Resep Donat Ubi Ungu Rumahan Dan Juga Banyak Gizinya

resep donat ubi ungu

Resep donat ubi ungu itu sangat mudah. Dan saya akan berbagi untuk cara buat dan langkah – langkahnya untuk kalian, semoga bermanfaat. kami juga menjual mesin pembuat donat.

Resep Donat Ubi Ungu

Bahan :

  • 300 gram tepung terigu
  • 150 gram ubi ungu
  • 1/2 sendok makan ragi instan
  • 35 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 150 gram cokelat masak putih
  • 150 ml air es
  • 30 gram margarin
  • 15 gram susu bubuk
  • minyak padat untuk menggoreng
  • 1 sendok teh garam

Bahan Taburan :

  • 20 gram kopi bubuk instan

Langkah :

  1. Lakukan cara yang pertama ini dengan mempersiapkan peralatan – peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan. Untuk beberapa peralatan seperti halnya baskom, kocokan, loyang, wajan dan sebuah piring saji adalah peralatan penting yang harus anda persiapkan. Untuk itu juga, maka sebaiknya silahkan persiapkan semua peralatan ini dengan baik.
  2. Setelah itu juga selesai, silahkan lanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahan lain, seperti misalkan ubi ungu. Lalu cuci bersih ubi ungu dengan menggunakan air yang mengalir sampai kotoran dan kuman yang ada pada ubi dibersihkan secara merata.
  3. Setelah itu, potong – potong ubi dengan menggunakan pisau dengan ukuran yang kecil – kecil. Setelah itu, lalu masukkan dalam kukusan dan kukus sampai matang dan tekstur dari ubi menjadi lebih empuk dan matang secara merata.
  4. Nah, bila ubi sudah matang silahkan keluarkan dari kukusan dan haluskan dengan menggunakan ulekan pada saat masih panas. Haluskan sampai benar-benar halus secara merata. Setelah itu, sisihkan sementara.
  5. Selanjutnya adalah dengan melelehkan coklat putih. Dan caranya masukkan coklat kedalam mangkuk kaca anti panas dan tempatkan mangkuk diatas panci yang diberikan air. Dan setelah itu, diamkan sementara sampai coklat menjadi lebih leleh secara merata. Angkat dan sisihkan sementara.

Langkah Buat Adonan :

  1. Untuk membuat adonan donat bisa dilakukan dengan menyiapkan baskom dan masukkan tepung terigu secara bersama dengan ragi instan, gula pasir dan juga susu bubuk. Lalu aduk-aduk bahan ini secara merata sampai semuanya tercampur merata.
  2. Setelah itu, lalu tambahkan dengan menggunakan ubi yang telah dihaluskan sebelumnya. Lalu aduk-aduk dan uleni bahan ini secara merata sampai tercampur.
  3. Lalu masukkan telur bersama dengan air es sedikit demi sedikit secara merata sambil terus melanjutkan menguleni adonan secara merata sampai kalis.
  4. Setelah itu, masukkan margain bersama dengan garam kedalam adonan dan uleni bahan ini sampai elastis dan kalis. Diamkan sementara selama kurang lebih 15 menit.
  5. Lalu kempiskan adonan dengan menggunakan tangan, lalu timbang masing-masing adonan sebanyak 15 gram. Bulat – bulatkan adonan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  6. Dan kemudian pipihkan adonan dan lubangi bagian tengahnya dengan menggunakan sumpit atau cetakan. Lalu masukkan dalam loyang dan diamkan selama kurang lebih 60 menit sampai mengembang.
  7. Setelah itu juga, siapkan wajan dan masukkan minyak kedalamnya, tunggu sampai minyak panas dan masukkan adonan kedalamnya goreng sampai matang hingga berwarna kecoklatan.

Manfaat Ubi Ungu Bagi Tubuh

1. Tekanan Darah

Ada banyak sekali kandungan potasium dari dalam semua jenis umbi – umbian, tetapi dalam ubi ungu, potasium terbantu oleh tingginya konsentrasi antioksidan. Dan dengan mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri, Anda dapat meredakan ketegangan pada sistem kardiovaskular. Sehingga menurunkan risiko aterosklerosis, serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.

2. Antioksidan

Ubi ungu juga dikemas dengan antioksidan kuat, termasuk anthocyanin dan flavonoid. Antioksidan ini yang telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan yang tak terhitung jumlahnya dan tetapi fungsi utamanya adalah menetralkan radikal bebas. Juga menetralkan dari produk sampingan yang berbahaya dari respirasi seluler yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit kronis.

3. Fungsi hati

Penelitian juga telah menemukan bahwa mengonsumsi ubi ungu secara teratur meningkatkan tanda tertentu aktivitas enzim hati. Dan ini menandakan bahwa tubuh lebih efektif untuk menghilangkan limbah dan membersihkan darah. Ini juga mungkin dirangsang oleh antioksidan kuat yang ditemukan dalam ubi ungu ini.