Resep Keripik Singkong Manis Gurih

resep keripik singkong manis

Pada kali ini saya akan memberikan beberapa resep keripik singkong manis. Yang mana cemilan keripik singkong ini selain rasanya manis gurih, enak, mudah untuk kita buat, dan juga menyehatkan. Cemilan keripik ini sangat digemari banyak orang karena cocok dijadikan sebagai cemilan bareng keluarga sambil duduk santai.

Sekilas Tentang Keripik Singkong

Keripik singkong adalah jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar umbi singkong dengan cara diiris tipis-tipis lalu digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Keripik singkong ini terkenal dengan aroma rasanya yaitu asin gurih dan aroma bawang yang gurih.

Dalam perkembangan sekarang banyak memunculkan variasi rasa keripik singkong baru ini, tidak hanya asin gurih akan tetapi juga ada yang asin pedas dan manis pedas atau yang kita kenal dengan sebutan bumbu balado.

Singkong umbi ini sangat populer sekali di Indonesia, karena dalam pengolahan makanan dari singkong ini sangat beragam cara yang salah satunya paling banyak digemari yaitu keripik singkong. Keripik singkong yang pada umumnya diolah dengan varian rasa asin gurih atau ditambahkan taburan gula yang sudah dihaluskan sehingga berasa manis, akan tetapi ada juga yang menggunakan variasi melalui pencampuran bumbu lainnya yaitu dengan bumbu tabur perasa yang beraneka ragam rasanya, contoh kecilnya rasa barbeque.

Sekilas Manfaat Dari Tanaman Singkong

resep keripik singkong manis

Dalam mengatasi luka bernanah, anda bisa memanfaat batang singkong segar yang ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Namu kalau untuk luka garukan, singkong diparut kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit dan diberi kain perban. Kalau untuk obat luka dibagian kulit yang terkena benda panas, caranya singkong diparut lalu diperas, dan airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap, kemudian patinya dioleskan pada bagian yang luka.

Dalam mengatasi diare, ambil tujuh lembar daun singkong kemudian direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc.

Selain sebagai makanan, ternyata tanaman singkong ini memiliki berbagai khasiat sebagai obat. Di antaranya obat sakit kepala, rematik, demam, diare, luka, disentri, cacingan, rabun senja, beri-beri, dan bisa juga untuk meningkatkan stamina.

Untuk mengatasi rematik salah satu cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan pemakaian daun singkong, sebanyak lima lembar daun singkong, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya, kemudian dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Lalu semuanya diaduk sampai rata dan apabila sudah tercampur rata ramuan siap dioleskan ke bagian yang sakit

Resep Keripik Singkong Manis dan Varian Lainnya

1. Resep Keripik Singkong Manis Gurih

Bahan – Bahan yang Diperlukan :

  • 1 singkong kuning Uk.besar potong”
  • 1 batok gula merah
  • Sedikit garam + air

Langkah – Langkah Pembuatan :

  1. Kupas singkong kemudian bersihkan didalam air bersih
  2. Kemudian singkong dipotong-potong lalu direbus
  3. Setelah singkong matang empuk, kemudian iris tipis-tipis, dan jemur hingga kering dan tidak ada airnya
  4. Setelah singkong yang dijemur kering, kemudian goreng ke dalam minyak panas, sampai warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan
  5. Kemudian siapkan bahan gulalie, gula merah diiris tipis kemudian masak dengan secukupnya air, beri gula pasir & garam, masak hingga mendidih.
  6. Apabila sudah mendidih kemudian masukkan singkongnya dan diaduk sampai semuanya tercampur dengan rata.
  7. Setelah semuannya tercampur dengan rata maka keripik singkong manis gurih siap untuk disajikan.

2. Resep Keripik Singkong Manis Pedas

Bahan – Bahan yang Diperlukan :

  • 1 kg singkong
  • 1 ons cabe merah besar
  • 10 bji cabe rawit merah
  • 6 buah bawang putih
  • 10 g gula merah
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • 1 sendok makan sasa/boleh kurang
  • 1 sendok makan asam jawa/ambil airnya

Langkah – Langkah Pembuatan :

  1. Cuci bersih singkong dan iris singkong sisihkan
  2. Haluskan cabe dan bawang putih sisikan
  3. Goreng singkong yg udah diiris/diparut tadi.. (goreng dg keadaan minyak panas baru bisa di masikin singkongny..klo udah 1/2 kering kasih air garam.biar ada rasa asin2 ny. lalukan sampe selesai.sisihkan
  4. Masak bumbu yg sudah dihaluskan dgn sedikit minyak…masukan gula merah dan gula pasir.sasa aduk2 dgn api kecil ajh y bun.klo udah hampir mateng masukin air asam dan masak sampe benar2 mateng y
  5. Masukan keripik yang sudah digoreng sambil diaduk-aduk sampai rata. Setelah itu keripik siap untuk disajikan

Demikian tadi ulasan mengenai resep keripik singkong manis. Untuk tahu lebih lanjut dalam resep keripik singkong yang lainnya anda bisa membaca diartikel cara membuat keripik singkong. Selamat mencoba dirumah dan semoga dapat bermanfaat🙏