Cara Membuat Keripik Apel yang Manis dan Renyah

cara membuat keripik apel

Cara membuat keripik apel – Dalam artikel ini saya akan memberikan sebuah Artikel yang berisi tentang cara membuat keripik Apel . Apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan oleh pohon buah apel.

Buah apel mempunyai banyak warna, biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Dan kali ini saya akan memberikan tips cara membuat buah apel

Cara Membuat Keripik Apel yang Manis dan Renyah

Cara membuat keripik apel ternyata tidak sulit. Resep keripik apel ini bisa Anda coba, hasilnya renyah dan empuk. Keripik apel bisa camilan yang sehat karena tidak digoreng. Bahkan, keripik apel bisa jadi ide usaha yang menjanjikan.

Bahan:

  • 4 buah apel Malang
  • 50 ml perasan air lemon
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt kayu manis

Cara Membuat Keripik Apel :

  1. Pertama-tama kupas kulit apel kemudian buang semu bijinya dan juga iris tipis bagian tengahnya.
  2. kedua campurkan dalam sau wadah bahan seperti gula pasir dan juga kayu manis.
  3. Selanjutnya ambil wadah yang berisi air lemon dan celupkan apel ke dalamnya. Tiriskan kemudian masukan ke dalam campuran kayu manis dan juga gula pasir.
  4. Siapkan dahulu loyang lalu olesi dengan mentega dan lapisi dengan kertas pemanggang.
  5. Letakkan semua  apel yang telah di iris ke dalam loyang dan tata didalamnya.
  6. Setelah itu kemudian masukkan ke dalam alat oven dan kemudian panggang dengan suhu sekitar 120°C tunggu sampai matang dengan kisaran antara sekitar 1 jam.
  7. Jika telah matang, biasanya di tandai dengan perubahan warna pada irisan apel menjadi kering kecokelatan.
  8. Angkat kemudian tiriskan terlebih dahulu kemudian masukkan pada toples.
  9. Untuk menghidangkannya, bisa ambil keripik secukupnya dan simpan di piring saji. Setelah itu kemudian segera tutup kembali agar keripik tetap gurih.

Alasan Memilih Keripik  Apel

Ketersediaan bahan baku lah yang paling utama yang harus diperhatikan. Bahan baku harus mudah didapat dan harganya terjangkau. Karena ini akan menjadi paling banyak bahan baku dan paling khas jika akan dikembangkan menjadi sebuah usaha.

Alasan yang paling utama membuat keripik buah apel yaitu membuat camilan alternatif dari bahan buah apel, juga mengantisipasi pada saat panen dengan jumlah apel yang melimpah sehingga buah apel tidak mengalami busuk pada buah karena sifat dasar buah apel yang cepat mengalami kebusukan.

Cara Memilih Buah Yang Baik Untuk Dibuat Keripik Buah Apel

Untuk menghasilkan produk keripik  olahan yang baik tidak memerlukan waktu lama dan panjang, tetapi dibutuhkan sedikit kecermatan dalam menentukan pilihan buah Apel mana yang layak dan baik untuk diolah sehingga hasil dari keripik buah Apel yang kita proses bisa baik hasilnya.

Untuk membuat keripik apel peralatan yang perlukan pun tidak rumit. Hanya memerlukan alat bantu seperti pisau potong atau juga mesin potong juga bisa, alat pengupas, dan alat alat penggorengan. Cara memilih buah yang baik.

Proses mengolahnya juga tidak terlalu rumit hanya dibutuhkan sedikit pengetahuan untuk memprosesnya, tetapi inti dari baik tidaknya hasil keripik yang dihasilkan, faktor pertama yang sangat menentukan adalah cara memilih buah yang baik untuk diproduksi menjadi keripik buah. Contohnya

  • Apel : Pilih apel yang tidak lembek. Pilihlah apel yang mulus tanpa cacat dan tidak lebam, permukaannya rata dan tidak berlobang ditempat tempat tertentu
  • Melon : Saat memilih melon hindarilah melon yang bagian kulitnya lembek. Pilih yang bulatan tangkainya kelihatan mekar. Yang paling utama cari melon yang guratan uratnya banyak dan tebal.
  • Nanas : Pilihlah nanas yang berwarna kuning cerah, tidak terlalu keras, beraroma manis, berstekstur besar, dan berat. Hindari jika memiliki warna kuning yang memudar layu atau terlihat kecoklatan dan kering pada keseluruhan bagian. Jenis nanas yang paling bagus untuk dijadikan keripik adalah nanas bogor, nanas Palembang, dan nanas blitar / Kediri.
  • Mangga : Pilihlah buah mangga yang ujung tangkainya berwarna kuning atau kekuningan. Pilih juga yang pangkalnya harum dan lebar. Kulitnya mulus dan kencang serta tidak mengkerut.
  • Nangka : Pilihlah buah nangka yang tidak terlalu tua. Cirinya belum penyek dan dagingnya masih kenyal.
  • Salak : Pilih salak yang jenisnya salak pondoh karena selain terkenal manisnya juga kadar airnya sedikit daripada jenis lain, sehingga apabila dilakukan penggorengan penyusutannya tidak terlalu banyak

Manfaat yang Kita Peroleh Dari Memakan Buah Apel

cara membuat keripik apel

Sejak dulu kala apel dipercaya sebagai penjaga kesehatan. Ini tidak asal dipercaya saja tetapi didukung oleh beragam penelitian. Karenanya makanlah apel setiap hari.

