Resep Kentang Panggang Lezat Juga Mengenyangkan

resep kentang panggang lezat

Baik pada kesempatan yang ini saya akan memberikan artikel tentang Resep Kentang Panggang Lezat Juga Mengenyangkan. Makanan jenis kentang panggang ini sangatlah digemari oleh banyak kalangan, baik anak – anak, dewasa, maupun orang tua sekaligus.

Kentang panggang merupakan jenis  makanan yang mudah dibuat dan murah. Jenis umbi kentang juga sebagai sumber vitamin C, serat, kalium, dan mangan yang baik. Oleh sebab itu kentang ini sangat serbaguna, ada banyak cara untuk memasaknya. Dibawah ini merupakan beberapa resep kentang panggang yang mudah dibuat di rumah anda.

Kentang merupakan sayuran yang berbentuk bulat dengan kulit berwarna coklat krem. Sayuran ini memiliki kandungan gizi dan energi yang sangat baik untuk tubuh kita. Kentang yang biasanya dibuat untuk bahan membuat sayur sop atau bahan pelengkap masakan lainnya, namun kali ini kentang akan dijadikan sebagai bahan makanan utama yang akan dibuat menjadi kentang panggang atau bakar. Tentu saja makanan ini dibuat dengan cara dipanggang dalam oven sehingga tidak memiliki kandungan lemak.

Kentang panggang juga akan kami lengkapi dengan mayonaise dan saus tomat. Resep membuat jenis makanan ini cukup sederhana dan mudah namun memiliki rasa yang sangat berkualitas. Pasti banyak diantara anda yang belum pernah mencoba resep masakan yang satu ini meskipun dengan cara yang mudah. Oleh karena itu, disini kami akan membuat resep kentang panggang dengan dilengkapi saus tomat dan mayonaise.

Fakta Unik Tentang Kentang

resep kentang panggang lezat

  1. Kentang merupakan umbi yang pertama kali ditemukan sejak 2000 tahun yang lalu. Kentang juga pertama kali ditemukan di wilayah pegunungan Andes di Peru oleh suku Inka, sekurang-kurangnya sejak 2000 tahun yang lalu sebelum kedatangan penjajah Spanyol. Untuk awalnya ditemukannya dalam penggalian terdapat butiran pati kentang. Untuk nama Potato sendiri berasal dari bahasa Inka yaitu ‘papa’ yang serupa dengan ‘batata’.
  2. Bentuk dan warna kentang yang beragam, Bentuk dari tanaman kentang ini sangat beragam, namun yang sering dijumpai di daerah Indenesia hanyalah yang berbentuk bulat dan lonjong. Oleh karena itu bentuk  kentang ada yang kotak, memanjang maupun pipih. Untuk warnanya sendiri terdiri dari beberapa jenis yaitu ada yang berwarna kuning cerah, jingga, merah, maupun ungu.
  3. Kentang memiliki variasi permukaan kulit kentang dikarenakan dengan adanya tunas samping (aksilar) atau biasa dikenal sebagai mata. Setiap mata merupakan sekelompok tunas, lalu disetiap tunas mampu tumbuh menjadi batang yang baru. Jika diperhatikan mengapa kulit kentang sering mengelupas? Hal itu yang terjadi karena umbi yang belum siap matang dan juga akibat daei pembentukan kuliat yang tidak memadai.

Resep Kentang Panggang Lezat

resep kentang panggang lezat

Bahan – Bahan yang Diperlukan :

  • 4 butir kentang
  • 3 sdm mentega
  • 2 sdm oregano
  • 2 sdm basil
  • 1 sdt garam
  • 4 sdm keju, parut
  • 1 ½ sdm keju parmesan, parut

Cara membuat:

  1. Panaskan oven hingga suhu 218’C
  2. Kemudian potong – potong kentang tipis-tipis, namun pastikan kentang tidak terpotong sepenuhnya
  3. Lalu oleskan kentang dengan mentega, lalu taburkan garam, oregano, dan basil di atasnya.
  4. Selanjutnya panggang kentang selama 50 menit, lalu keluarkan dari oven. Tambahkan keju cheddar dan keju parmesan di atasnya, dan panggang kembali selama 15 menit atau hingga keju meleleh.
  5. Angkat dan dinginkan. Dan kentang panggang dengan lelehan keju yang gurih pun sudah siap kamu nikmati!

Resep Kentang Panggang Saus Tomat Mayonaise

resep kentang panggang lezat

Bahan – Bahan :

  • 500 gr kentang ukuran sedang
  • garam untuk taburan secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • alumunium foil
  • margarine secukupnya
  • mayonaise
  • saus tomat

Langkah – Langkah Pembuatan :

  1. Pertama – tama kupas kulit kentang lalu dicuci dengan air sampai benar-benar bersih
  2. Lalu kukus kentang yang sudah bersih sampai matang dan empuk
  3. Kemudian bungkus kentang yang sudah dikukus dengan alumunium foil hingga rapat
  4. Selanjutnya panggang dalam oven sampai matang dan berwarna sedikit kehitaman
  5. Setelah itu kentang yang masih dalam keadaan terbungkus dibelah silang kemudian dibentuk seperti bunga yang mekar
  6. Lalu taburi pada bagian tengah kentang dengan garam dan merica bubuk lali dioles dengan mentega selagi masih panas.
  7. Tata kentang bakar diatas piring saji lalu beri tambahan bahan pelengkap yaitu saus tomat dan mayonaise.

Nah bagaimana dengan artkel saya di atas mengenai Resep Kentang Panggang Lezat Juga Mengenyangkan  ? Cara yang saya bagikan tadi sangat mudah bukan untuk membuatnya?. Dan jangan lupa juga membaca artikel lain tentang  Resep kentang panggangSelamat mencoba!