Resep Pisang Kukus Keju yang Cocok Untuk di Nikmati Pada Pagi Hari

Resep Pisang Kukus Keju

Kali ini saya akan membuat artikel tentang resep pisang kukus keju, sedikit tentang pengertianya dan juga manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Selain itu juga ada resep minuman jahe yang juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminataM. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama.

Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam.

Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika). Pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis.

Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas dan lembap, terutama di dataran rendah. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah, dan Brasil dikenal sebagai negara utama pengekspor pisang.

Masyarakat di negara-negara Afrika dan Amerika Latin dikenal sangat tinggi mengonsumsi pisang setiap tahunnya.Pisang budidaya pada masa sekarang dianggap merupakan keturunan dari Musa acuminata yang diploid dan tumbuh liar. Genom yang disumbangkan diberi simbol A.

Persilangan alami dengan Musa balbisiana memasukkan genom baru, disebut B, dan menyebabkan bervariasinya jenis-jenis pisang.

1. Resep Pisang Kukus Keju

Resep Pisang Kukus Keju

Bahan-bahan

  • 3 bh Pisang Nangka
  • Keju Parut
  • Secukupnya SKM Coklat
  • Secukupnya Minyak Goreng
  • 2 sdm Tepung Terigu
  • 3 sdm Air

Cara Membuat

  1. Panaskan kukusan. Sambil menunggu, potong* pisang sesuai selera (sy bikin 2versi). Setelah kukusan panas, kukus pisang selama 3menit dengan dialasi daun pisang.
  2. Setelah matang, angkat & dinginkan. Masukkan tepung terigu & air kedalam mangkok aduk merata. Ambil pisang tadi celupkan kedalam terigu lalu gulingkan kedalam tepung roti (lakukan sampai bahan habis).
  3. Panaskan minyak lalu goreng pisang sampai matang kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Tambahkan skm cokelat dan perutan keju. Siap sajikan.

Manfaat Jika Rutin Mengonsumsi Buah Pisang

1. Memiliki banyak serat, antioksidan dan vitamin

Sebagai salah satu buah paling populer, pisang gak lagi hanya ada di Asia tenggara, melainkan juga merambah ke seluruh dunia. Ada banyak variasi warna dan bentuk pisang.

Pisang mengandung banyak serat dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Vitaminnya pun banyak, seperti kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, protein dan sedikit lemak.

2. Pisang dapat menyeimbangkan gula darah

Pisang memiliki kandungan pektin dan pati resistan untuk menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat proses pengosongan perut.

Itu karena pisang memiliki peringkat rendah pada indeks glikemik yang meningkatkan kadar gula darah. Meski begitu, orang dengan diabetes tipe 2 sebaiknya menghindari makan pisang matang.

3. mengandung antioksidan yang kuat

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber antioksidan diet yang sangat baik, salah satunya yaitu pisang. Antioksidan yang terkandung dalam pisang dapat membantu mengurangi kerusakan dari radikal bebas dan menurunkan risiko beberapa penyakit.

4. manfaat untuk olahraga

Pisang sering disebut sebagai makanan yang sempurna untuk para atlet karena kandungan mineral dan karbohidratnya yang mudah dicerna. buah yang sati ini juga dapat membantu meredakan kram otot yang disebabkan oleh olahraga. Pisang juga jadi sumber energi yang sangat baik untuk latihan ketahanan.