Resep Kerupuk Bawang Nasi Renyah dan Tahan Lama

resep kerupuk bawang nasi

Kerupuk merupakan makanan ringan yang cukup familiar dan sangat diminati oleh kebanyakan orang.ada banyak jenis kerupuk yang kita jumpai salah satunya adalah kerupuk bawang nasi.Resep kerupuk bawang nasi bisa dikatakan salah satu jenis kerupuk yang sangat banyak peminatnya karena rasanya cukup khas dan gurih rasanya.

Jika anda adalah salah satu orang yang menyukai kerupuk bawang anda tidak harus membeli dipasar atau diwarung karna sebenarnya anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mudah.Jika anda tidak tahu bagaimana dan apa saja resep cara membuat kerupuk bawang nasi  yang lezat ? anda tak perlu khawatir kami akan menjelaskan lebih rinci dibawah ini.

Berikut Resep Kerupuk Bawang Nasi Dengan Rasa yang Nikmat

Bahan :
  • 200 gram Nasi (1 piring nasi)
  • 300 gram Tapioka
  • 50 ml air
  • 4-5 siung Bawang Putih
  • 1/2 sdt Merica Bubuk
  • 2 sdt Garam halus
  • Gula
  • Cabai merah
Cara Membuat Resep Bawang Nasi :
1. Jika menggunakan nasi sisa( nasi kemaren tetapi yang masih bagus atau tidak berbau, kukus sebentar ) Bila menggunakan nasi baru tidak perlu dikukus lagi. Pertama-tama masukkan nasi ke dalam blender, tambahkan bawang putih, garam dan merica serta gula dan air, proses hingga menjadi bubur nasi.
2. Masukan bubur nasi ke dalam wadah, cicipi rasanya. Tambahkan tapioka sedikit demi sedikit, aduk rata.
3. Kemudian ulen adonan sampai bisa dikepal dan kalis. Kemudian bentuk bulat lonjong. Pada tahap berikut ini jika adonan masih saja terlalu lembek maka anda perlu menambahkan ekstra tepung kanji / tapioka.
4. Kukus adonan kerupuk kurang lebih 30 menit. Lakukan tes tusuk.
5. Dinginkan adonan , kemudian simpan adonan kerupuk dalam kulkas semalaman (sehari semalam) atau sampai adonan terlihat keras.
6.Kemudian jika adonan telah tampak keras dan siap dipotong, keluarkan adonan krupuk dan potong-potong tipis sampai habis.
7. Jemurlah kerupuk bawang nasi dibawah panas matahari selama 2-3 hari.
8. Kerupuk bawang siap untuk di goreng.

Tips yang Dapat Anda Lakukan Dalam Membuat Kerupuk Bawang Nasi

Terlebih Dahulu lelehkan Margarin di Dalam Santan

Tidak heran kerupuk ini sangat begitu gurih. Ternyata santan digunakan sebagai bahan cair dalam adonannya. Kandungan yang terdapat pada lemak nabati pada bawang dapat membuat kerupuk jadi lebih gurih dan harum.

Terlebih dahulu, kita masukan santan terlebih dahulu sambil melelehkan margarin di dalamnya. Langkah berikut bertujuan supaya adonan kerupuk bawang warna warni ini nantinya lebih halus, tidak bertekstur crumbly, dan tercampur dengan rata.

Jangan Gantikan Santan Dengan Air

Penggunaan santan pada pembuatan kerupuk bawang  dapat membuat citra rasa pada kerupuk bawang hingga kerupuk bawang gurih, harum, da renyah. Hasilnyapun pasti tidak akan keras atau terdapat kerupuk yang keras dimakan sehingga siapa saja maupun lansia sekalipun bisa menikmatinya. Hasil yang seperti inilah jika anda mengganti margarin menggunakan air sebagai pengganti santan.

Memastikan Semua Bahan Bersuhu Ruang

Bahan santanlah yang paling utama dan yang paling dulu dituangkan  .  Jika suhu pada api yang tidak tepat akan sangat berdampak pada suatu adonan dan kerupuk yang dihasilkan, yang selanjutnya akan merubah tekstur akhir kerupuk bawang tersebut.

Gunakan Irisan Bawang untuk Kerupuk Lebih Bertekstur

Saat proses pembuatan kerupuk bawang nasi, anda bisa menghaluskan bawangnya lalu jika sudah campurkan ke dalam adonan. Jika mau kerupuk bawang nasi menjadi lebih renyah, kalian bisa pilih untuk mengiris bawangnya tipis-tipis agar semakin gurih dan campurkan ke dalam adonan dan masukan irisan seledri.

Menggiling Tipis Adonan

Kerupuk bawang nasi pastinya akan terasa lebih enak dan renyah bila bentuknya tipis, sehingga lebih kriuk. Agar kerupuk bawang nasi mempunyai ketebalan yang sama, tipiskan adonan kerupuk bawang dengan menggunakan alat gilingan mie.

Jika anda tidak mempunyainya, jangan khawatir anda juga bisa tipisikan menggunakan  adonan secara manual, memipihkannya bisa dengan rolling pin atau botol kaca. Pipihkanlah adonan hingga berulang ulang kali hingga ketebalanya sesuai dengan yang anda inginkan.

Menggoreng dan Menyimpan Kerupuk

Jika ingin kerupuk bawang nasi anda beraroma sedap dan tidak berbau tengik, gunakan minyak goreng yang masih fresh. Gorenglah kerupuk bawang nasi menggunakan api yang kecil atau sesuai keinginan anda hingga kerupuk bawang telah matang, kering, dan kecokelatan. Segera angkat dan tiriskan.

Mungkin sekian artikel yang saya berikan kepada anda ataupun anda bisa membaca artikel cara membuat kerupuk bawang jika anda ingin yang lebih rinci mengenai berbagai macam manfaatnya. Semoga bermanfaat terimakasih