resep kerupuk udang homemade

Resep kerupuk udang homemade merupakan pendamping makan nasi atau camilan yang bisa dengan mudah kita temukan di mana saja. Tetapi, jika membuat kerupuk sendiri pasti akan mendatangkan kebanggaan karena keberhasilan. Apalagi, jika rasanya sangat sesuai atau bisa anda sesuaikan dengan selera lidah sendiri dan keluarga.  kerupuk udang juga sangatlah higienis dan juga sehat karena sangat terjamin semua bahan dan proses saat pembuatannya.

Berikut Resep Kerupuk Udang Homemade Mudah Nikmat

Bahan-bahan :

  • 1 kg udang bersih
  • 3/4 kg tepung tapioka
  • air
  • penyedap rasa
  • garam

bumbu halus :

  • 20 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1/2 sdt merica

Langkah Membuat :

  1. Blenderlah udang hingga halus, sementara bisa sambil menghaluskan bumbu yang lainya
  2. Kemudian campurkan udang yang telah halus lalu masukan tepung tapioka, bumbu halus,garam & penyedap beri sedikit demi sedikit air hingga membentuk adonan lalu tes rasa
  3. Lalu, terus aduk sampai adonan halus dan bentuklah memanjang seperti sayur terong bisa juga dengan selera anda masing masing
  4. Kemudian rebus dalam air yang telah mendidih, jika telah kerupuk mengapung maka angkat dan tiriskan hingga dingin
  5. Setelah itu kemudian masukkan ke dalam kulkas (freezer) selama kurang lebih selama 4 jam atau lebih sampai kerupuk kaku
  6. Iris tipis kerupuk lalu jemur
  7. Setelah kurleb 3-4 hari kerupuk siap digoreng (apabila cuaca panas)
  8. Goreng dalam api sedang..kerupuk siap dimakaann

Berikut Terapan yang Bisa Anda Lakukan

1. Pilih bahan utama dengan kualitas terbaik

Buat apa bikin cemilan atau makanan sendiri jika tidak menggunakan bahan baku yang terbaik? Pilihlah udang segar yang memiliki ukuran yang sedang untuk mendapatkan rasa yang terbaik. Tak hanya itu udang sedang juga kan lebih mudah dikupas dan dibersihkan. Selanjutnya, pilihlah tepung tapioka yang pastinya masih bagus yaitu tidak apek dan kering dan liat pada kemasannya rusak atau tidak jika rusak jangan dibeli.

2. Mengadoni dengan tepat

Persamaan makanan antara kerupuk udang, siomay atau pempek ialah tekstur adonan yang sama-sama kalis, Perbedaannya yaitu siomay atau pempek yang memilikitekstur akhir lentur dan empuk.  Sedangkan kerupuk haruslah renyah. Kuncinya terletak pada proses pengadukan adonan.

Campurkan terlebih dahulu tepung tapioka bersama udang dan bumbu-bumbu hingga tercampur rata hingga sempurna. Kemudian selanjutnya masukkan air dan telur, lantas uleni hingga kalis, adonan yang merata seperti ini menghasilkan kerupuk yang renyah namun tidak keras.

3. Mengukus adonan kerupuk

Sebelum diproses diuleni hingga kalis, adonan kerupuk terlebih dahulu perlu dikukus hingga benar-benar matang dan padat. Oleh karena itu, maka proses pengukusan bisa memakan waktu yang lama hingga beberapa jam kemudian bungkus adonan kerupuk yang telah kalis dengan daun pisang dan bentuklah jadi gulungan besar. Setelakh itu, barulah kukus adonan hingga adonan matang. Setelah adonan matang, biarkan adonan hingga dingin atau bersuhu ruang.

4. Menjemur kerupuk secara alami

Lebih bagusnya anda membuat kerupuk udang ini saat musim kemarau sebab kerupuk udang mentahan harus dijemur di bawah sinar matahari terlebih dahulu hingga kering setelah adonan kerupuk dingin, irislah tipis-tipis.

Setelah itu, kemudian jemur kerupuk udang di bawah sinar matahari dampai benar-benar kering, kurang lebih selama 1-2 hari. Tujuan dari penjemuran ini agar kerupuk bisa mengembang sempurna ketika saat penggorengan dan tidak ada bagian yang keras/bantat.

Mungkin sampai disini artikel yang dapat saya sampaikan kepada anda ataupun anda bisa membaca artikel cara membuat kerupuk udang jika anda ingin tau lebih rinci mengenai pengolahan dan berbagai macam manfaatnya. Semoga bermanfaat terimakasih