resep keripik jagung tortilla

Resep Keripik Jagung Tortilla jagung yang segar terasa lembut dan beraroma. Bahan yang diperlukan untuk membuatnya mudah.  Kalian dapat menambahkan sedikit garam, atau bumbu yang lain yang kalian suka. tepung jagung yang digiling sangat halus, terlebih dahulu dihalus daripada tepung jagung  yang biasanya dijual murah dan tersedia di banyak tempat, namun di wilayah kalian bahan ini mungkin hanya dijual di toko yang khusus. Jagung ini dikeringkan, dimasak, digiling lalu dikeringkan lagi. Jagung dimasak dalam air yang berisi kapur sirih sehingga memberikan rasa yang unik.

Resep Keripik Jagung Tortilla

resep keripik jagung tortilla

Bahan

  • 2 cangkir masa harina
  • 1 cangkir + 2 sdm air
  • Sejumput garam (opsional)
  • Minyak nabati untuk disapukan

Cara Membuat:

  1. Gabungkan masa dan air dalam mangkuk besar. Campurkan air sedikit demi sedikit agar adonan bagus dan rata.
  2. Campurkan sampai adonan sampai halus, tapi tidak kering atau lengket. Kalian mungkin harus menambahkan sedikit air.
  3. Ambil sesendok makan adonan untuk setiap tortilla. Tortilla jagung biasanya dibuat lebih kecil dibandingkan dengan tortilla tepung.
  4. Letakkan adonan di antara dua lembar kertas lilin.
  5. Giling hingga adonan berbentuk lingkaran kasar dengan diameter 15 cm. Lingkaran harus cukup tipis, namun tebal juga tidak masalah. Jika adonan robek, gilingkan kembali dan coba lagi. Setelah beberapa saat, Anda akan bisa merasakan seberapa tebal gulungan yang tepat.
  6. Kalian juga dapat menggunakan pencetak tortilla, namun alat ini hanya digunakan jika Anda sudah tahu cara membuat tortilla jagung. Sebagian ahli pembuat tortilla dapat menekan adonan yang cukup tipis dengan tangan, namun lebih mudah bagi pemula untuk menggunakan gilingan adonan dan meletakkan adonan di antara lembaran kertas lilin.
  7. Tumpukkan adonan di antara lembaran kertas lilin. Jika mau, sikat kedua sisi tortilla yang masih mentah dengan sedikit minyak sayur sebelum ditumpukkan
  8. Panaskan wajan antilengket di atas api sedang-tinggi. Panci besi cor paling baik karena menyebarkan panas secara merata dan cepat.
  9. Masukkan tortilla kedalam wajan dan masak selama  kurang lebih 30 sampai 60 detik di setiap sisi. Permukaan tortilla akan terlihat sedikit kering. Cicipi sedikit tortilla terlebih dahulu untuk melihat apakah kalian lebih suka dimasak lebih lama atau sebentar.
  10. Masaklah tortilla selama kurang lebih 90 detik di satu sisi untuk membuat permukaannya sedikit hangus. Lalu balikkan tortilla pada sisi lainnya, masak selama 15 detik sebelum dikeluarkan dari panas
  11. Letakkan tortilla  yang sudah matang di antara dua handuk piring  yang sudah disiapkan siapkan handuk yang bersih dan agak sedikit tebal, agar tortilla tetap lembab hingga siap dimakan

Resep Membuat Keripik Jagung Balado Renyah

resep keripik jagung tortilla

 Resep Keripik Jagung Pedas, Keripik Jagung Tortilla, Keripik Jagung, Keripik Jagung Keju, Keripik Jagung Tortilla Pedas, Keripik Jagung Aneka Rasa, Keripik Jagung Maitos, Keripik Jagung Renyah, Keripik Jagung Adalah, Keripik Jagung Bandung.

Bahan :

  • 2 buah jagung manis ( diparut halus )
  • 250 gr tepung terigu
  • margarine 30 gr
  • telur ayam 1 butir ( kocok lepas )
  • tepung sagu 35 gr
  • bubuk balado secukupnya ( untuk taburan )
  • garam 3/4 sendok makan
  • minyak goreng secukupnya
  • 1 sendok teh baking powder

Cara Membuat Keripik Jagung :

  1. Pertama , Campurkan semua bahan yang sudah dibuat sebelumnya menjadi satu dalam satu wadah ukuran sedang
  2. Aduk atau uleni dengan tangan sampai adonan menggumpal
  3. Kemudian , Giling adonan dengan gilingan mulai ukuran besar sampai menjadi adonan yang tipis
  4. Potong adonan lalu bentuk menjadi bentuk segitiga atau jajar genjang
  5. Panaskan minyak lalu goreng adonan diatas api sedang sampai matang, angkat tiriskan
  6. Taburi dengan bubuk balado kemudian siap disajikan