yang gurih bahkan membuat anda ketagihan.Ya, dimsum udang goreng rambutan yang banyak digemari semua kalangan, cara membuat dimsum enak satu ini sangat mudah dan sehat. Makanan ini disebut rambutan bukan karena menggunakan bahan dasar buah rambutan melainkan bentuknya yang menyerupai rambutan.

Bahan Dimsum Ikan Udang Rambutan :

  • 200 gram udang yang telah dikupas
  • 100 gram daging ikan
  • 20 lembar kulit pangsit
  • 30 gram tepung maizena
  • 1 batang daun bawang perai
  • 2 siung bawang perai
  • 2 siung bawang putih
  • 2 putih telur
  • 1/2 sendok makan kecap ikan
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Dimsum Ikan Udang Rambutan :

  1. Campurkan udang dan ikan yang telah dicincang.
  2. Iris halus daun bawang, lalu tambahkan ke dalam adonan udang dan daging yang telah dicampurkan.
  3. Masukkan putih telur, bawang putih (yang sudah dicincang halus), kecap ikan, dan minyak wijen.
  4. Tambahkan merica bubuk, garam, dan gula pasir.
  5. Masukkan tepung maizena.
  6. Campur hingga adonan merata.
  7. Siapkan kulit pangsit yang telah diiris memanjang seperti mi.
  8. Bentuk adonan udang ayam menjadi bulatan dengan ukuran sedang.
  9. Masukkan ke dalam irisan kulit pangsit.
  10. Pastikan seluruh permukaan adonan sudah tertutup kulit pangsit.
  11. Panaskan minyak di penggorengan.
  12. Goreng udang rambutan dengan teknik deep fry hingga kulit pangsit mengembang dan berwarna cokelat keemasan.
  13. Sajikan dalam keadaan hangat bersama dengan saus. Nah untuk itu kalian perlu alat pemanas makanan, coba cek sisini

Beberapa Manfaat Yang Dimiliki Oleh Ikan Untuk Kesehatan Manusia

1. Dapat Mencegah Kolesterol

Seseorang yang rentan terkena penyakit jantung koroner adalah orang yang memiliki kadar kolesterol di atas 300 mg/dl. Namun, ancaman dari penyakit ini tidak akan terjadi jika rutin mengkonsumsi ikan. Minyak ikan (cold liver) yang ada di dalam tubuh ikan, mengandung asam lemak  tak  jenuh yang baik untuk kesehatan jantung yaitu asam lemak omega 3.

2. Mencegah Terjadinya Depresi

Orang yang mengkonsumsi ikan secara rutin sangat jarang depresi pada tubuh dan otaknya. Mengapa demikian ? karena Asam lemak Omega 3 yang terdapat pada ikan. Gangguan mental sering terjadi karena kurangnya kandungan asam lemak omega 3 pada otak.

3. Mencegah Penyakit Diabetes

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk penderita diabetes, jika anda ingin sehat maka konsumsi lah ikan secara teratur. Selain itu ikan juga dapat membantu melancarkan peredaran darah yang penting untuk mencegah terjadinya diabetes.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat pertama dari mengkonsumsi ikan adalah mencegah terjadinya penyakit jantung. Dalam suatu penelitian, suku  bangsa  Eskimo yang bertempat tinggal di Greenland memiliki prevalensi dari penderita penyakit jantung yang sangat rendah. Hal serupa juga terjadi di Jepang, disana jarang sekali ditemukan orang yang menderita  penyakit  jan­tung koroner. Apa yang menyebabkan semua itu terjadi? Jawabannya sederhana, orang Eskimo dan orang Jepang suka sekali makan ikan.

Sashimi merupakan makanan yang mengandung banyak manfaat ikan salah satunya manfaat ikan salmon. Di Jepang orang-orang sering mengkonsumsi makanan ini, bahan utamanya adalah ikan segar yang masih dalam keadaan mentah. Pada umumnya, orang Jepang dan orang Eskimo sering mengkonsumsi ikan dalam jumlah besar sehingga risiko untuk menderita penyakit jantung bisa lebih ditekan(diperkecil), khususnya untuk penyakit jantung koroner. Perhari, orang Eskimo mengkonsumsi ikan sekitar 300­-400 gram dan orang Jepang biasa mengkonsumsi 100-200 gram.

Nah gimana nih, mudah kan? Selamat mencoba semuanya. Jangan lupa baca juga resep membuat dimsum untuk pemula, trimakasih.