Resep Roti Tawar Kukus Madu yang Sangat Enak dan Mudah

Kali ini saya akan membuat artikel tentang resep roti tawar kukus madu, sedikit tentang pengertian roti dan juga manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu ada juga ice coffee yang cocok untuk menemani anda sambil memakan roti tawar kukus.

Roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi.

Namun kemajuan teknologi manusia membuat roti diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu. Roti termasuk makanan pokok di banyak negara Barat.

Roti adalah bahan dasar pizza dan lapisan luar roti lapis. Makanan yang satu ini biasanya dijual dalam bentuk sudah diiris, dan dalam kondisi segar yang dikemas rapi dalam plastik.Roti adalah makanan olahan tertua di dunia.

Bukti dari 30.000 tahun lalu di Eropa memperlihatkan residu tepung di permukaan bebatuan yang digunakan untuk menumbuk makanan. Kemungkinan pada waktu itu tepung sudah mulai diekstraksi dari umbi-umbian, misalnya dari tumbuhan jenis Typha dan tumbuhan paku.

Tepung ini ditebarkan di atas batu yang datar, dibakar dengan api, menjadi flatbread primitif.Sekitar tahun 10.000 SM, dengan munculnya era neolitikum dan perkembangan pertanian, biji-bijian menjadi bahan utama roti.

Bibit ragi belum dikenal, sehingga adonan mengembang secara alami, tanpa banyak campur tangan manusia.

1. Resep Roti Tawar Kukus Madu

resep roti tawar kukus madu

Bahan-bahan

  • 250 ml air
  • 2 sdm madu
  • 2 sdt ragi
  • 240 gr tepung protein tinggi
  • 170 gr oatmeal instant
  • 2 sdm minyak kelapa

Cara Membuat

  1. Siapkan semua bahan-bahan.
  2. Campur air,madu dan ragi lalu diamkan selama 10 menit sampai berbuih tanda nya ragi aktif.
  3. Campur tepung,oatmeal dan garam,aduk sampai tercampur rata.
  4. Setelah 10 menit campur minyak ke adonan ragi dan masukan bahan kering,aduk menggunakan sendok kayu sampai tercampur rata. Ulenin sebentar lalu masukan dlm wadah yg sdh diolesi minyak. Tutup adonan dengan plastik wrap dan diamkan selama 60 menit.
  5. Setelah 60 menit kempiskan adonan yg telah mengembang dan uleni adonan sekitar 5 menit. Lalu masukan adonan ke dlm loyang roti tawar yang telah diolesi butter.
  6. Kemudian diamkan lagi adonan untuk kedua kali selama 30 menit. Setelah 30 menit panggang adonan ke dlm oven yg sdh dipanaskan selama 30 – 35 menit tergantung oven masing2 yah.

Manfaat Roti Tawar

1. Menambah tenaga

Selain praktis dan ukurannya yang kecil, roti tawar juga mampu memberikan tenaga yang lebih banyak pada tubuh. Hal ini tentu saja lantaran roti tawar mengandung karbohidrat yang cukup banyak didalamnya. Diektahui, dalam selembar roti tawar memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 37 gam untuk tubuh kita.

Jadi makanan yang satu ini amat cocok dimakan di pagi hari untuk sarapan sekaligus pengganjal perut untuk bisa beraktifitas di pagi hari hingga siang harinya. Karena rasanya yang hambar, mungkin sebaiknya kamu menambahkan isian seperti susu, selai ataupun gula pada roti tawar ini agar lebih enak untuk dimakan.

2. Memenuhi kebutuhan vitamin

Selain Karbohidrat, roti tawar juga memiliki kandungan lainnya yakni vitamin. Dan salah satu vitamin yang terkandung dalam roti tawar adalah vitamin B. Vitamin B yang baik untuk tubuh bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi roti tawar dengan porsi yang tepat.

Tentu saja apabila kalian mengkonsum roti tawar secara berlebihan, bukan manfaat yang bisa didapat, malah bisa berujung tidak baik pada tubuh kita.