Resep Kue Basah Kekinian yang Enak dan Mudah Untuk Membuatnya

resep kue basah kekinian

Pada kesempatan ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang kue basah, resep kue basah kekinian dan jugua manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu juga ada juga cara membuat teh poci milo yang cocok untuk menemani anda sambil memakan kue basah

Kue adalah kudapan atau makanan ringan yang bukan makanan utama. Biasanya bercita rasa manis atau ada pula yang gurih dan asin. Makanan yang satu ini seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, Baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu.

Kue tradisional Nusantara lazim ditemukan di Indonesia, Malaysia, Singapura, serta Belanda melalui hubungan sejarahnya dengan Indonesia.

Kue basah merupakan makanan kecil yang bisa dijadikan alternatif camilan. Biasa disantap di pagi atau sore hari. Kue basah umumnya empuk, lembut, dan tidak bertahan lama (hanya bertahan beberapa hari).

Biasanya terbuat dari tepung terigu, sagu, gula, bahkan ada yang berbahan santan atau ketan.Kue basah umumnya empuk, bertekstur lembut, dan tidak dapat bertahan lama (hanya bertahan beberapa hari atau kurang).

Hal ini karena umumnya kue tradisional terbuat dari tepung beras, gula, dan santan, sehingga lekas basi. Kue basah biasanya dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng. Kebanyakan kue tradisional Nusantara adalah kue basah, dan umumnya dapat ditemui di pasar tradisional di Indonesia.

1. Resep Kue Basah Kekinian (Kue Pukis)

resep kue basah kekinian

Bahan bahan

  • 200 gram tepung terigu
  • 3 butir telur ayam utuh
  • 2 kuning telur
  • 300 mili santan
  • 70 mili air hangat
  • 1 sendok makan ragi kue
  • 1 sendok makan garam
  • 150 gram gula pasir
  • 130 gram keju
  • 130 gram meisis cokelat

Cara Membuat

  1. Potong atau parut keju sebagai topingnya. Kemudian campurkan ragi kue dengan air hangat dan mengaduknya sampai larut. Setelah larut secara sempurna maka sisihkan.
  2. Rebus santan, dengan diaduk terus agar santan tidak menggumpal atau pecah. Hal itu dilakukan sampai santan mendidih, setelah mendidih maka api dapat dimatikan dan biarkan santan menghangat.
  3. Kemudian masukkan ragi kue ke dalam adonan tersebut dan masukkan santan hangat. Aduk lagi hingga semua bahan tersebut tercampur merata atau tidak ada gumpalan sekalipun kecil. Setelah itu diamkan sekitar 15 sampai 25 menit.
  4. Siapkan cetakan kue pukis atau loyang di atas kompor dengan api kecil. Api besar wajib dihindari agar kue tidak gosong atau matang hanya sebagian.
  5. Setelah itu oles cetakan kue dengan margarine. Maka adonan dapat di tuang ke cetakan sampai hampir penuh dan tutup sebentar. Setelah beberapa menit buka penutup tersebut dan berikan taburan keju atau meises maupun topping lain sesuai selara. Kemudian tutup kembali sampai matang.
  6. Tatkala kue pukis dirasa sudah matang, maka angkat kue cubit dari cetakan. Lalu sajikan kue pukis sebagai teman keluarga atau persiapan untuk jualan maupun menyambut hari penting.

 

Manfaat Jika Rutin Makan Kue Dalam Porsi Yang Cukup

1. Membantu kelancaran fungsi ginjal

Soda kue mengurangi kadar asam dalam tubuh dan membantu menjaga kadar pH. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Society of Nephrology, menyatakan tingkat penurunan fungsi ginjal berkurang pada pasien yang menggunakan soda kue dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya.

2. Membantu atasi nyeri sendi

Tingginya kadar asam urat menyebabkan nyeri pada tubuh, radang sendi, dan asam urat. Menggunakan soda membantu menetralkan kelebihan asam dan dapat berperan menjadi obat yang efektif.

3. Baik untuk bibir gelap

Soda kue yang juga dikenal sebagai zat pembersih, bekerja dengan baik untuk bibir yang gelap juga. Caranya, Anda bisa tuang soda kue ke dalam mangkuk, tambahkan madu dan aduk hingga tercampur rata.