Resep Puding Jagung Yang Manis dan Super Enak

resep puding jagung

Pada artikel kali ini akan di beri tahu bagaimana resep puding jagung yang manis dan super enak. Puding jagung ternyata juga bisa diolah jadi dessert yang lembut dan super enak loh.

Puding jagung adalah makanan dessert jaman now yang mempunyai tekstur lembut dan kenyal. Dengan perpaduan aroma khas dan manisnya jagung dengan serta berbagai banyak manfaat kesehatan yang banyak pula membuatnya menjadi pilihan buat sebagian besar ibu rumah tangga di Indonesia.

Ataupun banyak diantara kalian yang tidak terlalu kenal sama resep puding jagung dengan kombinasi jagung yang ini. Apalagi jika mendengar resep puding jagung hercules yang pernah hits pada beberapa saat yang lalu. Tetapi jika sudah pernah mencoba rasanya yang enak pasti akan ketagihan dengan dessert cantik berwarna kuning yang sangat lembut ini.

Apalagi dikombinasikan nya hanya dengan saus vla santan gurih yang akan semakin menambah kelezatannya. Makanan puding atau agar-agar mungkin juga masih banyak diantara kalian yang salah menyebutkan nya. Apalagi dengan jelly yang memang mirip sekali sekilas. Memang jika dilihat sekilas oleh orang kebanyakan nya, 3 jenis makanan ini dengan tekstur kenyal itu memang hampir mirip dan hampir sama juga. Yuk intip resepnya di sini. Dijamin super mudah dan praktis.

Resep Puding Jagung Tanpa Santan Lebih Sehat

resep puding jagung

Buat kalian yang sangat ingin menikmati lembutnya puding jagung tanpa ingin ribet maka resep yang ini sangat paling pas untuk dicoba oleh kalian. Resep puding jagung manis tanpa santan ini akan menggunakan bahan yang sangat sederhana. Selain itu cara bikin puding jagung nya pun ini juga sangat praktis dan tanpa ribet.

Bahan :

  • Agar-agar yang tanpa rasa atau plain kurang lebih 1 bungkus saja yang berisi 7 gram.
  • Biji jagung manis yang sudah dipipil atau tepisah kurang lebih sebanyak 150 gram.
  • Gula pasir hanya secukupnya sesuai selera kalian atau kurang lebih sebanyak 80 gram.
  • Garam dapur beryodium hanya sedikit saja sesuai selera kalian.
  • Air yang bersih kurang lebih sebanyak 600 ml. Kalau kalian suka bisa diganti dengan susu atau air santan.

Cara Buat Puding Jagung Tanpa Santan:

  1. Pertama kalian masukan jagung bersama dengan air bersih yang sudah disiapkan kedalam blender, setelah itu tinggal haluskan.
  2. Lalu tuang blenderan jagung nya diatas kedalam pandi bersama dengan garam, gula pasir dan agar agarnya.
  3. Setelah itu nyalakan kompor dengan api yang kecil saja kemudian tinggal di masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih, lalu matikan kompor nya dan tunggu sebentar sampai uap panasnya hilang, baru dimasukkan ke dalam cetakan atau wadah sesuai keinginan.

 

Perbedaan Puding, Jelly dan Agar Agar

resep puding jagung

Meskipun memang sama enak dan lezat serta sangat pas sekali untuk dessert atau makanan penutup mulut sehari-hari ternyata puding mempunyai kedudukan atau jenis yang paling tinggi. Sama seperti resep puding jagung manis yang akan kita buat ini, dessert kali ini pada dasarnya terbuat dari agar-agar atau jelly yang sudah diolah dan diberi tambahan nya.

Seperti yang biasanya susu segar, susu kental manis, yoghurt ataupun yang lainnya. Tetapi yang pasti nya jagung manis yang akan kita pakai sebagai salah satu bahan utama kita kali ini.

Apa saja perbedaannya? Simak penjelasannya berikut ini yuk moms dan sis.

  • Puding

Puding adalah cemilan yang bisa dibuat dari agar-agar, jelly ataupun campuran dari keduanya. Membuat puding nya perlu ditambahkan juga oleh susu ataupun santan. Dalam membuat puding ksli ini, kalian dapat menambahkan toping nya sesuai selera kalian seperti contohnya buah-buahan, yoghurt, sari kelapa dan yang lainnya.

  • Agar-agar

Dan agar-agar adalah makanan ringan yang dibuat dari ganggang laut. Agar-agar ini ternyata mempunyai tekstur yang lumayan kenyal, padat dan sedikit agak keras.

  • Jelly

Bahan dasar utamanya untuk membuat jelly juga sama seperti agar-agar, yaitu rumput laut. Oleh sebab itu, tekstur jelly sangat kenyal dan mudah untuk dihancurkan.