Apel punya puluhan jenis di dunia. Buah yang sangat renyah ini dengan rasa manis asam dan beraroma wangi ini enak dimakan segar atau dibuat minuman serta dessert. Untuk menjaga kesehatan pada tubuh, selain olahraga dan makan dengan pola sehat, makan sebutir apel dianjurkan oleh para ahli.

1. Meningkatkan Daya Memori

Memakan buah apel dapat dipercaya bisa membuat Anda lebih pintar. Hal tersebut dibenarkan oleh para peneliti pada tahun 2006 yang mengatakan bahwa apel dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan memori. Dengan mengonsumsi satu buah apel setiap hari bisa terhindar dari demensia.

2. Baik untuk Usus

Ada probiotik dan prebiotik. Prebiotik sangatlah baik untuk usus, sebab bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus. Probiotik adalah bakteri usus “baik” yang berkembang subur di perut, sedangkan prebiotik berperan sebagai pemberi makan pada bakteri-bakteri tersebut. Asupan tersebut bisa Anda dapatkan melalui apel. Apel mempunyai kandungan pectin dan serat yang berfungsi sebagai prebiotik.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika daya tahan imunitas tubuh baik, maka Anda akan terhindar dari risiko jatuh sakit seperti pilek dan flu. Supaya sistem imun Anda bagus, konsumsilah buah apel. Apel mengandung vitamin C yang dipercaya dapat membantu meningkatkan kekebalan. Buah jeruk juga mengandung vitamin C, tetapi dengan menambahkan buah apel bisa lebih meningkatkan daya tahan imunitas pada tubuh.

4. Baik untuk Jantung

Agar terhindar dari penyakit jantung, rajinlah mengonsumi buah apel. Apel mengandung serat dan antioksidan yang bekerja menurunkan kolestepadarol, sehingga bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Hal tersebut telah dibenarkan oleh beberapa penilitian.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Apel sangat kaya akan antioksidan, termasuk flavonoid yang bertindak sebagai inhibitor ACE. Senyata tersebut terbukti dapat membantu mencegah hipertensi. Selain itu, apel juga mempunyai sejumlah potasium yang mampu mempertahankan tekanan darah dalam tubuh.

6. Mengurangi Resiko Diabetes

Meskipun memiliki rasa yang manis, buah apel tidak akan memicu penyakit diabetes. Buah apel justru mampu mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2. Bahkan, hal tersebut telah dibenarkan oleh beberapa penelitian. Mereka juga menyarankan untuk mengganti cemilan yang tidak sehat dengan buah apel setiap hari.

7. Mengurangi Resiko Kanker

Penyakit yang sangat berbahaya lainnya, yang bisa diatas dengan buat apel adalah kanker. Dalam setiap gigitan buah apel mengandung zat fitokimia yang membantu mengurangi resiko penyakit seperti kanker kolorektal, kanker payudara, kanker tenggorokan dan kanker mulut, Hal ini dinyatakan oleh Amerikan Institue for Cancer Research.

8. Baik untuk Tulang

Kalsium bukan satu-satunya yang dibutuhkan tulang. Tulang yang kuat dan sehat bisa kita proleh dengan rutin konsumsi buah apel, Ini karena terdapat banyak senyawa anti-inflamasi. Zat ini dibuktikan oleh sebuah studi yang menunjukkan bahwa seluruh jenis buah apel dapat menyehatkan tulang. Namun, satu studi mengamati dan menyatakan bahwa buah apel sevara khusus dan menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi apel memiliki tulang yang sehat dibandingkan dengan yang tidak.

9. Membantu Memutihkan Gigi

Memiliki gigi putih bersih bisa meningkatkan kepercayaan diri. Agar gigi Anda terlihat bersih dan putih, bisa dengan konsumsi apel. Buah apel mempunyai sifat antibakteri yang dapat membantu membersihkan gigi Anda secara alami. Meskipun begitu Anda tetap perlu menyikat gigi. Apel juga dapat membantu meningkatkan sekresi salive yang melawan bakteri jahat secara alami pada tubuh.

10. Menyehatkan Kulit

Apel yang masih segar juga berperan dalam membantu menjaga kulit lebih awet muda sehingga terhindar terjadinya penuaan dini. Antioksidan yang sama yang bisa menghambat atau mencegah penyakit kanker, juga bisa mengusir radikal bebas sehingga mencegah terjadinya keriput dan perubahan kulit lainnya. Makan lebih banyak apel agar kulit tetap cerah

Demikian tadi artikel cara membuat keripik Apel yang manis dan renyah untuk keripik bawang yang mau disimpan Anda bisa mengemasnya menggunakan alat pres plastik, supaya kerupuk bawangnya lebih awet dan tahan lama.

Cukup sekian artikel ini yang dapat saya sampaikan Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya  terimakasih.