Resep Jenang Jagung Mutiara Manis

resep jenang jagung mutiara

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai resep jenang jagung mutiara yang manis dan dapat menggugah selera. Jangan lupa untuk menghidangkannya bagi keluarga anda di rumah.

Tidak asing lagi bukan sebutan jenang ditelinga kalian. Jenang merupakan makanan yang khas di Jawa biasa digunakan untuk acara adat atau acara keagamaan, ada berbagai jenis jenang yang ada di Jawa. Salah satunya ialah jenang jagung.

Jenang jagung merupakan makanan yang terbuat dari jagung yang kemudian diolah menjadi jenang yang keras ataupun juga bisa jenang seperti bubur. Perbedaan itu tidak menjadi masalah bagi mereka yang seneng mangagumi jenang jagung ini karena rasa manis yang dihasilkan tetap sama.

Jenang jagung ini banyak dijumapi di Ponorogo Jawa Timur disana banyak petani yang menanam jagung. Kemudian mereka memanfaatkannya dengan cara mengolah jagung tersebut menjadi jenang jagung dengan bumbu yang disesuaikan dengan lidah masyarakat sekitar.

Penasaran bukan dengan rasa jenang jagung ini tidak perlu  khawatir jika anda ingin mencicipi jenang jagung ini anda tidak perlu jauh – jauh untuk membelinya karena jenang jagung bisa dibuat di rumah sendiri. Berikut resep jenang jagung mutira :

Resep Jenang Jagung Mutiara

resep jenang jagung mutiara

Bahan – Bahan :

  • 400 gram jagung
  • 600 ml santan kelapa
  • 75 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm tepung sagu
  • 60 gram sagu mutiara warna putih
  • 1 sdt vanilli bubuk

Langkah – Langkah :

  1. Cuci bersih jagung lalu sisir jagung, kemudian jagung yang sudah disisir tadi ditumbuk kasar.
  2. Rebus sagu mutiara kurang lebih 10 menit.
  3. Masak jagung, santan, dan gula pasir lalu aduk rata tambahkan vanilli bubuk dan garam. Masak hingga matang dan jangan lupa diaduk.
  4. Masukan tepung sagu, sebelum masukkan tepung sagu kentalkan dahulu tapung sagu menggunakan air jika sudah masukkan ke dalam adonan lalu aduk rata dan masak hingga mendidih.
  5. Setelah itu masukkan sagu mutiara aduk rata kembali.
  6. Jenang jagung mutiara siap untuk disajikan.

Bagaimana ? Mudah bukan untuk membuat jenang jagung mutiara di rumah sendiri dan bahan – bahannya pun mudah untuk didapatkan. Selain menghemat energi membuat jenang jagung di rumah juga dapat menghemat uang.

Mengenal Jagung

Jagung yang menjadi bahan utama pembuatan jenang jagung ini banyak memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Jagung merupakan salah satu tanaman yang banyak menghasilkan karbohidrat yang sangat penting di dunia.

Biji jagung merupakan makanan pokok penduduk Amerika Tengah dan Selatan. Penggunaan yang lain dari jagung yaitu sebagai sumber minyak dan juga sebagai bahan dasar tepung maizena. Ada juga yang memanfaatkan jagung untuk produk industri farmasi dan kosmetik.

Jagung juga termasuk ke dalam tanaman model menarik khususnya dalam bidang biologi dan pertanian. Dari hasil sisi fisiologi, jagung termasuk ke dalam golongan tanaman C4 yang sangat efisien memanfaatkan sinar dari matahari.

Menurut kajian agronomi, jagung memiliki ciri khas terhadap kekurangan atau juga keracunan unsur hara yang sangat penting. Ini menjadikan tanaman jagung sangat disukai sebagai percobaan tanaman pemupukan fisiologi. Selain itu jagung juga dijadikan sebagai objek penelitian genetikan yang sangat intensif yang membantu terbentuknya teknologi seperti kultivar hibrida.

Jangan lupa untuk mencoba membuat resep jenang jagung mutiara ini di rumah dan jangan lupa untuk mencoba resep kacang kentucky sebagai teman cemilan anda di rumah. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi teman – teman semua.