Resep Sagon Bakar Ketan Renyah dan Enak

resep sagon bakar ketan

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai resep sagon bakar ketan yang renyah dan enak tentunya bisa menggugah selera bagi yang menyantapnya.

Sagon merupakan salah satu makanan khas yang ada di Jawa mungkin banyak dari remaja sekarang belum mengetahui atau bahkan tidak tahu apa itu sagon. Sekarang makanan tradisional sudah mulai tersisih dengan makanan modern yang siap saji dan rasanya juga enak.

Maka dari itu makanan tradisional sudah mulai jarang dijumpai, untuk melestarikannya lagi ada yang menjadikan makanan tradisional ini sebagai peluang bisnis karena tak banyak yang menjualnya dan tentu saingannya hanya sedikit. Begitupun dengan pusat toko oleh – oleh mereka tetap berusaha keras untuk menyediakan makanan tradisional yang sudah mulai jarang dijumpai atau bahkan makanan tersebut tidak dijual di toko yang lain.

Salah satunya sagon ini mungkin bisa dijumpai di toko pusat oleh – oleh atau jika ada di pasar tradisional. Meski namanya agak sedikit aneh namun rasa kue sagon bakar ini enak dan manis. Kue sagon bisa dibuat dengan menggunakan tepung sagu ataupun tepung beras ketan itu bisa disesuaikan selera saja.

Bagi anda yang ingin mencicipi rasa kue sagon ini tak perlu khawatir dan tidak perlu repot – repot untuk pergi jauh membelinya atau mencarinya sebab kue sagon bakar ini bisa dibuat di rumah sendiri dan bahan – bahannya pun mudah untuk dicari. Berikut resep kue sagon bakar ketan :

Resep Kue Sagon Bakar Ketan

resep sagon bakar ketan

Bahan – Bahan :

  • 500 gram tepung ketan
  • 1 butir kelapa parut
  • 250 gram gula pasir

Langkah – Langkah :

  1. Sangrai tepung ketan selama 10 menit.
  2. Sangrai juga kelapa parut selama kurang lebih 10 menit.
  3.  Masukan kelapa yang sudah disangrai dan gula pasir, aduk rata setelah tercampur masukkan tepung ketan lalu aduk rata kembali.
  4. Tes adonan dengan cara dikepal jika adonan masih puyar tambahkan air sedikit demi sedikit.
  5. Jika adonan sudah pas masukkan adonan ke dalam cetakansagon dan ditekan pelan – pelan, taruh diatas loyang.
  6. Panaskan oven, kemudian masukkan adonan ke dalam oven selama kurang lebih 15 menit.
  7. Kemudian keluarkan loyang dari oven tunggu sampai dingin baru keluarkan sagon dari cetakannya.
  8. Kue sagon bakar ketan siap untuk disajikan.

Bagaimana ? Mudah bukan untuk membuat kue sagon bakar ketan di rumah sendiri dan bahan – bahannya pun mudah untuk dicari di warung ataupun di pasar sekitar rumah anda. Jangan khawatir gagal ataupun rasanya tidak enak karena anda belum mencobanya jangan berfikir buruk terlebih dahulu.

Selain dibuat menggunakan tepung ketan sagon juga bisa dibuat dengan menggunakan tepung sagu. Rasanya pun tidak akan kalah enaknya yang membedakan hanyalah tepung yang menjadi bahan utamanya dan manfaat yang dimiliki tepung sagu dan tepung ketan tentunya juga berbeda.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya yaitu cara membuat lupis lontong yang berbahan utama dengan beras ketan. Banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam beras ketan ini dan sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Beras ketan juga sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang melakukan diet, karena beras ketan mengandung karbohidrat yang lebih rendah dari nasi jadi sangat baik untuk dikonsumsi saat menjalani diet dan pasti diet pun menjadi lancar.

Jangan lupa untuk mencoba membuat kue sagon bakar ini di rumah dan sajikanlah bagi keluarga anda pasti akan ketagihan. Selain itu sagon juga cocok untuk dihidangkan saat sanak saudara berkunjung ke rumah. Selamat mencoba.