Resep Martabak Telur Rumahan Isi Tahu dan Kentang

resep-martabak-telur-rumahan

Pada artikel kali ini kita akan membahas resep martabak telur rumahan yang mudah dan enak namun kita variasikan dengan isi Tahu dan Kentang sehingga Martabak akan sangat enak dan tebal serta menggiurkan. Kalian bisa jadikan ini sebagai ide bisnis bagi yang ingin terjun ke dunia kuliner dimasa pandemi.

Martabak telur adalah makanan yang sangat terkenal di Indonesia lho juga termasuk menjadi makanan yang bertahan dari zaman dahulu hingga saat ini. Martabak yang kita tahu sampai saat ini ada dua jenis yaitu martabak manis dan martabak telur atau martabak asin. Hal yang membuat kedua martabak ini berbeda adalah adonannya.

Kali ini kita akan membahas resep martabak telur yang terbuat dari adonan yang dicampur dengan telur ayam dan diisi dengan irisan daun seledri dan serta potongan daging sapi. Beberapa martabak telur juga menggunakan telur bebek dan mengganti daging sapi dengan daging kambing.

Tips Membuat Kulit Martabak Telur Rumahan

Sebelum lanjut ke resep martabak telur, banyak orang yang menyukai kulit martabak telur yang lembut dan empuk, tapi ada juga yang suka bagian kulitnya krispi dan renyah. Untuk membuat adonan kulit  yang seperti ini memang diperlukan teknik khusus, tapi bisa dibuat di rumah dengan mudah

1. Tepung beras

Gunakan tepung terigu dengan campuran tepung beras untuk tekstur keras dan renyah. Cukup tambahkan satu hingga dua sendok makan tepung beras dalam setiap 100 gr tepung terigu. Penambahannya bisa disesuaikan.

2. Minyak Goreng

Jangan salah menggunakan margarin atau mentega untuk kulit maratabak, jangan pula menggantinya. Bahan penting yang digunakan dalam membuat kulit martabak yang renyah adalah minyak goreng.

Meski sama-sama lemak namun fungsinya berbeda dan sangat memengaruhi hasil adonan.  Berbeda dengan cara membuat telur dadar gulung yang hanya menggunakan sedikit minyak, bahkan jika menggunakan wajan anti lengket tidak perlu lagi menggunakan minyak

3. Uleni Hingga Kalis

Setelah adonan dicampurkan, uleni dulu selama kurang lebih 5 menit hingga kalis. Proses menguleni cukup penting karena membantu adonan tercampur merata sekaligus membuatnya agar bisa elastis.

4. Rendam Minyak

Proses ini sangat penting karena membantu adonan martabak lentur, elastis dan hasilnya renyah ketika digoreng. Adonan martabak juga bisa digilas hingga sangat tipis namun tidak mudah putus. Proses perendaman bisa berlangsung 30-60 menit atau semalaman.

5. Minyak yang Banyak

Saat menggoreng usahakan gunakan wajan yang lebar sehingga bisa menggoreng martabak dengan baik. Gunakan minyak cukup banyak dengan api kecil setelah minyak benar-benar panas agar martabak matang merata, tidak gosong namun hasil kulit akan garing, dan krispi renyah.

Nah Sekian Tips membuat Kulit Martabak telur, kita lanjut ke resep martabak telur yuk. Oh iya Jika kalian ingin memulai belajar memasak selama masa karantina maka kalian bisa mencoba cara membuat bolu coklat kukus tanpa mixer loh gampang banget kan gakpake alat-alat tambahan!

Resep Martabak Telur Rumahan Isi Tahu dan Kentang

resep-martabak-telur-rumahan

Bahan-bahan:

Bahan Martabak :

  • 300 gr kentang, potong dadu, rebus sampai empuk
  • Tahu Putih di hancurkan dengan garpu jangan sampai halus
  • 2 butir telur
  • 1 batang daun bawang besar, iris
  • bawang bombai ukuran kecil 1 buah saja, cincang
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1/2 sdt bubuk kari
  • garam, merica, kaldu bubuk
  • 6 lembar kulit lumpia
  • larutan terigu untuk mengelem

Bahan Kuah :

  • 400 ml air
  • 125 gr gula merah atau gula aren
  • 1 sdt asam Jawa
  • garam
  • bawang bombai ukuran kecil cukup 1/2 saja, iris panjang
  • 1/2 buah  Tomat, buang biji, potong dadu
  • cabai rawit hijau, potong kecil-kecil

Cara Membuat Martabak Telur Rumaha isi Tahu dan Kentang:

  1. Campurkan Kentang, tahu, daun bawang dan semua isian. Aduk sampai rata semua bahan isi
  2. Tambahkan Telurnya dan bumbui sesuai selera. Aduk lagi sampai rata
  3. Siapkan kuali dan Panaskan minyak yang banyak untuk menggoreng, lalu nyalakan api ukuran sedang-kecil.
  4. Ambil selembar kulit lumpia, isi dengan 1/6 bagian isi, lipat seperti berbentuk amplop. lem dengan larutan terigu, langsung goreng sampai kecokelatan. Sisihkan
  5. Untuk Kuahnya, Didihkan air, gula merah, asam Jawa dan garam sampai gula larut. Angkat lalu saring. Dinginkan
  6. Setelah itu bisa dimasukkan bawang bombay, tomat dan cabae rawit, kemudian aduk rata, diamkan sebentar agar wangi bombai masuk ke dalam kuahnya. Sajikan dengan martabak yang sudah dibuat

Selamat Mencoba..Untuk melihat tips membuat martabak bisa mengunjungi artikel Resep martabak telur. Semoga Berhasil