Resep Selai Durian Manis Dan Legit

resep selai durian

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan resep selai durian yang manis dan juga legit. Buah yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, kebanyakan orang biasanya langsung memakan.

Tapi selain langsung memakannya, kita juga bisa mengolahnya menjadi beberapa olahan dari buah durian ini. Seperti kita bisa mengolahnya menjadi pancake durian, sop durian, es krim durian dan masih banyak olahan lainnya yang terbuat dari buah durian.

Berikut ini saya akan memberikan cara mengolah buah durian menjadi selai yang manis dan juga legit. Namun sebelumnya, apakah teman-teman di rumah pernah membuat selai durian sendiri di rumah ? Atau pernah membelinya.

Jika teman-teman belum pernah membuat selai ini sendiri dan takut gagal saat membuatnya, jangan khawatir kami akan membantu teman-teman dalam membuat selai durian. Teman-teman cukup siapkan bahan-bahan yang di perlukan dan ikuti lngkah-langkahnya.

resep selai durian

Resep Selai Durian

Agar selai durian yang kita buat hasilnya memuaskan dan juga manis, anda harus memilih buah yang bagus dan juga matang. Jika kita menggunakan buah yang jelek dan belum matang, kemungkinan selai yang di hasilkan juga tidak akan manis.

Bahan Bahan :

  • 1 buah durian masak
  • 1/2 gelas air
  • 1 ons gula pasir
  • Garam sedikit.

Langkah Langkah :

  1. Langkah yang pertama, siapkan buah durian yang sudah matang. Lalu belah buah durian dan ambil isi buahnya kemudian simpan di wadah
  2. Setelah buah di ambil, kemudian pisahkan kuli dan bijinnya. Usahakan sampai daging buahnya tidak tersisa, gunakanlah sendok untuk memisahkan daging dengan bijinya
  3. Jika semua daging buah durian sudah di pisahkan dari bijinya, ambil dagingnya saja lalu masukkan ke dalam blender dan blender sampai halus
  4. Kemudian jika daging buah durian sudah halus, masukkan ke dalam panci atau apa saja dan campurkan dengan bahan-bahan yang sudah kita siapkan sebelumnya
  5. Lalu kita masak sampai matang atau sampai kental dan tidak ada yang menggumpal, gunakan lah api sedang untuk memasaknya agar tidak cepat gosong
  6. Jika selai yang kita buat sudah matang, kemudian pindahkan ke dalam wadah yang bersih dan diamkan sampai dinngin.

Jika selai sudah dingin teman-teman bisa langsung menggunakannya sebagi olesan roti tawar atau sebagai toping kue nastar. Apabila kita ingin menyimpannya, simpan lah di wadah kedap udara seperti botol.

Tips Membuat Selai Yang Benar

Saya akan memberikan sedikit tips agar selai yang di hasilkan bagus dan juga enak. Berikut ini tips yang hanya bisa saya sampaikan.

resep selai durian

1. Masukkan Ke Dalam Wadah Kedap Udara

Agar selai yang kita buat tetap awet dan juga tetap enak, sebaiknya simpan di wadah kedap udara seperti botol. Botol sangat baik untuk menyimpan selai, tapi ingat tutup rapat agar udara tidak masuk.

2. Jangan Mengaduk Saat Akan Di Masukkan Ke Dalam Botol

Pada saat akan memasukkan selai ke dalam wadah atau botol, usahakan jangan mengaduknya terlebih dahulu. Dan gunakan sendok untuk memasukannya, masukkan sedikit demi sedikit.

3. Gunakan Buah Yang Bagus

Agar menghasilkan selai yang bagus dan manis, sebaiknya teman-teman menggunakan buah yang matang dan juga bagus.

Mungkin cukup sekian artikel mengenai resep selai durian dan tips membuat selai durian, Semoga dengan adanya artikel ini teman-teman di rumah dapat terbantu dan bermanfaat bagi kalian semua. Mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan kata-kata, sekian dan terimakasih.