Resep Kentang Krispi yang Mudah dan Juga Renyah

Resep Kentang Krispi

kali ini saya membuat tentang Resep Kentang Krispi yang Mudah dan Juga Renyah, tidak hanya itu, pada artikel sebelumnya saya membahas tentang Cara Membuat Popcorn Caramel Mudah dan Juga Sederhana

Resep Kentang Krispi yang Mudah dan Juga Renyah

Resep Kentang Goreng Renyah

Bahan

  • 1/2 kg kentang, berukuran sedang ataupun besar
  • Air untuk merebus
  • Air dingin (pakai es batu)
  • Tepung maizena secukupnya
  • Minyak goreng
  • Saus sambal atau tomat

Bumbu

  • 3 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
  • 1 sdt garam

Resep Kentang Goreng Renyah

  1. Pertama, cuci semua kentangnya terlebih dahulu sampai bersih.
  2. Setelah itu kalian bisa kupas kulit kentangnya, untuk mempermudah proses saat pengupasan, kalian bisa menggunakan mesin pengupas kentang.
  3. Setelah kulit kentang sudah selesai dikupas, kalian bisa untuk potong-potong kentangnya menjadi berbentuk stick dengan menggunakan alat pemotong kentang supaya hasil potongannya lebih baik dan juga lebih rapi.
  4. Selanjutnya, rebus air yang cukup banyak sampai mendidih.
  5. Kemudian kalian bisa masukkan kentang ke dalam rebusan air, kemudian kalian bisa masukkan garam dan juga bawang putih yang sudah dihaluskan.
  6. Kemudian angkat kentang yang sudah direbus, lalu tiriskan.
  7. Setelah itu semua kentangnya langsung dimasukkan ke dalam air es, dan kemudian bisa diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu kalian tiriskan lagi.
  8. Gulirkan kentang tersebut diatas tepung maizena dan kemudian diamkan selama beberapa saat, karena tepung maizena akan menyerap kandungan air yang ada dalam kentang.
  9. Selanjutnya kalian bisa menggoreng kentang tersebut setengah matang dengan minyak yang banyak sampai kentang terendam di dalam minyak dari penggorengan, kalian bisa menggunakan deep fryer penggorengan untuk melakukan proses yang satu ini.
  10. Setelah itu, kalian bisa angkat dan kemudian tiriskan, setelah itu biarkan sampai suhunya kembali normal (tidak panas lagi). Lalu kalian bisa simpan sebentar di dalam lemari pendingin atau freezer.
  11. Lalu panaskan minyak goreng yang cukup banyak, dan goreng kentang yang sudah didinginkan tadi sampai benar-benar matang dan berubah warna kuning kecoklatan.
  12. Kentang goreng siap untuk dihidangkan bersama sama dengan saus tomat dan juga saus sambal.

Tips Membuat Kentang Goreng Renyah

1.) Pilih Kentang Yang Mulus dan Segar

Tips pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan memilih kentang yang mulus dan juga tentunya yang masih segar, karena kentang jenis inilah yang paling enak dan juga paling renyah untuk bisa dijadikan french fries. Selain itu, kalian jangan pilih kentang yang memiliki warna kehijauan, pastikan kentang yang kalian pilih masih berwarna kuning kecoklatan.

2.) Rendam Dalam Air Es

Setelah kentang sudah dikupas kulitnya dan juga dipotong sesuai dengan selera masing masing, rendam potongan kentang ke dalam air dingin atau air es. Cukup rendam selama kurang lebih waktu 30 menit untuk dapat menjaga tekstur renyah kentang saat digoreng nanti.

3.) Taburi Tepung Maizena

Setelah direndam di dalam air es, kalian bisa menaburi kentangnya dengan tepung maizena. Tabur secara tipis saja.

Setelah sudah selesai ditaburi dengan tepung maizena, kalian bisa goreng kentangnya secara deep fried atau kentang terendam penuh di dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan tadi, sehingga kadar kematangan yang ada pada kentang akan lebih merata.

Disarankan agar kalian menggunakan deep fryer penggorengan, hal ini bertujuan untuk kentang goreng yang dihasilkan bisa terasa lebih renyah dan juga matang secara merata.

4.) Siram dengan Jeruk Nipis

Mungkin banyak orang yang belum tahu, selain tepung maizena,

kalian juga bisa untuk menyiram kentangnya dengan perasan air jerup nipis dan juga menambahkan es batu ke dalamnya. Aduk sampai menjadi rata dan kemudian diamkan di dalam lemari pendingin selama kurang lebih 30 menit sebelum melakukan proses penggorengan.

Mesin Pengupas Kentang

Bagi kalian yang kesulitan saat mengupas kentang, kalian bisa menggunakan Mesin Pengupas Kentang agar pekerjaan kalian bisa lebih cepat dan efisien