Sedangkan itu agar-agar dan jelly yang notabene nya sama-sama bahan dasar nya pembuat puding perbedaannya hanya terletak di tingkat lembut atau kenyalnya. Jelly ternyata lebih kenyal dan juga lebih lembut dari teksturnya. Akan tetapi juga lebih rentan untuk hancur karena kelembutannya. Berbeda dengan aneka resep puding jagung nya itu yang akan kita buat sekarang ini.

Jadi hanya itulah perbedaan antara puding, agar-agar dan jelly. Jika puding itu memiliki tekstur dan cita rasa yang bervariasi. Agar-agar teksturnya kenyal dan padat, sedangkan itu jelly mempunyai tekstur yang cukup kenyal dan lembek.

Manfaat Dari Memakan Puding

Seperti makanan sehat yang lainnya, Puding juga ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Biasanya anak-anak sangat menyukai memakan buah-buahan hanya dalam betuk lain yang sudah diolah menjadi puding. Manfaat Puding antara lain :
Bahan yang terkandung di dalam Pudding nya sangat membantu untuk proses pencernaan didalam tubuh. Dan bahan dasar seperti agar-agar ini atau jelly yang dibuat dari olahan rumput laut, yang sangat baik dalam membantu di dalam pencernaan. Untuk anti kanker peneliti dari seorang Harvard School of Publick Health di amerika serikat telah dijelaskan, bahwa wanita Premenepause di negara jepang sangat berpeluang dapat tiga kali lebih kecil untuk terkena kanker payudara dibandingkan dengan seorang wanita Amerika.
Hal ini bisa disebabkan oleh pola makan seorang wanita Jepang yang selalu ingin menambahkan rumput laut di dalam menu mereka. Antioksidan Klorofil pada ganging rumput laut hijau bisa berfungsi untuk antioksidan. Zat ini sangat membantu untuk membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya untuk tubuh kita.
 Mencegah dari kardiovaskular para ilmuwan jepang mengungkapkan, bahwa ekstrak rumput laut dapat menurunkan dari tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi seorang yang pengidap stroke, harus mengkonsumsi rumput laut, juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh kita.
Memakan untuk diet dari kandungan serat(dietary fiber)yang ada pada rumput laut ini sangat tinggi. Serat ini sangat bersifat mengenyangkan perut dan memperlancar dalam proses metabolisme tubuh kita sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita obesitas.
Karbohidratnya juga sangat bisa dicerna sehingga kalian akan merasakan kenyang yang lebih lama tanpa takut untuk kegemukan. Agar-agar ini merupakan makanan penyelamat untuk orang yang sedang bermasalah dengan kegemukan.
Selain itu juga terdapat pada buah-buahan yang digunakan untuk penambah rasa juga pemanis penampilan dari puding nya, buah ini juga sangat baik untuk kesehatan kita karena adanya kandungan gizi dari serat yang dimilikinya.

Apakah Ada Yang Tau Dari Sejarah Puding

Di bawah ini akan di jelaskan:

resep puding jagung

Saat ini juga puding sangat dikenal sebagai makanan penutup yang manis dan bertekstur yang halus. Padahal menurut catatan nya di sejarah makanan, puding pertama kali lah yang dibuat oleh koki kuno yang juga menghasilkan makanan mirip sosis dengan cita rasa yang gurih. Puding ternyata berasal dari bahasa Perancis, yaitu boudin yang berarti “sosis darah”, Dari bahasa Latin, botellus yang berarti “sosis kecil”. Istilah dari puding yang sangat banyak digunakan di benua Eropa.

Pada abad yang ke-17, puding di Inggris raya ternyata terdiri dari dua rasa, yaitu gurih karena dibuat dari bahan daging dan manis karena dibuat dari tepung, kacang, dan gula. Kedua puding ini biasanya juga direbus dalam tas puding yang khusus. Haggis merupakan salah satu dari contoh puding yang gurih karena dibuat dari jantung, hati, dan paru-paru domba yang dicampur dengan bawang bombay, oatmeal, lemak, aneka rempah, dan garam. Secara tradisonalnya, Haggis dibungkus di dalam perut hewan dan kemudian juga direbus selama tiga jam.

Ternyata ada abad sekitar 18, puding di Inggris ternyata tidak lagi terbuat dari bahan daging. Dan pada abad ke-19 puding ternyata masih terbuat dengan cara direbus, namun pada hasil akhirnya lebih mirip cake. Pada saat itu juga, puding disajikan dengan cara tradisonal pada perayaan Natal. Puding plum atau Christmas pudding adalah salah satu contohnya.

Demikian tadi resep puding jagung yang manis dan sangat enak, untuk kalian yang ingin mencoba di rumah bisa menggunakan mesin perontok jagung agar lebih cepat dan efisien. Semoga bermanfaat dan terimakasih.