Resep Kacang Bawang Spesial ala Rumahan

resep kacang bawang spesial

Setelah artikel cara menggoreng kacang bawang kali ini saya akan menjelaskan mengenai resep kacang bawang spesial ala rumah yang enak dan tentunya bisa dijadikan cemilan saat nonton tv ataupun saat berkumpul bersama teman.

Sudah tidak asing lagi bukan kacang bawang ditelinga anda makanan yang banyak dijual di toko makanan dan di pasar ini menjadi makanan favorit bagi semua usia karena rasanya yang renyah dan enak membuat yang menikmati menjadi ketagihan.

Kacang bawang sering dijadikan cemilan para remaja saat menonton tv, belajar, ataupun juga saat berkumpul bersama teman – temannya. Selain itu kacang bawang juga cocok dihidangkan saat bulan Ramadhan tiba untuk menyambut sanak saudara yang akan berkunjung ke rumah.

Bagi anda pecinta kacang bawang tidak perlu khawatir lagi saat hendak membeli kacang bawang memiliki rasa malas keluar ataupun malas berpergian jauh untuk mencarinya. Makanan ini bisa dibuat di rumah anda sendiri dan bahan – bahannya pun mudah untuk didapatkan.

Resep Kacang Bawang Spesial

resep kacang bawang spesial

Bahan – Bahan :

  • 1 kg kacang tanah
  • 500 ml santan
  • 15 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm garam
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 liter air
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah – Langkah :

  1. Cuci bersih kacang tanah kemudian rendam menggunakan air mendidih sampai airnya dingin. Lalu kupas kulit kacang tanah sampai selesai.
  2. Masukan kacang, santan, dan bumbu halus ke dalam panci yang sudah disiapkan. Lalu rebus dengan menggunakan api kecil. Rebus sampai mendidih dan bumbu meresap.
  3. Angkat kacang kemudian tiriskan sampai kering atau tidak basah lagi.
  4. Panaskan minyak goreng, setelah panas goreng kacang bersama dengan bawang yang sudah diiris tadi.
  5. Goreng dengan menggunakan api kecil saja agar kacang tidak cepat gosong.
  6. Angkat kacang saat sudah berubah warna, tiriskan.
  7. Jika sudah dingin masukkan kacang bawang ke dalam toples.
  8. Kacang bawang spesial ala rumahan siap untuk disajikan.

Bagaimana ? Sangat mudah bukan untuk membuat kacang bawang di rumah sendiri dan tentu tidak banyak mengeluarkan biaya untuk membeli bahan – bahannya. Hidangkanlah kacang bawang buatanmu untuk keluarga di rumah.

Mengenal Kacang Tanah

Kacang tanah atau bisa disebut dengan Arachis Hypogaea ini merupakan tanaman kacang – kacangan terpenting nomor dua setelah kedelai. Kacang yang menjadi bahan utama pembuatan kacang bawang ini ternyata banyak mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Beberapa manfaat yang ada dalam kandungan kacang tanah ialah bisa membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah penyakit kanker, mencegah penyakit diabetes, membantu menjaga kesehatan kulit, dan juga bisa membantu mengurangi depresi.

Namun dari beberapa pembicaraan yang ada di remaja banyak dari mereka yang takut mengkonsumsi kacang tanah atau bahkan tidak menyukainya karena ada sebuah kalimat menyatakan bahwa bila remaja mengkonsumsi kacang akan menimbulkan jerawat pada wajah. Itulah yang menjadi penyebab mereka tidak mengkonsumsi kacang tanah.

Pada faktanya itu hanyalah rumor yang beredar dilingkungan masyarakat karena menurut penelitian kacang tanah bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Jadi kalian tidak perlu takut lagi saat mengkonsumsi kacang tanah ini karena kacang tanah mengandung resveratrol dan asam tak jenuh tunggal yang bisa membuat kulit menjadi lembab dan bercahaya atau glowing.

Jangan lupa untuk mencoba resep kacang bawang spesial ala rumahan ini dan jangan lupa untuk mencoba resep lain seperti resep sagon bakar ketan. Selamat mencoba.