Resep Roti Tawar Manis yang Sangat Kaya Akan Manfaat

Resep Roti Tawar Manis

Resep roti tawar manis adalah memakai tepung gandum atau tepung terigu. Roti tawar adalah kudapan favorit untuk untuk di sediakan sebagai menu sarapan.

Cara bikin Roti tawar saat ini memang mudah didapatkan. Pada toko bahan makanan keabnyakan menjual roti tawar. Jadi sesekali tak ada salahnya lho coba bikin roti tawar sendiri di rumah.

Roti adalah makanan olahan tertua di dunia. Sudah terbukti lama di Eropa menunjukan residu tepung di atas bebatuan yang dipakai untuk menumbuk makanan.

Resep Roti Tawar Manis

Resep Roti Tawar Manis

Bahan-bahan:

  • 500 gr tepung terigu berprotein tinggi
  • 3 sendok makan susu bubuk
  • 1 butir telur ayam
  • 3 sendok makan mentega putih
  • 200 ml air dingin atau air es
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 1 sendok teh garam halus
  1. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, garam dan ragi instan, kemudian aduk hingga rata.
  2. Masukkan telur kemudian tuang air es sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan sampai menggumpal. Lalu masukkan mentega putih sambil di aduk terus menrus sampai adonan menjadi keras.
  3. Bulatkan adonan kemudian biarkan dalam wadah tertutup rapat selama kurang lebih 30 menit.
  4. Kempiskan adonan dengan cara ditinju kemudian masukkan kedalam loyang khusus roti tawar yang sudah dioles memakai mentega terlebih dahulu. Diamkan selama 45 menit hingga adonan mengembang.
  5. Panggang menggunakan oven sampai roti tawar benar-benar matang kurang lebih sekitar 20 menit
  6. Potong-potong roti tawar lalu siap untuk disajikan

Manfaat Roti Tawar

Roti tawar biasanya banyak di temui di sekitar kita dan tidak jarang. Telah menjadi jadwal wajib sebagai sarapan ternyata juga mempunyai manfaat. ini lah dia khasiat dari roti tawar antara lain adalah :

1. Sebagai penambah energi

Energi yang di dapatkan tubuh dengan memakan roti tawar dilihat dari berapa jumlah lapis roti tawar yang di konsumsi pada saat itu.

2. Mengandung serat

Ternyata roti tawar juga memiliki serat didalamnya. Serat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga sistem pencernaan menjadi sehat.

Makanan yang memiliki serat selai dari roti tawar yaitu buah dan sayuran. Jadi mengonsumsi roti tawar tidak hanya sebagai penambah energi tetapi bisa juga memenuhi kebutuhan sistem pencernaan akan serat harian.

3. Baik untuk tulang

Seyelah itu manfaat roti tawar adalah untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Tulang berguna sebagai penopang tubuh hingganya rangka manusia menjadi tegak dengan baik.

Tapi di sisi lain tulang pun dapat mengalami keropos kalau tidak mempunyai nutrisi yang cukup. Tulang memerlukan nutrisi seperti kalsium yang terbukti bagus untuk menjaga kepadatan tulang.

4. Diet

Diet adalah salah satu langkah untuk melakukan penurunan berat badan supaya menjadi ideal. Yang mana pelaku diet adalah orang yang memiliki kelebihan berat badan.

Berat badan yang berlebihan yakni langkah pertama munculnya macam-macam penyakit pada tubuh. Sehingga kesadaran untuk menurunkan berat badan harus diterapkan dengan baik.

Demikian resep roti tawar manis  yang sangat kaya akan manfaat. Eh tapi tapi cara membuat pizza dengan teplon  juga tidak kalah enak lhoo cara membuat nya juga mudah dan praktis, siapa tau para ibu ingin mencoba membuat nya sendiri untuk camilan keluarga yang lezat. semoga bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba.